lovebird konslet

Tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan

Birahi lovebird paud yang masih belum stabil menjadikan banyak penggemarnya berusaha keras agar momongannya bisa bekerja dengan baik di gantangan. Berbagai settingan pun diterapkan untuk tujuan agar lovebird kesayangan mampu tampil dengan penuh maksimal. Salah satunya adalah tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan berikut ini.

Mengunci lovebird paud agar bisa tampil stabil di lapangan tentu bukan perkara yang mudah, terlebih lagi birahinya dikenal sangat gampang berubah-ubah. Untuk itu dibutuhkan perawatan harian yang tepat dan sesuai karakter agar burung bisa bermain baik saat dilombakan.

Jika kebetulan Anda memiliki lovebird paud yang masih belum juga mencapai “top form” saat dilombakan, maka harus segera dilakukan perubahan terhadap pola pakan dan juga setelan perawatan hariannya.

Umumnya, lovebird yang sudah berumur 5 bulan sudah mulai mendekati masa dewasa kelamin. Pada saat inilah, kondisi birahinya akan cenderung tidak stabil. Meskipun dikenal mudah latah, aktif, dan rajin ngekek, namun dengan kondisi birahi yang demikian tentu tidak akan bisa tampil dengan baik saat dilombakan.

Baca:   Tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Ada dua macam cara agar lovebird paud cepat ngunci di lapangan, yaitu:

  1. Menerapkan settingan dengan untulan seperti yang pernah dijelaskan dalam artikel di sini. Settingan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan birahinya, meredam gacor ketika di rumah sehingga burung memiliki energi lebih banyak saat di lapangan, serta untuk meminimalisir sifat kepo yang lazim dimiliki burung yang masih berumur muda.
  2. Menerapkan pola rawatan single fighter untuk burung yang dipelihara tanpa pasangan / untulan. Settingan single fighter dilakukan dengan mengubah pola makan serta rawatan hariannya.

Berikut settingan yang dapat diterapkan untuk mengunci lovebird paud di gantangan:

  1. Melakukan pengembunan dengan lebih rutin,
    Mengganti pakan dengan yang lebih baik kualitasnya, seperti milet Volume+ yaitu milet yang secara khusus diracik untuk menjadikan lovebird paud lebih stabil dan rajin ngekek dengan durasi panjang.
  2. Memandikan lovebird secara teratur setiap pagi yang dilanjutkan dengan mengangin-anginkan burung di tempat sejuk sebelum dijemur di bawah sinar matahari.
  3. Untuk menjaga stamina lovebird paud sehingga memiliki energi cukup untuk beraktivitas dan mampu ngekek panjang, maka secara teratur memberikan vitamin US setiap beberapa hari sekali.
  4. Memberikan pakan tambahan atau extra fooding (EF) yang sesuai secara rutin. Pakan tambahan yang cocok diberikan antara lain jagung manis dan kangkung.
  5. Melatih lovebird dalam kandang umbaran yang bermanfaat untuk mendongkrak mental dan staminanya.
  6. Menjaga kebersihan sangkar dari sisa pakan yang berceceran dan kotoran. Hal ini juga sangat penting dilakukan sebelum burung disiapkan untuk lomba.
Baca:   Mengatur birahi lovebird sebelum digantang

Demikian tips agar lovebird paud cepat ngunci di lapangan. Untuk mendapatkan milet Volume+ dan vitamin US, silakan kunjungi toko universitas burung di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Selain itu, bisa juga dipesan langsung melalui pesan Whatsapp ke nomor: 087738873034

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Mengatasi kenari yang ngeriwik saja dengan daun binahong

Kenari yang semula rajin bunyi/gacor kemudian berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya bisa disebabkan oleh burung yang kurang kondisi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beragam terapi untuk mendukung pemulihan kondisinya. Salah satu terapi perawatan yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun binahong. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini. Kenari gacor jadi ngeriwik? Ini solusi mengatasinyaKenari […]
Read more

Cara merawat lovebird yang sedang mabung

Mabung adalah sebuah proses pergantian bulu lama yang sudah tua ke bulu baru yang masih sehat dan kuat. Hal ini merupakan proses alami yang akan dihadapi oleh semua jenis burung dan unggas, tak terkecuali lovebird. Agar proses mabung berlangsung cepat dan lancar, maka perawatannya harus diperhatikan. Berikut cara merawat lovebird yang sedang mabung. Penting, 4 […]
Read more

Cara mengatasi jalak suren yang macet bunyi

Masalah paling umum yang dikeluhkan banyak penggemar kicauan adalah burung rawatannya yang berhenti berkicau alias macet bunyi. Pada burung jalak suren, kondisi ini tentu akan membuat pemiliknya merasa gundah. Burung yang biasanya cerewet dan rajin bunyi berubah jadi pendiam. Bagaimana mengatasinya? Simak caranya berikut ini. Tips seputar jalak suren mabungEnam cara merawat jalak suren agar […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?