gabah untuk lovebird

Manfaat gabah untuk dongkrak produktivitas ternak lovebird

Gabah adalah bulir padi yang telah dipisahkan dari tangkainya. Secara umum, gabah adalah bentuk padi sebelum diolah menjadi beras yang menjadi makanan pokok umat manusia. Di kalangan peternak lovebird, gabah ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak produktivitas penangkaran. Mau tahu caranya?

Bagi banyak penggemar burung dan unggas, gabah yang biasa digunakan adalah dari jenis gabah bangkok. Gabah jenis ini dikenal memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi.

Terdapat sejumlah mineral penting yang terdapat dalam gabah, seperti magnesium (Mg), kalsium (Ca), zat besi (Fe), fosfor (P), dan natrium (Na). Tidak hanya itu saja, gabah juga memiliki kandungan vitamin, di antaranya adalah vitamin A, B1, B2, B6 C, dan E.

BACA JUGA  Cara agar pleci cepat bongkar isian

Bagi penggemar lovebird alias lovebird mania, gabah bangkok kerap dimanfaatkan untuk pakan burung rawatannya. Gabah yang diberikan secara rutin, tidak hanya bermanfaat untuk mendongkrak staminanya saja, tetapi juga dapat digunakan untuk mengontrol birahi dan mengencangkan suara.

Manfaat gabah juga dirasakan oleh para peternak lovebird. Setelah memberikan gabah secara rutin, indukan lovebird bisa terpacu, sehingga mampu mendongkrak produktivitas penangkaran.

Cara pemberian gabah 

Gabah yang akan digunakan untuk memacu produktivitas ternak lovebird sebaiknya dipilih yang baik kualitasnya. Adapun cara yang paling lazim dilakukan untuk menguji kualitas gabah adalah dengan menimbang beratnya. Pilih gabah yang memiliki bobot lebih berat, karena hal ini menandakan gabah tersebut berkualitas baik.

BACA JUGA  Lima cara melatih mental kenari untuk lomba

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan gabah dengan pakan yang lain, khususnya biji-bijian seperti milet putih. Campurkan gabah secukupnya dalam wadah pakan yang berisi milet putih tersebut, lalu diaduk sampai gabah dan milet bercampur merata.

Berikan gabah secara rutin untuk memacu produktivitas indukan lovebird yang sedang diternak. Untuk membantu menjaga kondisi indukan, anda bisa menambahkan suplemen multivitamin Sup Plus Bird yang diteteskan ke dalam air minumnya.

Demikian manfaat gabah untuk dongkrak produktivitas ternak lovebird.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Ciri ciri lovebird hijau yang prospek untuk lomba

Read more
tips master cendet

Solusi untuk cendet yang sering bunyi di bawah

Cendet terkenal dengan gaya nagennya ketika berbunyi. Hal ini tentu dapat menjadikan penampilannya makin terlihat garang dan menarik. Tapi bagaimana jika burung cendet lebih menyukai berbunyi di dasar sangkarnya saja. Kalau sudah begitu, simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. BACA JUGA  Kenari gacor jadi ngeriwik? Ini solusi mengatasinya
Read more
Burung peliharaan membutuhkan asupan suplemen tambahan untuk menjaga kondisinya sepanjang hari

Suplemen yang bagus untuk burung kicau

Burung liar yang ada di alam bebas tidak membutuhkan suplemen apapun karena semua kebutuhan nutrisinya sudah disediakan oleh alam. Namun berbeda dengan burung peliharaan yang umumnya hanya diberi pakan standar, maka kebutuhan akan vitamin dan mineral belum tentu bisa terpenuhi. Berikut suplemen yang bagus untuk burung kicau. BACA JUGA  Cara memahami karakter lovebird
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by