lovebrid tidak mau jagung

Tips agar lovebird mau makan jagung

Kasus lovebird yang ogah-ogahan makan jagung menjadi perhatian banyak para penggemarnya. Seperti diketahui, jagung merupakan salah satu jenis pakan tambahan yang dapat mendongkrak performa lovebird harian dan lomba. Jika burung enggan mengkonsumsi jagung, tentu akan menyulitkan pemilik dalam menerapkan settingannya. Untuk mengatasinya, simak tips agar lovebird mau makan jagung berikut ini.

Semua jenis burung peliharaan membutuhkan asupan pakan bergizi dan seimbang, terutama untuk mendukung perkembangan dan menjaga kondisinya. Pada burung lovebird, kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan menyediakan pakan yang terdiri dari biji-bijian dan sayuran.

Pemberian pakan tersebut umumnya bervariasi dan sangat bergantung pada pola rawatan maupun settingan yang diterapkan. Di kalangan lovebird mania, selain memberikan milet sebagai pakan utama, jagung manis pun kerap ditambahkan agar lovebird mempunyai tubuh yang lebih bugar, aktif, dan rajin berkicau.

Pemberian jagung sebagai pakan tambahannya pun kerap dilakukan lovebird mania untuk mendongkrak performa burung rawatannya di lapangan. Jagung memang terbukti mampu meningkatkan birahi lovebird dengan cepat, sehingga membuatnya rajin ngekek.

Baca:   Cara memilih dan menyiapkan lovebird bahan untuk lomba

Lalu bagaimana jika lovebird enggan mengkonsumsi pakan jagung yang sudah disediakan? Hal inilah yang sering menjadi pertanyaan banyak lovebird mania di Nusantara. Jagung kini dianggap sebagai salah satu pakan wajib lovebird yang diberikan untuk harian dan lomba.

Lovebird yang tidak mau makan jagung dapat disebabkan oleh beberapa hal mulai dari tidak suka dengan rasanya atau karena tidak suka dengan jenis jagung yang ditawarkan. Selain itu, ketidaksukaan lovebird pada jagung juga bisa disebabkan karena burung yang belum mengenal atau dibiasakan mengkonsumsi jagung.

Cara agar lovebird mau makan jagung bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa metode rawatan sebagai berikut:

  • Pilih jagung yang tepat dan sangat disukai lovebird. Biasanya, jenis yang paling banyak diberikan kepada burung lovebird adalah jagung muda yang masih segar dan rasanya manis atau jagung sayur.
  • Mengenalkan jagung kepada lovebird anakan / paud, caranya dengan memasukkan butiran jagung ke dalam cepuk pakan yang berisi milet.
  • Menusuk-nusuk biji jagung yang tergantung dalam sangkarnya dengan lidi untuk mengundang perhatian lovebird mengkonsumsinya.
  • Mencabut seluruh pakan dan hanya menyediakan jagung saja di dalam sangkarnya.
  • Memasukkan dua atau lebih jagung yang digantungkan di dalam sangkarnya, untuk tujuan menarik perhatian lovebird. Jika burung mulai memakannya, maka sisakan satu saja di dalam sangkarnya.
Baca:   Tips dan rahasia membuat lovebird konslet

Itulan beberapa tips agar lovebird mau makan jagung, untuk cara lainnya, silak simak dalam video berikut ini:

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

ciri cendet siap lomba

Suara cendet mengecil setelah mabung? Ini cara mengatasinya

Pada umumnya burung yang baru menyelesaikan masa mabungnya akan mempunyai penampilan yang lebih bagus dari sebelumnya. Namun tak jarang, ada juga beberapa burung yang setelah mabung malah memiliki suara yang mengecil, salah satunya adalah cendet. Nah, berikut penyebab dan cara mengatasinya. Memulihkan performa burung cendet usai mabungCara latih cendet agar nagen di satu titikSolusi untuk […]
Read more
merawat murai batu kurang birahi

Perawatan murai batu tua agar tetap prestasi

Rentang hidup burung murai batu di alam liar umumnya berlangsung selama 7-8 tahun, sedangkan burung yang sengaja dipelihara atau ditangkar mampu hidup lebih panjang lagi. Di kalangan penghobinya, murai batu yang sudah tua pun masih cukup layak untuk dilombakan, bahkan tak sedikit yang kerap menyandang predikat jawara karena umur mapannya itu. Lalu, bagaimanakah perawatan murai […]
Read more

Tips & rawatan decu agar makin gacor

15 / 100 Burung decu dikenal juga dengan sebutan kacer mini, karena penampilannya yang mirip kacer namun ukuran tubuhnya yang mungil. Walaupun kecil, namun decu memiliki suara kicauan yang sangat kencang dan pandai menirukan suara burung lainnya. Berikut tips & rawatan decu agar makin gacor. Fakta unik & menarik burung-maduTips rawatan kepodang emas agar cepat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?