Harga milet yang terus mengalami kenaikan 75% – 100% dari harga biasanya banyak dikeluhkan para penghobi burung, terutama pecinta paruh bengkok seperti lovebird mania. Naiknya harga milet di sejumlah daerah tidak hanya memberatkan para pemilik burung dan peternak, tetapi juga produsen pakan biji-bijian seperti pakan kenari dan lovebird.

Sebagian besar peternak lovebird menganggap naiknya harga milet tersebut hanya akan menambah biaya produksi saja, namun tidak seimbang dengan hasil yang didapatkan. Terlebih lagi harga jual burung lovebird di pasaran kini sedang menurun.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan terkait mahalnya harga milet dan bagaimana cara untuk menghemat serta alternatifnya.

Mencampur milet dengan biji-bijian lain

Walaupun milet merupakan salah satu jenis pakan utama yang umum dikonsumsi lovebird, namun burung ini juga menyukai beberapa jenis pakan biji-bijian yang lain. Oleh karena itu, untuk menghemat pemakaian milet tersebut, peternak bisa mencampurkan milet putih dengan biji-bijian yang lain, seperti canary seed, niger seed, kuaci, jewawut, dsb.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan pakan dan nutrisinya, lengkapi biji-bijiannya dengan pemberian pakan tambahan seperti jagung muda atau kangkung.

Recycle alias memanfaatkan kembali sisa milet untuk pakan 

Lovebird sering terlihat mengacak-acak cepuk pakan yang membuat biji-bijian di dalamnya berceceran di dasar sangkar. Ketika harga milet sedang mahal seperti pada saat ini, kondisi tersebut tentu akan menjadi sangat disayangkan.

BACA JUGA  Amazon Parrot si burung pintar

Untuk penghematan sekaligus menjaga ketersediaan pakan milet untuk lovebird tersebut, Anda bisa mulai memanfaatkan kembali sisa milet yang berceceran dengan melakukan penyortiran.

Penyortiran dan pengayakan akan memisahkan milet yang masih bagus dari kotoran maupun sampah kulitnya. Alternatifnya, bisa menggunakan wadah pakan anti cecer untuk menjaga ketersediaan pakannya sehari-hari.

Tanam dan panen milet sendiri 

Tahukah Anda? Salah satu cara menghemat biaya pembelian milet untuk pakan lovebird adalah dengan menanam sendiri milet di rumah. Cara ini pun sudah banyak dilakukan para penghobi lovebird di berbagai daerah. Dengan menanam milet dan memanennya langsung, maka peternak bisa menghemat biaya pengeluaran yang biasanya digunakan untuk membeli pakan milet.

Cara menanam milet sebenarnya cukup mudah, yaitu:

  • Memilih biji milet yang bagus kualitasnya dengan cara direndam dalam wadah berisi air. Pilihlah biji yang tenggelam, karena biji yang mengambang biasanya kurang bagus kualitasnya.
  • Setelah mendapatkan biji milet yang berkualitas baik, tibalah saatnya untuk menyemai biji-bijian tersebut ke media tanam yang berada dalam pot atau polybag. Adapun perawatan yang harus diperhatikan untuk mendukung pertumbuhannya adalah melakukan penyiraman secara teratur. Biasanya, dalam waktu kurang lebih enam bulan, milet sudah siap dipanen.

Menambahkan pakan alternatif pengganti milet 

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Ada beberapa jenis pakan alternatif yang bisa diberikan untuk menghemat pemberian milet kepada lovebird. Adapun cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Mencampurkan milet dengan telur rebus.
    Telur rebus dicacah menggunakan sendok atau garpu hingga menjadi butiran kasar, setelah itu dicampurkan dengan milet putih secukupnya.
  • Mencampurkan milet dengan remah roti.
    Lovebird diberikan pakan berupa remah roti yang dicampur dengan sedikit milet.
BACA JUGA  Mengatur birahi lovebird sebelum lomba

Mengganti milet biasa dengan milet kemasan yang berkualitas baik

Harga milet biasa yang mahal menjadikan banyak penghobi lovebird memilih untuk beralih menggunakan pakan milet kemasan yang baik kualitasnya. Dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda, burung akan mendapatkan asupan pakan yang terjamin kualitas dan manfaatnya.

Salah satu pakan milet kemasan yang cukup popular di kalangan lovebird mania adalah milet Cinderella yang sudah terbukti mencetak beberapa burung jawara.

 

Milet Cinderella memiliki kandungan yang lebih baik dari milet biasa karena sudah diracik dengan bahan-bahan yang bermanfaat baik untuk lovebird. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Menjadikan lovebird makin aktif dan sehat,
  • Menjadikannya rajin ngekek / gacor,
  • Membuat suara makin kencang dan panjang,
  • Mampu mendongkrak stamina di lapangan,
  • Cukup ampuh untuk menstabilkan birahi lovebird,
  • Menjaga metabolisme.

Milet Cinderella diberikan sebagai pakan harian dan lomba dengan takaran disesuaikan kebutuhan. Pakan milet kemasan yang banyak manfaat ini bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Bisa juga dipesan langsung melalui kontak Whatsapp di No: 087738873034

Demikian tips dan trik hemat biaya pakan milet yang semakin mahal.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here