lovebird ngantukan

Lovebird ngantukan? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Sejatinya, lovebird adalah jenis burung yang sangat lincah dan aktif. Namun jika lovebird sering terlihat ngantukan atau selalu tertidur meski di siang hari, maka bisa dipastikan sedang terjadi sesuati pada burung tersebut. Untuk itu, simak penyebab dan tips atasi lovebird yang ngantukan berikut ini.

Menurunnya aktivias lovebird bisa dikarenakan oleh beberapa hal, mulai dari stres hingga penyakit. Kondisi ini pula yang menyebabkan burung sering terlihat ngantukan atau selalu tiduran di atas tenggerannya.

Secara umum, penyebab lovebird sering terlihat ngantukan antara lain adalah:

  • Sedang sakit atau kurang fit,
  • Ngedrop karena stres,
  • Terserang penyakit,
  • Malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

Untuk mengatasi masalah burung yang selalu ngantukan, beberapa tips perawatan berikut ini bisa dilakukan untuk memulihkan kondisinya.

  1. Memberikan vitamin seperti Sup Plus Bird dengan cara diteteskan langsung sebanyak 2-3 tetes kepada paruh/mulutnya.
  2. Memisahkan burung yang sedang sakit, serta menjauhkan dari keberadaan burung piaraan lainnya.
  3. Memutarkan audio terapi yang bermanfaat untuk pemulihan kondisinya.
  4. Memperbaiki pola makan, misalnya dengan memberikan pakan biji-bijian yang bagus kualitasnya dan kaya manfaat, misalnya saja Milet Cinderella dengan dilengkapi oleh pakan tambahan yang bervariasi.
  5. Menjaga ketersediaan air minumnya, dan selalu menggantinya jika air minum sudah terlihat kotor atau berubah warna.
  6. Selalu menjaga kebersihan sangkar, perlengkapan dan lingkungan.
  7. Melakukan penjemuran dengan lebih rutin.
Baca:   Settingan harian dan lomba lovebird balibu single fighter

Dengan menerapkan cara-cara di atas, dalam waktu yang tidak terlalu lama, burung akan kembali pulih kondisinya sehingga bisa kembali aktif, lincah dan kembali gacor.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

lovebird ngetik di lomba

Cara mengatasi lovebird gagal ngekek di gantangan

Banyak keluhan yang muncul ketika lovebird enggan mengeluarkan suara ngekeknya saat dilombakan. Selama di gantangan, burung jadi jarang ngekek, tetapi hanya ngetik dan mompa-mompa saja. Mengapa bisa begitu? Simak beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik di gantangan. Mengenal 10 penyebab lovebird cabut buluTips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaTips dan cara atasi lovebird yang […]
Read more

Lovebird Tidak Mau Kawin, ini Ciri-ciri dan Solusinya!

Lovebird Tidak Mau Kawin – Sering kali kita jumpai permasalahan lovebird yang tidak mau kawin dengan pasangannya, hal ini akan sedikit membuat jengkel lantaran produksi ternak harus terus berjalan. Untuk pasangan lovebird muda, hal ini sudah lumrah kita jumpai, namun bila pasangan lovebird tersebut sudah pernah melakukan perkawainan dan sering bereproduksi hal ini menjadi suatu […]
Read more
setting lovebird betina ngunci konslet koloni

Settingan lovebird betina sistem koloni agar stabil

Settingan untuk lovebird bisa dilakukan dengan berbagai cara yang dianggap tepat. Bagi banyak lovebird mania, settingan untuk burung betina yang sudah ngunci agar stabil adalah dengan menerapkan sistem koloni. Nah, berikut adalah cara setting lovebird betina¬† sistem koloni agar stabil. Mengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelurCara setting lovebird betina untuk lombaTips jebol birahi lovebird jantan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?