settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Mencetak lovebird konslet sejak dini

Lovebird yang ngekek dengan gaya konslet menjadi idaman banyak penggemarnya. Siapa sangka, burung yang mampu ngekek unik tersebut ternyata bisa dihargai lebih tinggi. Itu sebabnya, banyak penghobi lovebird yang kini berlomba-lomba menjadikan burung rawatannya cepat konslet. 

Mencetak lovebird konslet dapat dilakukan sejak dini atau sejak burung berusia muda. Hal ini lantaran burung muda cenderung mudah meniru dan bisa dilatih sesuai keinginan pemiliknya, termasuk ngekek dengan gaya unik.

Tapi terkadang, sifat lovebird muda yang cenderung banyak tingkah itu bisa menjadikan pelatihannya jadi cukup menyulitkan. Selain dipengaruhi oleh faktor karakter dan genetika, mencetak lovebird konslet juga bisa dilakukan dengan serangkaian pelatihan dan perawatan rutin.

Untuk itu, berbekal pengalaman dari para lovebird mania, berikut ini adalah tips mencetak lovebird konslet sejak dini.

Pemilihan bahan konslet

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pilihlah lovebird yang sudah memiliki ciri-ciri konslet, misalnya serng bunyi atau ngeriwik sembari memejamkan mata ataupun perilaku nyeleneh lainnya, seperti bunyi sambil malas-malasan dsb.

Selain itu, pastikan juga lovebird yang dipilih sudah memiliki ciri-ciri burung prospek sebagaimana disebutkan dalam tulisan di sini.

Baca:   Menyiapkan burung cucak jenggot untuk lomba

Melatih latah 

Salah satu cara yang dapat membantu jadikan lovebird cepat konslet dan ngekek panjang adalah melatihnya latah. Hal ini bertujuan agar burung bisa cepat merespon sehingga ia langsung mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang.

Untuk menjadikan lovebird latah maka pelatihannya harus sering dilakukan, terutama jika burung tersebut masih berusia muda. Cara yang paling umum melatih latah adalah memancing suara ngekeknya dengan bunyi-bunyian.

Mengatur pola pakan 

Berikan pakan yang tepat kandungan gizi dan nutrisinya, karena pengaturan pola pakan ini menjadi faktor penting dalam mencetak lovebird konslet sejak dini. Untuk jenis pakan yang diberikan adalah milet putih yang dicampur milet racikan US dengan perbandingan 1:1.

Milet US adalah pakan racikan yang dapat menjadikan lovebird makin rajin ngekek dengan durasi panjang. Selain itu, kandungan nutrisinya dapat membantu menjaga kondisi dan staminanya menjadi lebih baik.

Milet US dapat dibeli di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan melalui aplikasi Whatsapp di nomor: 087738873034

Baca:   Milet Cinderella jadikan lovebird makin gacor

Memberikan tenggeran yang nyaman 

Tahukah anda? Bentuk dan jenis tenggeran ternyata juga dapat mempengaruhi perilaku lovebird di dalam sangkar. Jika tenggeran dirasa kurang nyaman, maka burung tidak akan betah berdiam lama-lama di atas tenggerannya. Namun jika tenggerannya tepat, maka lovebird pun akan merasa nyaman berbunyi di atas tenggerannya. Hal ini pula yang kemudian memicu perilaku konslet saat berbunyi.

Menambahkan multivitamin 

Perawatan pendukung yang dapat menjadikan lovebird cepat konslet adalah menambahkan suplemen multivitamin yang tepat. Pemberian multivitamin ini sangat dibutuhkan mengingat kebutuhan vitamin dan mineral lovebird tidak sepenuhnya didapatkan dari pakan harian dan tambahannya.

Untuk mencetak lovebird konslet sejak dini, maka pemberian suplemen tersebut harus dilakukan secara teratur. Vitamin US adalah salah satu multivitamin yang cocok dan tepat diberikan untuk melatih lovebird cepat konslet. Vitamin ini diberikan dengan cara diteteskan sebanyak 2-3 tetes langsung pada paruhnya setiap pagi.

Itulah beberapa tips mencetak lovebird konslet sejak dini.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Rawatan burung Cucak Hijau

Walaupun memiliki nama Cucak Hijau, ternyata burung ini bukanlan termasuk kedalam jenis burung cucak – cucakan atau merbah dan juga tidak satu keluarga dengan Cucak Rawa ataupun juga Cucak Jawa. Cucak hijau yang memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati ini adalah sejenis burung cica-daun besar yang warna pada tubuhnya didominasi dengan warna hijau. Burung Cucak Hijau […]
Read more
settingan lovebird untulan jeda rapat

Tips settingan lovebird untulan agar jeda rapat

Perawatan lovebird dengan metode koloni atau untulan dianggap efektif mendongkrak penampilannya sejak awal lomba. Selain dapat membangkitkan mental dan fighternya di gantangan, sistem untulan juga bisa jadikan lovebird ngekek jeda rapat. Baca:   Cara mengatasi lovebird didis di gantangan
Read more
mengembalikan durasi lovebird betina

Mengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelur

Setelah bertelur, penampilan lovebird betina biasanya akan menurun. Durasi ngekek yang sebelumnya panjang pun akan cenderung pendek, dan burung pun kebanyakan hanya ngetik-ngetik saja. Untuk itu, simak tips mengembalikan durasi ngekek lovebird betina setelah bertelur berikut ini. Baca:   Inilah beberapa penyebab telur lovebird gagal menetas
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by