gabah untuk lovebird

Manfaat gabah untuk dongkrak produktivitas ternak lovebird

Gabah adalah bulir padi yang telah dipisahkan dari tangkainya. Secara umum, gabah adalah bentuk padi sebelum diolah menjadi beras yang menjadi makanan pokok umat manusia. Di kalangan peternak lovebird, gabah ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak produktivitas penangkaran. Mau tahu caranya?

Bagi banyak penggemar burung dan unggas, gabah yang biasa digunakan adalah dari jenis gabah bangkok. Gabah jenis ini dikenal memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi.

Terdapat sejumlah mineral penting yang terdapat dalam gabah, seperti magnesium (Mg), kalsium (Ca), zat besi (Fe), fosfor (P), dan natrium (Na). Tidak hanya itu saja, gabah juga memiliki kandungan vitamin, di antaranya adalah vitamin A, B1, B2, B6 C, dan E.

Bagi penggemar lovebird alias lovebird mania, gabah bangkok kerap dimanfaatkan untuk pakan burung rawatannya. Gabah yang diberikan secara rutin, tidak hanya bermanfaat untuk mendongkrak staminanya saja, tetapi juga dapat digunakan untuk mengontrol birahi dan mengencangkan suara.

Manfaat gabah juga dirasakan oleh para peternak lovebird. Setelah memberikan gabah secara rutin, indukan lovebird bisa terpacu, sehingga mampu mendongkrak produktivitas penangkaran.

Cara pemberian gabah 

Gabah yang akan digunakan untuk memacu produktivitas ternak lovebird sebaiknya dipilih yang baik kualitasnya. Adapun cara yang paling lazim dilakukan untuk menguji kualitas gabah adalah dengan menimbang beratnya. Pilih gabah yang memiliki bobot lebih berat, karena hal ini menandakan gabah tersebut berkualitas baik.

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan gabah dengan pakan yang lain, khususnya biji-bijian seperti milet putih. Campurkan gabah secukupnya dalam wadah pakan yang berisi milet putih tersebut, lalu diaduk sampai gabah dan milet bercampur merata.

Berikan gabah secara rutin untuk memacu produktivitas indukan lovebird yang sedang diternak. Untuk membantu menjaga kondisi indukan, anda bisa menambahkan suplemen multivitamin Sup Plus Bird yang diteteskan ke dalam air minumnya.

Demikian manfaat gabah untuk dongkrak produktivitas ternak lovebird.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara ampuh menstabilkan birahi lovebird

Birahi lovebird yang cenderung gampang berubah membuat kicaumania harus memberikan perawatan yang benar-benar tepat. Ketika birahinya turun, burung jadi kurang aktif dan jarang berbunyi.
Read more

American singer, kenari unggulan dari Paman Sam

Kenari american singer adalah jenis burung kenari penyanyi yang secara khusus dikembangkan dalam batasan wilayah Amerika Serikat. Keberadaan jenis kenari ini sangat diperhatikan secara khusus oleh para peternak di negara tersebut, dan cukup umum dipelihara karena mempunyai suara kicauan yang sangat indah.  Kenari american singer dikembangkan pertama kalinya pada tahun 1930 oleh sekelompok peternak wanita […]
Read more
melatih mental lovebird paud

Tips rawatan lovebird anakan agar kelak ngekek panjang

Lovebird yang masih anakan cukup diminati oleh banyak penghobi burung. Selain karena harganya yang terjangkau, anakan tersebut juga bisa dilatih sesuai keinginan, baik untuk atraksi maupun prestasi. Sebagai panduan, simak tips dan cara merawat lovebird anakan agar kelak ngekek panjang berikut ini. 
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?