lovebird kurang vitamin

Ciri-ciri lovebird kurang vitamin

 

Banyak yang beranggapan bahwa asupan pakan yang dikonsumsi lovebird setiap hari sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anggapan ini tentu kurang tepat, karena bagaimanapun tanpa asupan nustrisi yang cukup, burung tidak akan bisa tampil maksimal.

Pada dasarnya, burung membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah yang sedikit. Namun celakanya, walaupun sedikit tapi pemberian pakan hariannya yang terdiri dari pakan utama dan tambahan (EF) ternyata tidak selalu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya.

Bahkan hasil penelitian yang telah dilakukan sejumlah pakar perburungan dunia pun mendapati fakta yang mengejutkan, yaitu sebagian besar burung peliharaan yang hanya mengkonsumsi pakan harian tanpa mendapatkan suplemen mulvitamin dan mineral tambahan akan mengalami kekurangan vitamin A, C, D, E dan mineral kalsium.

Fakta tersebut tentu mengejutkan, karena sebagian besar kicaumania di dalam negeri masih menganggap bahwa kebutuhan nutrisi burung bisa dipenuhi melalui pakan hariannya. Padahal sekecil apapun kekurangan vitamin dan mineral, pasti akan memiliki dampak yang buruk terhadap kondisinya.

Jika kicaumania tetap mengabaikan pemberian multivitamin dan mineral tambahan pada lovebird kesayangannya dalam waktu lama, maka dampaknya akan sangat merugikan. Berikut ciri-ciri lovebird kekurangan vitamin dan mineral:

  1. Lovebird rentan alami kelumpuhan mendadak yang biasanya berakhir dengan kematian karena kondisinya yang tidak bisa beraktivitas makan dan minum seperti biasa.
  2. Indukan lovebird akan menghasilkan telur yang infertil karena kekurangan vitamin E.
    Lovebird akan mudah lemas
  3. Burung yang mudah lemas atau tidak mempunyai stamina yang cukup karena kekurangan vitamin C. Nah, tanpa stamina yang cukup, lovebird tentu tidak akan bisa ngekek maksimal. Dalam banyak kasus, lovebird bahkan cenderung malas / jarang ngekek sehingga tidak bisa dilombakan.

Melihat ciri-ciri lovebird kekurangan vitamin dan mineral di atas, maka kicaumania dianjurkan untuk memastikan kecukupan viamin dan mineralnya setiap hari. Selain memberikan pakan biji-bijian yang baik kualitasnya lengkap dengan pakan tambahannya, lovebird mania juga harus melengkapinya dengan suplemen mulvitamin dan multimineral yang dibuat khusus untuk burung lovebird.

Suplemen yang paling direkomendasikan para penghobi lovebird adalah Sup Plus Bird karena mengandung nutrisi yang lengkap dan sangat dibutuhkan lovebird untuk beraktivitas sepanjang hari, termasuk untuk lomba.

Sup Plus Bird juga diperkaya dengan sejumlah zat esensial lain yang bermanfaat, termasuk mineral penting yang dibutuhkan. Karena kandungannya tersebut, suplemen Sup Plus Bird selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral lovebird, juga bermanfaat untuk:

  • Menjadikan lovebird makin gacor,
  • Membuat lovebird tampil lebih ngotot dan bertenaga,
  • Menambah volume suara burung,
  • Mengatasi burung yang macet bunyi,
  • Menjaga stamina burung,

Suplemen Sup Plus Bird bisa juga diberikan untuk burung peliharaan jenis lainnya seperti kenari, murai batu, cucak hijau, pleci, dan lain sebagainya.

Untuk hasil yang maksimal, Sup Plus Bird diberikan setiap pagi dengan cara diteteskan sebanyak 5 tetes ke dalam cepuk air minumnya, atau dioleskan kepada pakan tambahannya. Untuk lovebird lomba, Sup Plus Bird diberikan pada sore atau malam hari pada H-1 lomba.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips beternak parkit untuk pemula

Parkit disukai karena penampilan dan warna bulunya yang menarik. Jika rajin dilatih, parkit juga memiliki kemampuan menirukan suara serta melakukan berbagai atraksi. Daya tarik lainnya adalah parkit mudah diternak dan tidak merepotkan dalam perawatannya. Berikut tips beternak parkit untuk pemula. Tips jika kenari bertelur di cepuk pakanTips dan cara merawat indukan kenari yang mengerami telurCara […]
Read more
atasi lovebird snot

Cara mengatasi lovebird snot

Snot adalah cairan yang keluar dari hidung burung piaraan yang sedang mengalami infeksi pernafasan. Dalam gejala normal, burung akan sesekali bersin dengan disertai keluarnya cairan / lendir dari lubang hidungnya.  Penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasi snot pada lovebirdCara menjadikan lovebird juara dengan milet racikan alamiCara mengatasi lovebird galak / agresifCara panen lovebird yang benarTips dan […]
Read more
cara meloloh anakan lovebird

Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar

Untuk meningkatkan produktivitas, banyak peternak lovebird yang memisahkan anakan dari induknya setelah berumur 7 hari. Namun merawat anakan lovebird yang masih piyik itu tentu membutuhkan lebih banyak perhatian. Selain menjaga suhu tubuhnya tetap hangat, anakan burung itu pun harus selalu diberi makan dengan cara diloloh. Berikut cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar.  Penyebab […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?