settingan lomba lovebird over birahi

Tips singkat latih lovebird cepat latah dan fighter

Melatih lovebird agar latah dan fighter bisa dilakukan dengan beragam cara perawatan. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah pemberian pakan yang tepat dan melatih latahnya dengan melakukan berbagai terapi yang dibutuhkan.

Lovebird dengan suara ngekek yang panjang sangat disukai karena bisa dibawa ke arena lomba atau sebagai masteran. Adapun untuk melatih lovebird paud dan bakalan agar rajin bersuara ngekek, maka burung tersebut harus dilatih terlebih dulu agar jadi latah.

Melatih lovebid agar latah dibutuhkan agar kelak burung mau terpancing untuk berbunyi. Sehingga setelah terbiasa, maka lovebird pun akan semakin gacor dengan suara ngekeknya yang panjang.

Ada beberapa cara melatih lovebird agar latah yang bisa diterapkan, yaitu:

  1. Melakukan perawatan harian dengan cara yang tepat,
  2. Memutarkan suara panggilan lovebird lain,
  3. Memanfaatkan barang-barang bekas untuk memancing lovebird bunyi.

Perawatan harian lovebird agar cepat latah  

Melatih lovebird agar latah dan fighter bisa dilakukan dengan memperhatikan kebutuhannya setiap hari. Hal ini bisa diterapkan dalam bentuk rawatan harian atau setelan. Ada beberapa pola rawatan untuk memancing lovebird cepat latah dan fighter, antara lain:

Penjemuran 

Penjemuran yang dilakukan pada waktu dan durasi yang tepat dapat menjadikan lovebird cepat fighter dan latah. Penjemuran bisa dilakukan mulai sejak matahari terbit hingga waktu siang hari. Selain itu, hindari menjemur burung ketika matahari bersinar sangat terik, terutama pada waktu tengah hari karena bisa menyebabkan lovebird stres dan dehidrasi.

Untuk lovebird yang belum fighter maupun belum cukup birahi, durasi penjemuran bisa berlangsung lebih lama dari biasanya. Hal ini dibutuhkan untuk mendongkrak birahinya sehingga lovebird bisa lebih cepat fighter dan latah untuk ngekek.

Baca:   Penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurus

Tahap penjemuran bisa juga disertai dengan terapi umbaran, yaitu dengan cara mengumbar lovebird dalam kandang besar / umbaran di bawah sinar matahari selama kurang lebih 1 s/d 2 jam. Latihan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan pernafasan, mental, stamina, serta menjadikan burung lebih cepat latah dan mampu ngekek panjang.

Pemberian pakan 

Memperhatikan kebutuhan pakan menjadi hal penting yang dapat menjadikan lovebird paud dan bakalan cepat latah dan fighter. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, pemberian pakan yang tepat dapat membangkitkan mental fighter, serta menjadikannya cepat latah dan rajin bunyi.

Jenis pakan yang cocok untuk memancing lovebird cepat fighter dan latah adalah kangkung dan jagung manis. Pakan tambahan ini bisa diberikan sebagai pelengkap nutrisi yang didapatkan dari biji-bijian seperti milet, dsb. Pemberian pakan tambahan tersebut bisa dilakukan secara berselang-seling atau bergantian setiap beberapa hari sekali.

Adapun untuk pakan bijian yang dikonsumsi sebaiknya menggunakan biji-bijian yang berkualitas baik. Hal ini dibutuhkan selain untuk menjamin kebersihan dan kualitasnya, pakan biji-bijian tersebut juga bisa mendukung kondisi burung selalu fit dan aktif.

Salah satu jenis pakan biji-bijian yang direkomendasikan oleh para penghobi lovebird di Nusantara adalah milet Volume+. Milet kemasan ini sangat cocok diberikan kepada lovebird yang masih paud maupun bakalan, terutama karena banyak manfaatnya seperti:

  • Mendongkrak stamina dan mental burung lovebird,
  • Melancarkan metabolisme,
  • Menjadikan burung makin rajin bunyi dan gacor,
  • Meningkatkan volume suara kicauannya jadi makin kencang,
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird,
  • Menjadikan lovebird makin ngotot dan bertenaga.

