mandi malam untuk lovebird

Ini manfaat mandi malam untuk lovebird dan caranya

Mandi malam umumnya dilakukan sebagai bentuk terapi memulihkan kondisi burung peliharaan yang mengalami over birahi. Namun, apakah mandi malam hanya dilakukan untuk hal itu saja? Berikut manfaat mandi malam untuk lovebird dengan caranya.

Perawatan burung kicauan tidak bisa dilepaskan dari aktivitas mandi dan jemurnya setiap hari. Selain untuk kebersihan bulu dari kotoran, rutinitas mandi juga bisa membantu mengurangi gangguan tungau / kutu yang menginfeksi kulit dan bulunya.

Mandi pada burung peliharaan biasanya dilakukan setiap pagi atau sore hari. Tapi ada juga penghobi burung yang memandikan momongannya itu pada malam hari, terutama hal ini dilakukan sebagai terapi. Terapi seperti apa? Mari kita simak berikut ini:

1. Mandi malam untuk menstabilkan birahi

Seperti diketahui, over birahi dapat memicu perubahan perilaku pada burung peliharaan, khususnya lovebird. Burung jadi jarang ngekek, sering ngeruji atau bahkan mencabuti bulu-bulunya sendiri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, mandi malam menjadi salah satu terapi yang dianggap efektif meminimalisir perilaku buruk tersebut. Tak hanya untuk atasi over birahi saja, mandi malam juga bahkan kerap dilakukan untuk menstabilkan birahi burung sebelum dilombakan.

2. Mandi malam untuk menjinakkan burung

Pemberian mandi malam yang rutin dan teratur bisa juga dilakukan untuk membantu proses penjinakan lovebird yang terlalu liar / giras. Setelah beberapa kali diberikan terapi mandi malam, burung biasanya akan lebih cepat jinak sehingga lebih mudah dirawat.

Baca:   Cara mendidik lovebird untuk lomba

3. Mandi malam untuk menggacorkan burung

Untuk lovebird yang kurang gacor atau jarang ngekek, lovebird mania biasanya akan memberikan terapi mandi malam untuk momongannya itu. Mandi malam yang dilakukan secara teratur bisa membantu menjadikan lovebird makin rajin bunyi / gacor.

Cara mandi malam untuk lovebird 

Terapi mandi malam bisa dilakukan pada semua jenis burung lovebird, baik yang klep maupun non klep. Namun harus diperhatikan kondisi dan umur dari burung tersebut.

Mandi malam untuk lovebird baby tentu berbeda dengan yang sudah dewasa. Jika ingin memandimalamkan lovebird baby, maka pastikan burung sudah berumur lebih dari 3 bulan atau sudah mencapai birahi yang ditandai dengan seringnya burung berbunyi.

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memberikan terapi malam adalah mengenali kondisi fisik dan kesehatannya. Jangan memberikan mandi malam ketika burung sedang sakit karena bisa memperparah kondisinya. Selain itu juga, perhatikan kondisi cuaca dan suhu pada waktu akan memandikan burung di malam hari.

Waktu yang tepat untuk memandikan lovebird pada malam hari adalah sekitar pukul 19:30 s/d 21:30. Adapun lamanya pemberian mandi malam tersebut dianjurkan tidak lebih dari 10 menit.

Mandi malam bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memandikan dengan cara disemprot hand sprayer atau menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkarnya. Namun begitu, cara yang dianggap paling cepat dan efektif adalah mandi dengan cara disemprot.

Baca:   Membuat pakan racikan untuk burung sanma atau pakling

Semprot burung hingga basah kuyup yang dimulai dari bagian kaki, ekor, dada, sayap dan punggungnya. Hindari melakukan penyemprotan langsung pada bagian wajahnya karena berpotensi menyebabkan lovebird tersedak dan sakit flu.

Rawatan setelah lovebird mandi malam 

Setelah mandi malam selesai dilakukan, burung digantang di tempat terang untuk mengeringkan bulu-bulunya yang basah. Pada saat itu, Anda bisa memberikan suara masteran dengan memutarkan suara burung dari mp3.

Untuk menjaga kondisinya dan menjadikan burung makin gacor pada esok harinya, berikan pakan milet putih yang sudah dicampur dengan Milet US Original. Racikan pakan tersebut sangat bermanfaat untuk mendongkrak stamina, dan menjadikan lovebird rajin ngekek dengan durasi yang lebih panjang.

Setelah bulu kering, burung kemudian dibiarkan beristirahat sampai pagi harinya untuk pengembunan.

Milet US Original bisa didapatkan melalui market place online seperti di Tokopedia, Bukalapak, maupun di Shopee. Bisa juga dipesan langsung melalui pesan whatsapp di nomor admin: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan

Cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan

Burung lovebird yang kerap turun ke bawah tangkringan pada waktu dilombakan dikenal dengan istilah nebok atau ngelantai. Jika kondisi ini terus dilakukannya selama lomba berlangsung tentu dapat mengganggu penampilannya. Sebagai panduan, simak cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan berikut ini. Cara seting lovebird jantan untuk lombaTips dan cara memilih untulan lovebirdCara mengatasi lovebird yang […]
Read more

Cara mengatasi lovebird emosi tinggi

Mengontrol emosi bisa menjadi faktor penentu lovebird tampil dengan maksimal di gantangan. Tapi bagaimana jika lovebird terlanjur emosi tinggi. Simak tips dan cara mengatasinya di sini .. Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lombaSettingan ngunci lovebird paud untulanPemilihan dan settingan lovebird paud betina agar siap lombaTips memilih lovebird prospek untuk lombaSettingan lovebird paud paruh putih […]
Read more

Penyebab harga lovebird turun

Beberapa tahun lalu harga jual burung lovebird di pasaran cukup menggiurkan, bahkan untuk lovebird bahan warna hijau saja dibanderol dengan harga Rp 600.000 / ekornya. Kondisi ini pun memicu penangkaran secara berlebihan di kalangan penggemarnya, yang pada akhirnya justru membuat harga jualnya makin tidak stabil dan cenderung terus menurun. Apakah harga lovebird bisa naik?Tujuh penyebab […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?