lovebird ngekek panjang

Tips lovebird kuat main beberapa kelas lomba

Semakin bertambahnya jumlah kelas lovebird dalam satu even lomba, membuat banyak lovebird mania merasa tertantang untuk bisa mengikuti semua kelas tersebut. Tapi apakah burung rawatannya sanggup bermain full di semua kelas lomba? Simak tipsnya berikut ini.

Tidak mudah menjadikan seekor lovebird menjadi jawara lomba, karena yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan ngekeknya saja tapi juga ketahanan fisik dan mentalnya. Tanpa didukung oleh hal tersebut, lovebird tidak akan bisa tampil maksimal saat dilombakan.

Begitu pun ketika lovebird mania bermaksud melombakan burung rawatannya beberapa kali dalam satu gelaran lomba. Si burung tentu harus sudah mempunyai ketahanan fisik dan mental yang sangat baik agar bisa bermain cantik tanpa mengenal kata lelah.

Selain kemampuan berkicaunya, lovebird membutuhkan stamina dan mental yang tangguh agar bisa tampil maksimal di semua gelaran kelas lomba yang berlangsung pada hari yang sama. Berikut tips menjadikan lovebird kuat main full di semua kelas lomba.

1. Melatih fisik dan stamina dengan pengembunan dan umbaran 

Kemampuan berkicau lovebird harus disertai dengan daya tahan fisik dan staminanya yang baik, dengan demikian burung akan mampu tampil maksimal meski bermain 2 – 3 kelas dalam satu gelaran lomba.  Untuk melatih daya tahannya tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pengembunan dan mengumbar lovebird secara rutin.

Pengembunan memiliki beragam manfaat jika dilakukan dengan rutin, salah satunya adalah mampu meningkatkan stamina burung. Begitu pula dengan pengumbaran yang tak hanya bermanfaat untuk ketahanan fisiknya, tapi juga sangat baik untuk melatih mental dan kemampuan berkicaunya.

Pada umumnya, pengembunan dilakukan pada 30-60 menit sebelum matahari terbit. Suasana pagi yang tenang dan sejuk dapat menjadikan lovebird semakin aktif dan rajin bunyi. Selain itu, mampu memberikan kesegaran dan juga untuk mendongkrak staminanya. Adapun pengumbaran yang dilakukan pada waktu yang tepat, bisa membantu melatih daya tahan fisiknya sehingga lovebird tidak mudah lelah saat digantang di beberapa kelas.

Pengumbaran bisa dilakukan setelah matahari terbit, atau setelah burung dimandikan baik dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer maupun menggunakan cepuk minumnya.

2. Melatih ketahanan fisik dan mental dengan terapi mandi

Metode lain yang dapat dilakukan agar lovebird selalu siap gantang beberapa kali dalam satu gelaran lomba adalah memberikan terapi mandi. Terapi mandi ini dipisahkan dalam beberapa kategori, antara lain adalah mandi kering dan mandi berenang.

Mandi kering adalah terapi memandikan burung hingga basah kuyup lalu dijemur, dan setelah kering burung kembali dimandikan hingga basah. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapatka hasil yang maksimal.

Adapun terapi mandi berenang adalah cara memandikan lovebird dengan mencemplungkan tubuhnya ke dalam bak mandi atau ember yang berisi penuh air bersih. Di sini burung dibiarkan berenang dalam waktu yang ditentukan.

Kedua macam terapi tersebut dianggap cukup bermanfaat untuk mendongkrak mental, stamina, dan daya tahan fisiknya agar burung jadi lebih kuat dan tangguh. Terutama saat akan bermain beberapa kelas dalam satu even lomba burung.

3. Mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan fisik dengan asupan pakan yang tepat 

Asupan pakan yang sesuai dan tepat juga bisa membantu mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan fisiknya. Lovebird membutuhkan asupan gizi yang seimbang, khususnya jika ingin bermain full di beberapa kelas.

Salah satu pakan yang sangat mendukung akan hal tersebut adalah milet Cinderella. Pakan milet racikan ini sudah diperkaya dengan beragam bahan-bahan yang baik manfaatnya untuk lovebird. Selain itu, milet Cinderella dapat membantu menjadikan lovebird makin rajin ngekek dengan suara yang lebih keras.

Dapatkan milet Cinderella di toko-toko perlengkapan burung atau melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Milet ini bisa juga dipesan langsung melalui pesan Whatsapp di nomor:

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pemberian milet Cinderella harus pula disertai dengan pemberian pakan tambahan yang berupa jagung manis. Sebagai pelengkap,tambahkan suplemen vitamin Sup Plus Bird yang diteteskan dalam air minumnya.

Baca:   Suplemen yang bagus untuk burung kicau

Ketiga hal di atas tadi merupakan faktor penting yang dapat membantu memaksimalkan penampilannya di lapangan. Dengan terjaganya stamina, maka lovebird bisa tampil dengan baik meski bermain 2 s/d 3 kali dalam satu even lomba burung.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan

Cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan

Burung lovebird yang kerap turun ke bawah tangkringan pada waktu dilombakan dikenal dengan istilah nebok atau ngelantai. Jika kondisi ini terus dilakukannya selama lomba berlangsung tentu dapat mengganggu penampilannya. Sebagai panduan, simak cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan berikut ini. Cara seting lovebird jantan untuk lombaTips dan cara memilih untulan lovebirdCara mengatasi lovebird yang […]
Read more

Cara membedakan burung jalak kerbau jantan dan betina

Meski sama-sama pandai berkicau, namun burung jalak kerbau jantan masih menjadi jenis yang banyak dicari oleh penggemarnya. Hal ini tidak lepas dari kemampuan jalak kerbau jantan dalam bersuara kicauan dengan penuh variasi dan lantang. Berikut cara membedakan jalak kerbau jantan dan betina. Cara merawat burung jalak yang masih anakanTips perawatan burung jalak kerbau agar rajin […]
Read more
lovebird konslet

Tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan

Birahi lovebird paud yang masih belum stabil menjadikan banyak penggemarnya berusaha keras agar momongannya bisa bekerja dengan baik di gantangan. Berbagai settingan pun diterapkan untuk tujuan agar lovebird kesayangan mampu tampil dengan penuh maksimal. Salah satunya adalah tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan berikut ini. Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lombaKesalahan dalam merawat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?