Milet Volume+ kini dapat dengan mudah didapatkan melalui toko jual beli online seperti TokopediaBukalapak, dan Shopee. atau bisa juga melakukan pemesanan langsung melalui Whatsapp di nomor: 087738873034 

Yang tak kalah penting dalam perawatan lovebird paud dan bakalan agar cepat latah dan fighter adalah pengembunan. Mengembunkan lovebird di pagi hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan mental dan staminanya, sehingga burung jadi lebih cepat aktif, latah, dan fighter. Pengembunan yang baik dilakukan satu jam sebelum matahari terbit.

Baca:   Manfaat kecap dan efek sampingnya kepada lovebird

Melatih latah dengan suara pancingan 

Melatih lovebird cepat latah bisa juga dilakukan dengan menggunakan media-media tertentu sebagai bentuk pelatihannya. Beberapa barang bekas pakai pun bisa digunakan untuk memancing lovebird cepat latah, misalnya:

  • Memasukkan beberapa butir batu kerikil ke dalam kaleng bekas minuman ringan, lalu digoyangkan sampai mengeluarkan bunyi. Jika dilakukan secara terus menerus, lovebird akan terpancing untuk mengeluarkan suara ngekeknya.
  • Memutarkan suara panggilan dari burung lovebird lain. Suara panggilan yang diputarkan secara terus-menerus juga akan memancing lovebird ikut berbunyi. Jika rutin dilakukan, lovebird akan mengeluarkan suara ngekeknya.
  • Memanfaatkan mainan bunyi-bunyian khusus yang banyak ditawarkan di toko perlengkapan burung peliharaan. Mainan ini berbunyi ketika dipencet / ditekan, bunyi yang keluar mirip sekali dengan suara ngekek sehingga lovebird jadi latah dan ikut-ikutan berbunyi.

Demikian beberapa cara melatih lovebird agar cepat latah dan fighter. Untuk mendapatkan beragam video menarik seputar lovebird dan informasinya, silakan kunjungi channel youtube kami di @universitasburung.

Semoga bermanfaat

 

 

 

Related Articles

gabah untuk lovebird

Manfaat gabah untuk dongkrak produktivitas ternak lovebird

Gabah adalah bulir padi yang telah dipisahkan dari tangkainya. Secara umum, gabah adalah bentuk padi sebelum diolah menjadi beras yang menjadi makanan pokok umat manusia. Di kalangan peternak lovebird, gabah ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak produktivitas penangkaran. Mau tahu caranya? Tips agar lovebird mau makan jagungManfaat kangkung untuk lovebird dan cara memberikannya kepada lovebirdEmpat […]
Read more
lomba lovebird

Tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Rahasia agar lovebird bisa tampil maksimal saat dilombakan adalah berusaha menjaga kondisi, stamina, dan birahinya. Ketiga hal inilah yang bisa menentukan penampilannya di lapangan, termasuk mampu ngekek panjang dan mental yang lebih baik. Berikut tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan.  Mengenali ciri-ciri lovebird paud ngekek panjangTips lovebird kuat main beberapa kelas lombaTips menyiapkan indukan ternak […]
Read more
lovebird konslet

Cara mencetak lovebird konslet ngekek panjang

Akhir-akhir ini, banyak kicaumania yang sukses menjadikan lovebird semakin fighter.Hal ini pula yang kemudian memunculkan keinginan untuk mencetak lovebird konslet, namun dengan durasi ngekek yang lebih panjang. Tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannyaSettingan lovebird ngekek panjang dengan glodok bambu setanTips dan rahasia membuat lovebird konsletTiga masalah utama dalam ternak lovebirdTips dan settingan lovebird konslet jantan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?