sangkar lovebird mika

Pakai mika, solusi alternatif cegah lovebird ngeruji

Sifat lovebird yang gemar merambat kerap menyulitkan para pemiliknya, apalagi jika hal itu sering dilakukannya pada saat sedang dilombakan. Untuk menyiasati hal tersebut, maka digunakanlah berbagai macam perlengkapan yang bertujuan membatasi ruang gerak burung di dalam sangkar, salah satunya adalah menggunakan mika.

Merambati jeruji sangkar atau ngeruji sudah merupakan satu permasalahan umum yang kerap dihadapi oleh sebagian besar lovebird mania, terutama mereka yang sering melombakan burung rawatannya di lapangan.

Perilaku alami tersebut memang bisa dijumpai pada burung jenis paruh bengkok, yang suka berjalan merambat menggunakan cakar dengan bantuan paruhnya. Namun jika perilaku ini sering muncul saat burung dilombakan, tentu akan mengurangi penilaiannya.

Selain itu, tak sedikit lovebird mania yang ingin burung rawatannya tampil sempurna di gantangan. Untuk mengakali hal tersebut, berbagai pola rawatan dan settingan pun akan diterapkan, khususnya jika ngeruji disebabkan oleh burung yang sedang over birahi.

Baca:   Hindari!! Kebiasaan salah dalam merawat lovebird

Namun jika cara-cara seperti yang ditulis dalam artikel di atas tidak juga menjadikan lovebird berhenti ngeruji, maka cara alternatif lainnya bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah membatasi ruang gerak burung di dalam sangkarnya dengan pembatas.

Pembatas ini dipasang di area atau lokasi yang kerap dirambati burung. Dengan begitu, lovebird akan merasa kesulitan untuk ngeruji sehingga mereka tetap berada di atas tenggerannya sepanjang lomba berlangsung.

Sekat yang membatasi jeruji dengan burung bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan, misalnya plastik mika. Penggunaan plastik mika ini karena jenis plastik ini dikenal cukup tebal, kuat, dan lebih mudah dibentuk daripada plastik biasa.

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Potong plastik mika sesuai ukuran panjang dari luas keseluruhan sangkar.
  2. Mika yang sudah dipotong itu kemudian dipasangkan di bagian dalam sangkarnya, lalu diikat menggunakan kabel ties atau kawat tali.
  3. Sangkar sudah siap digunakan.
Baca:   Cara merawat burung jalak hongkong untuk pemula

Penggunaan mika di dalam sangkarnya berguna untuk membatasi ruang gerak lovebird, sehingga mereka bisa tampil dengan penuh maksimal saat dilombakan.

sangkar lovebird mika

Adapun untuk mengatasi ngeruji yang disebabkan oleh kondisi lovebird yang over birahi, maka perawatannya bisa dilakukan dengan memberikan pakan biji-bijian yang tepat, seperti Milet Cinderella. Milet racikan khusus ini sangat bermanfaat untuk menstabilkan birahi lovebird, serta tidak mudah menjadikan burung over birahi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Milet Cinderella bisa didapatkan melalui melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak WhatsApp (WA) di nomor: 087738873034

Demikian tip

Related Articles

Settingan murai batu sebelum dan sesudah lomba

Pada dasarnya, perawatan lomba untuk burung murai batu tidak terlalu jauh berbeda dengan perawatan hariannya. Hanya saja untuk kepentingan lomba, yang dipersiapkan adalah agar burung memiliki tingkat birahi yang stabil dan stamina yang cukup baik. More from my siteMurai batu masih giras? Ini cara menjinakkannyaTips perawatan murai batu tetap fit dan gacor meski sedang mabungBeberapa […]
Read more
lovebird ngekek

Rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantangan

Dalam sebuah lomba burung, selalu ada yang menang dan yang kalah. Tapi yang lebih sering membuat kecewa lovebird mania adalah bukan soal menang ataupun kalah, melainkan burung rawatannya yang bisa tampil maksimal. Untuk itu, simak rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantangan.  More from my siteCara pemberian plangkringan lovebird yg benarEmpat faktor pemicu lovebird […]
Read more
lovebird lomba malam

Tips dan trik lovebird gantangan malam

Kesalahan paling umum yang kerap dilakukan lovebird mania saat akan melombakan gaconya di malam hari adalah penerapan settingan yang tidak tepat. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memberikan settingan lomba pagi atau siang untuk lomba malam, alhasil burung jadi tampil tidak maksimal. Sebagai panduan, berikut tips dan trik lovebird gantangan malam. More from my siteSettingan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?