manfaat dan efek samping kecap untuk lovebird

Manfaat kecap dan efek sampingnya kepada lovebird

Lagi viral penggunaan kecap sebagai doping lovebird agar makin gacor dan konslet di lapangan. Walaupun dianggap cukup berkhasiat, tapi pemakaian yang berlebihan tentu tidak baik untuk burung. Sebelum diterapkan, simak dahulu manfaat kecap dan efek sampingnya kepada lovebird berikut ini.

Kecap merupakan salah satu bumbu masakan yang sering digunakan sebagai penambah cita rasa makanan. Penggunaan kecap dengan takaran yang tepat memang akan membuat makanan menjadi lebih enak dan sedap.

Tapi siapa sangka, kecap ternyata tak hanya disukai oleh penyuka kuliner saja. Bahkan para lovebird mania pun ramai-ramai menggunakan kecap untuk burung kesayangannya itu. Konon, lovebird yang rutin diberikan kecap akan jadi lebih cepat gacor dan gampang konslet.

Benarkah demikian? Kecap terbuat dari fermentasi kedelai hitam, garam, dan gula. Dalam kecap terdapat kandungan sejulah protein dan karbohidrat yang relatif tinggi, Secara umum, kandungan nutrisi dalam 1 sendok makan (15 ml) kecap adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 8 kkal
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 1 gram
  • Sodium: 902 mg

Bahan utama pembuatan kecap adalah kedelai, dan seperti kita tahu, kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Begitu pula dengan kecap, karena kandungan protein asam aminonya yang tinggi, maka kecap menjadi pilihan pakan tambahan / ef untuk burung lovebird.

Kandungan yang terdapat dalam kecap memang bisa menjadikan lovebird menjadi lebih aktif dan bersemangat sehingga membuatnya rajin ngekek dan cepat konslet.

Namun perlu diketahui juga, bahwa kecap fermentasi ini memiliki kandungan sejumlah besar bahan kimia yang disebut Isoflavon. Ini adalah fitoestrogen dan salah satu bahan kimia utama yang dapat mengganggu sekresi estrogen dan aktivitas hormonal.

Baca:   Tips Settingan kenari untuk lomba

Dengan kata lain, ketika kecap diberikan secara berlebihan pada burung lovebird, maka efek samping yang bisa muncul adalah:

Memicu masalah hipotiroidisme

Kecap yang difermentasi memiliki kandungan Goitrogen yang merupakan jenis isoflavon. Bahaya kecap yang mengandung bahan kimia ini adalah hipotiroidisme dengan mengganggu sintesis hormon tiroid.

Mengurangi kesuburan

Penelitian telah membuktikan bahwa pemberian kecap yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesuburan, karena kecap berisiko menurunkan jumlah sperma. Selain itu, kecap yang berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan reproduksi.

Tersumbatnya penyerapan mineral 

Kandungan fitat yang terdapat dalam kecap jika dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu proses pencernaan dengan menghambat penyerapan mineral dalam tubuh.

Memicu gangguan pencernaan 

Bahaya kecap yang lain ketika dikonsumsi berlebihan oleh burung adalah munculnya masalah pada organ pencernaannya.

Setelah mengetahui efek samping pemberian kecap yang terlalu berlebihan pada burung lovebird seperti dijelaskan di atas, apakah Anda tetap akan menggunakan kecap sebagai doping?

Para penggemar lovebird di Nusantara memang telah memiliki tata-cara perawatan burung mereka dengan menggunakan kecap. Salah satu pola rawatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kecap diberikan dengan cara diteteskan langsung pada paruh lovebird sebanyak 2-3 tetes setiap 3 hari sekali setelah burung diembunkan.
  • Untuk mendukung perawatannya, maka pengembunan harus rutin dilakukan.
Baca:   Mengenali karakter dasar burung lovebird

Sebenarnya, masih ada cara lain menggacorkan dan mengkonsletkan lovebird dengan cara yang lebih aman. Memberikan milet yang berkualitas baik dengan disertai pemberian suplemen multivitamin yang dapat mendongkrak birahi lovebird sehingga menjadikannya cepat gacor dan konslet.

Milet US Original dan Suplemen vitamin US sudah terbukti ampuh menjadikan lovebird cepat gacor dan konslet. Pakan biji-bijian dan vitamin tersebut bisa diberikan pada lovebird dari berbagai usia, mulai dari paud, balibu, hingga burung yang sudah mapan sekalipun.

Untuk lovebird paud dan dewasa, pemberian milet US diberikan setiap hari dengan campuran milet putih

Untuk lovebird balibu/paud dan dewasa, milet US diberikan setiap hari dengan campuran milet putih dengan perbandingan 1:1.

Sedangkan untuk lovebird prestasi atau burung lomba, milet US diberikan tanpa campuran sejak H-1 atau satu hari sebelum lomba.

Adapun untuk vitamin US diberikan rutin setiap pagi dengan cara diteteskan sebanyak 2-3 tetes langsung pada paruh lovebird.

Milet dan vitamin US bisa didapatkan melalui market place online seperti TokopediaBukalapak, dan Shopee. Untuk pemesanan langsung melalui Whatsapp, bisa dilakukan dengan menghubungi nomor admin : 087738873034

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips dan settingan lovebird balibu ombyokan

Memilih lovebird dalam kandang ombyokan jika beruntung akan mendapatkan burung yang benar-benar prospek. Namun tentu saja, hal tersebut harus disertai dengan serangkaian pola rawatan yang rutin dan teratur. Sebagai panduan, simak tips dan settingan lovebird balibu ombyokan berikut ini. Kesalahan dalam perawatan lovebird jantan menuju konsletLima metode atasi over birahi (OB) pada burung lovebirdCara terapi […]
Read more
melatih mental lovebird paud

Tips rawatan lovebird anakan agar kelak ngekek panjang

Lovebird yang masih anakan cukup diminati oleh banyak penghobi burung. Selain karena harganya yang terjangkau, anakan tersebut juga bisa dilatih sesuai keinginan, baik untuk atraksi maupun prestasi. Sebagai panduan, simak tips dan cara merawat lovebird anakan agar kelak ngekek panjang berikut ini.  Mengolah materi dan durasi lovebird sejak diniTips perawatan lovebird betina cepat konslet dan […]
Read more

Cara mudah budidaya ulat hongkong untuk pemula

55 / 100 Ulat hongkong atau mealworm adalah jenis serangga yang menjadi pakan tambahan tinggi protein untuk burung ocehan. Jenis ulat ini banyak ditemukan di pasar dan kios burung, tapi tidak ada salahnya kalau Anda mencoba membudidayakannya di rumah untuk menjaga ketersediaannya jika serangga ini sulit ditemukan di pasaran. Ciri-ciri Lovebird Bertelur, Ini Dia Tanda-Tandanya!Apa […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?