lovebird ngantukan

Lovebird ngantukan? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Sejatinya, lovebird adalah jenis burung yang sangat lincah dan aktif. Namun jika lovebird sering terlihat ngantukan atau selalu tertidur meski di siang hari, maka bisa dipastikan sedang terjadi sesuati pada burung tersebut. Untuk itu, simak penyebab dan tips atasi lovebird yang ngantukan berikut ini.

Menurunnya aktivias lovebird bisa dikarenakan oleh beberapa hal, mulai dari stres hingga penyakit. Kondisi ini pula yang menyebabkan burung sering terlihat ngantukan atau selalu tiduran di atas tenggerannya.

Secara umum, penyebab lovebird sering terlihat ngantukan antara lain adalah:

  • Sedang sakit atau kurang fit,
  • Ngedrop karena stres,
  • Terserang penyakit,
  • Malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

Untuk mengatasi masalah burung yang selalu ngantukan, beberapa tips perawatan berikut ini bisa dilakukan untuk memulihkan kondisinya.

  1. Memberikan vitamin seperti Sup Plus Bird dengan cara diteteskan langsung sebanyak 2-3 tetes kepada paruh/mulutnya.
  2. Memisahkan burung yang sedang sakit, serta menjauhkan dari keberadaan burung piaraan lainnya.
  3. Memutarkan audio terapi yang bermanfaat untuk pemulihan kondisinya.
  4. Memperbaiki pola makan, misalnya dengan memberikan pakan biji-bijian yang bagus kualitasnya dan kaya manfaat, misalnya saja Milet Cinderella dengan dilengkapi oleh pakan tambahan yang bervariasi.
  5. Menjaga ketersediaan air minumnya, dan selalu menggantinya jika air minum sudah terlihat kotor atau berubah warna.
  6. Selalu menjaga kebersihan sangkar, perlengkapan dan lingkungan.
  7. Melakukan penjemuran dengan lebih rutin.
Baca:   Khasiat ulat jerman untuk gacorkan jalak suren

Dengan menerapkan cara-cara di atas, dalam waktu yang tidak terlalu lama, burung akan kembali pulih kondisinya sehingga bisa kembali aktif, lincah dan kembali gacor.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips latih mental ciblek gunung

Melatih mental dibutuhkan agar burung semakin bertambah gacor dan berani bunyi kapan dan di mana saja. Untuk jenis burung seperti ciblek gunung, pelatihan mental diperlukan karena spesies burung ini memiliki sifat dan karakter teritorial dan fighter. Cara melatih mental ciblek untuk lombaMeracik pakan agar ciblek makin ngotot dan gacorCara melatih mental ciblek muda,Tips perawatan burung […]
Read more
lovebird paud beranjak dewasa settngan

Settingan lovebird paud yang beranjak dewasa

Lovebird paud atau balibu kini banyak dirawat sebagai burung lomba. Akan tetapi, setelah burung beranjak dewasa, maka penampilannya pun akan cenderung menurun. Kondisi ini tentu perlu diantisipasi oleh lovebid mania, apalagi banyak keluhan mengenai lovebird paud yang tak lagi bisa mencetak prestasi. Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lombaCara melatih mental […]
Read more
lovebird ngekek panjang

Tujuh penyebab lovebird ngetik

Sering terjadi lovebird yang semula gacor dan mampu bersuara ngekek panjang, mendadak cenderung bersuara pendek-pendek saja, bahkan jadi jarang berbunyi. Jika masalah ini terjadi pada lovebird rawatan Anda, maka segera kenali 7¬†penyebab lovebird ngekek panjang jadi bersuara pendek dan jarang bunyi berikut ini. Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetikSettingan lovebird paud yang beranjak dewasaPenyebab harga […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?