lovebird agresif

Cara mengatasi lovebird yang sering menggigit

Lovebird yang sering menggigit kadang cukup mengesalan. Bagaimana tidak, gigitan paruhnya yang tajam itu bisa melukai tangan maupun jari orang yang akan mengganti pakan dan air minumnya. Untuk mencegah dan mengatasinya, simak tips cara pencegahannya berikut ini.

Lovebird yang sering menggigit biasanya disebabkan oleh perilakunya yang masih liar atau belum jinak. Burung yang belum jinak tentu akan terus ketakutan sehingga menyerang orang yang dianggap mengganggunya dengan cara menggigit.

Namun begitu, perilaku menggigit pada burung lovebird juga bisa dipicu oleh faktor lain, di antaranya adalah:

  1. Sifat lovebird yang terlalu agresif, yang disebabkan oleh faktor birahi.
  2. Sifat lovebird yang menjadi terlalu agresif yang disebabkan oleh faktor birahi.
  3. Burung yang terlalu lama dipelihara sendirian tanpa pasangan.
  4. Lovebird yang stres.
  5. Burung yang terus merasa ketakutan, yang dipicu oleh faktor mental dan gangguan dari lingkungan sekitar sangkarnya.

Cara mengatasi lovebird yang sering menggigit 

Banyak penghobi lovebird yang mengeluhkan burung rawatannya sering menggigit ketika sedang mengganti pakan, air minum, maupun saat akan membersihkan sangkarnya. Perilaku tersebut jika tidak segera diatasi tentu akan mengganggu perawatan hariannya.

Untuk mengatasi lovebird yang sering menggigit tersebut, tentu harus disesuaikan dengan faktor yang menjadi pemicunya. Sebab tak jarang, perilaku menggigit itu muncul setelah burung mendengar suara – suara yang terlalu keras.

Berikut beberapa cara mengatasi lovebrid yang sering menggigit

1. Sering berinteraksi

Interaksi yang rutin antara pemilik dengan burung rawatannya akan menumbuhkan “bonding” di antara keduanya. Lovebird yang sudah kenal pemiliknya tentu tidak akan menggigit tanpa alasan. Dengan adanya interaksi tersebut, maka burung yang liar pun akan cepat jinak dalam waktu yang tidak terlalu lama.

2. Memberinya pasangan atau mainan

Lovebird yang terlalu lama dirawat sendirian tanpa pasangan sangat rentan alami stres yang dipicu oleh kebosanannya. Ingat, lovebird sejatinya adalah burung koloni yang sangat senang bermain dan berinteraksi dengan sesama jenisnya.

Jika tidak memungkinkan untuk memberinya pasangan, Anda bisa memberi mainan pelepas stres yang kini banyak dijual di toko-toko perlengkapan burung paruh bengkok / parrot.  Selain itu, sering mengumbar burung dalam kandang / ruangan yang luas juga bisa membantu mengurangi perilaku menggigit tersebut.

3. Atasi over birahinya

Lovebird yang sering menggigit karena over birahi bisa diatasi dengan mengubah pola rawatan dengan yang sesuai. Cara yang biasa dilakukan untuk mengurangi over birahi lovebird adalah memberinya pakan biji-bijian yang tepat, seperti milet Cinderella. Pakan milet racikan ini sangat aman dikonsumsi lovebird karena tidak mudah menyebabkan over birahi.

Selain itu, milet Cinderella juga sangat bermanfaat untuk membantu perawatan hariannya, khususnya jika ingin lovebird lebih aktif dan rajin bunyi, berstamina, serta mempunyai durasi ngekek yang lebih lama.

Pengaturan perawatan harian lain yang harus dilakukan adalah mengurangi penjemuran, mandi rutin yang disertai dengan mandi malam, mengurangi pakan tambahannya, dan memberinya suplemen vitamin.

4. Menggigit karena sedang mabung

Lovebird yang sedang mabung juga akan memiliki kecenderungan menggigit. Perilaku ini muncul kemungkinan karena kondisi tubuhnya yang sedang kurang fit, sehingga mereka akan merasa terganggu dengan aktivitas manusia, termasuk saat akan mengganti pakan dan minumnya.

Untuk mengatasinya cukup memberinya perawatan mabung sebagaimana mestinya, karena masa mabung adalah masa yang menyakitkan bagi burung sehingga mereka harus mendapatkan asupan vitamin yang dapat membantu menjaga kondisinya.

Suplemen vitamin yang dapat diberikan untuk membantu menjaga kondisi burung di luar dan semasa mabung adalah Sup Plus Bird. Multivitamin yang bermanfaat untuk lovebrid dan burung peliharaan ini bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Semoga tips ini bermanfaat bagi lovebird mania semuanya.

Salam kicau ..

Related Articles

cara merawat kacer mabung yang benar

Cara merawat kacer mabung yang benar

Sebagian besar spesies burung baik yang hidup di alam maupun peliharaan pasti akan mengalami masa mabung atau molting. Mabung merupakan tahapan penting bagi burung sehingga harus dirawat dengan ekstra perhatian. Berikut cara merawat kacer mabung yang benar. Tips dan settingan burung kacer mabungTips memaksimalkan voluma suara kacerTips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lombaSolusi jitu […]
Read more
memilih lovebird ombyokan

Beberapa cara memilih lovebird ombyokan yang prospek

Di kios-kios burung kicauan, sering dijumpai lovebird bakalan yang disatukan dalam kandang ombyokan. Agar kicaumania tidak salah pilih, maka pemilihannya harus dilakukan dengan pengamatan yang sangat teliti. Berikut beberapa cara memilih lovebird ombyokan yang prospek. Tips mencari settingan lovebird ombyokan prospekTips memilih lovebird prospek untuk lombaCiri-ciri lovebird tidak jodoh dan cara mengatasinyaCara setting lovebird lomba malamHindari!! […]
Read more

Cara menggoda lovebird calon konslet (semoga aja konslet)

Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?