memilih dan merawat walang kecek untuk masteran loveinrd

Tips memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran

Walang kecek (Orthoptera tettigoniidae) atau dikenal juga dengan nama belalang kerek / rusa adalah sejenis serangga kecil yang cukup popular di kalangan kicaumania. Suaranya yang keras dan rapat menjadikannya banyak dimanfaatkan untuk masteran burung peliharaan, terutama lovebird. Berikut cara memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran lovebird.

Walang kecek memiliki suara cerecetan yang dapat memberikan efek tembakan kasar pada burung lovebird. Jenis belalang ini sangat umum dijumpai di daerah dataran tinggi. Bagi kicaumania, walang kecek menjadi sumber masteran yang sangat baik untuk melatih burung rawatannya memiliki suara kicauan yang keras, rapat, dan berdurasi panjang.

Terdapat beragam jenis belalang yang hidup di lingkungan sekitar manusia, namun hanya sebagian kecil saja yang dapat dijadikan masteran untuk burung peliharaan, salah satunya adalah walang kecek. Sebelum mulai mencari jenis serangga ini, simak terlebih dahulu bagaimana cara memilih walang kecek yang baik untuk masteran lovebird.

  1. Pilih belalang yang memiliki kondisi tubuh lengkap dan tidak cacat, terutama pada bagian kaki belakang dan kedua sayapnya.
  2. Cari belalang yang masih muda atau yang masih berwarna hijau. Belalang muda dianggap lebih cepat bunyi dan mampu bertahan hidup lebih lama.
  3. Carilah belalang yang mampu nyerecet panjang, karena itulah ciri-ciri belalang yang bagus untuk masteran.

Setelah mendapatkan walang kecek dengan kriteria tersebut di atas, kini waktunya untuk melakukan perawatan hariannya agar tetap sehat dan bisa berbunyi jika diperlukan.

Penempatan walang kecek 

Walang kecek dapat disimpan dalam sebuah wadah seperti toples, dsb. Namun akan lebih baik jika serangga ini ditempatkan dalam kandang khusus. Kandang tersebut bisa menggunakan kandang jangkrik yang digantung atau kandang khusus belalang yang kini banyak dijual bebas di toko-toko perlengkapan burung kicauan.

Perawatan dan pemberian pakan 

Kandang yang berisi walang kecek ditempatkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Akan lebih baik lagi jika lokasi tempat menyimpannya berada di tempat gelap dengan sedikit kelembaban. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan kain kerodong untuk menutupi kandangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, walang kecek sebaiknya diberi pakan berupa sayur-sayuran yang banyak mengandung air seperti kangkung dan kacang panjang. Letakkan juga kapas yang sudah dibasahi air ke dalam wadah kecil yang nantinya akan digunakan sebagai cepuk air minumnya.

Untuk melindungi serangga masteran ini dari serangan semut, ada baiknya sekeliling tempatnya disimpan diolesi dengan obat atau kapur anti semut. Agar walang kecek tersebut selalu aktif dan berbunyi, maka setiap seminggu sekali diberikan penyemprotan halus pada bagian tubuhnya.

Cara pemasteran 

Supaya walang kecek tersebut rajin bunyi dengan suara cerecetan yang keras, Anda bisa memelihara lebih dari satu belalang di rumah. Namun untuk membuat lovebird lebih fokus terhadap masterannya itu, gunakan seekor belalang saja yang bersuara panjang untuk masteran.

Pemasteran dilakukan dengan meletakkan kandang yang berisi walang kecek tidak jauh dari sangkar lovebird. Untuk hasil masteran yang baik, kandang walang kecek sebaiknya diberikan penutup kerodong untuk memberikan simulasi malam hari yang membuatnya segera berbunyi. Lakukan hal ini setiap hari dengan durasi mastean disesuaikan kebutuhan.

Adapun untuk membantu meningkatkan stamina dan kemampuan lovebird terhadap suara masterannya itu, anda bisa memberikan vitamin US yang diteteskan langsung pada paruh dan mulutnya.

Vitamin US sangat bermanfaat untuk mempertajam ingatan burung sehingga lebih cepat menguasai suara masteran yang dilatihkan kepadanya. Selain itu, vitamin ini juga dapat menjadikan lovebird makin rajin ngekek dengan durasi yang maksimal.

Dapatkan vitamin US di sini:

[irp posts=”2124″ name=”Vitamin US Original”]

Itulah beberapa cara memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran lovebird.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Ciri ciri lovebird hijau yang prospek untuk lomba

Read more

Suhu inkubator anakan lovebird, Pahami Sistem dan Caranya!

Suhu inkubator anakan lovebird – Anakan lovebird sangat rentan akan perubahan suhu extreme, karena anakan lovebird belum memiliki kekebalan kondisi tubuh yang stabil. Setelah lovebird berumur 2 minggu penangkar akan mengambil anakan tersebut dan bisa Anda pindah kedalam inkubator khusus. Suhu kisaran 30-35 derajat celsius dan kelembaban 70% hingga 85% merupakan suhu ideal agar kondisi […]
Read more
lovebird rontok bulu

Lima sebab dan cara atasi lovebird rontok bulu

Rontok bulu pada lovebird bisa disebabkan oleh penyakit yang serius maupun karena psikologis dari burung tersebut. Namun demikian, rontok bulu bisa juga karena sesuatu yang normal, yaitu ketika burung memasuki masa mabungnya. Oleh karena itu, perlu diketahui lima penyebab dan cara mengatasi rontok bulu pada lovebird.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?