sangkar lovebird mika

Pakai mika, solusi alternatif cegah lovebird ngeruji

Sifat lovebird yang gemar merambat kerap menyulitkan para pemiliknya, apalagi jika hal itu sering dilakukannya pada saat sedang dilombakan. Untuk menyiasati hal tersebut, maka digunakanlah berbagai macam perlengkapan yang bertujuan membatasi ruang gerak burung di dalam sangkar, salah satunya adalah menggunakan mika.

Merambati jeruji sangkar atau ngeruji sudah merupakan satu permasalahan umum yang kerap dihadapi oleh sebagian besar lovebird mania, terutama mereka yang sering melombakan burung rawatannya di lapangan.

Perilaku alami tersebut memang bisa dijumpai pada burung jenis paruh bengkok, yang suka berjalan merambat menggunakan cakar dengan bantuan paruhnya. Namun jika perilaku ini sering muncul saat burung dilombakan, tentu akan mengurangi penilaiannya.

Selain itu, tak sedikit lovebird mania yang ingin burung rawatannya tampil sempurna di gantangan. Untuk mengakali hal tersebut, berbagai pola rawatan dan settingan pun akan diterapkan, khususnya jika ngeruji disebabkan oleh burung yang sedang over birahi.

Baca:   Kesalahan dalam merawat lovebird paud

Namun jika cara-cara seperti yang ditulis dalam artikel di atas tidak juga menjadikan lovebird berhenti ngeruji, maka cara alternatif lainnya bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah membatasi ruang gerak burung di dalam sangkarnya dengan pembatas.

Pembatas ini dipasang di area atau lokasi yang kerap dirambati burung. Dengan begitu, lovebird akan merasa kesulitan untuk ngeruji sehingga mereka tetap berada di atas tenggerannya sepanjang lomba berlangsung.

Sekat yang membatasi jeruji dengan burung bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan, misalnya plastik mika. Penggunaan plastik mika ini karena jenis plastik ini dikenal cukup tebal, kuat, dan lebih mudah dibentuk daripada plastik biasa.

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Potong plastik mika sesuai ukuran panjang dari luas keseluruhan sangkar.
  2. Mika yang sudah dipotong itu kemudian dipasangkan di bagian dalam sangkarnya, lalu diikat menggunakan kabel ties atau kawat tali.
  3. Sangkar sudah siap digunakan.
Baca:   Cegah lovebird diare dengan cara ini

Penggunaan mika di dalam sangkarnya berguna untuk membatasi ruang gerak lovebird, sehingga mereka bisa tampil dengan penuh maksimal saat dilombakan.

sangkar lovebird mika

Adapun untuk mengatasi ngeruji yang disebabkan oleh kondisi lovebird yang over birahi, maka perawatannya bisa dilakukan dengan memberikan pakan biji-bijian yang tepat, seperti Milet Cinderella. Milet racikan khusus ini sangat bermanfaat untuk menstabilkan birahi lovebird, serta tidak mudah menjadikan burung over birahi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Milet Cinderella bisa didapatkan melalui melalui Tokopedia dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui kontak WhatsApp (WA) di nomor: 087738873034

Demikian tip

Related Articles

lovebird didis di gantangan

Cara mengatasi lovebird didis di gantangan

Banyak penyebab lovebird tidak bisa tampil bagus sewaktu dilombakan. Selain karena burung yang selalu kepo atau nakal, lovebird yang sering didis atau nyisir di gantang juga bisa menjadikan penampilannya jadi kurang maksimal. Berikut cara mengatasi lovebird didis di gantangan. Cara memandikan lovebird yang benarTerapi satu minggu jadikan lovebird makin gacorCegah lovebird diare dengan cara iniTips […]
Read more
ciri ciri cucak hijau over birahi

5 Cara meningkatkan stamina burung cucak hijau di lapangan

Penampilan burung cucak hijau di lomba akan mudah ngendur jika tidak memiliki stamina yang cukup baik. Untuk mengatasinya dibutuhkan beberapa pola rawatan berikut ini yang dapat membantu memperbaiki serta meningkatkan staminanya saat di lapangan. Perawatan burung cucak ijo di musim hujanTips dan rawatan burung cucak hijau untuk pemulaTips melatih cucak hijau mini makan voerSolusi jika […]
Read more

TIps melatih burung bakalan mau makan voer

Banyak cara bagaimana membuat burung bakalan hasil tangkapan yang belum mau makan voer dilatih agar mau makan voer, mulai dari cara klasik hingga cara yang modern akan saya sajikan disini sebagai bahan panduan bagi anda yang baru saja membeli burung bakalan.  Mencampur voer ayam dengan kroto , Voer ayam adalah voer yang memiliki bau khas […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?