lovebird konslet

Empat cara mencetak lovebird konslet untuk pemula

Konslet adalah gaya ngekek yang unik, dan biasanya hanya dimiliki oleh burung yang sudah teruji mentalnya. Tidak mudah mencetak lovebird dengan gaya tersebut, apalagi si pemilik harus menjalani beberapa perawatan dan metode-metode tertentu. Namun begitu, empat cara berikut ini dapat dilakukan untuk mencetak lovebird agar cepat konslet. 

Lovebird yang memiliki kemampuan tersebut akan terus berbunyi tanpa menghiraukan keadaan di sekelilingnya. Itu sebabnya, lovebird konslet kini banyak dicari oleh para penggemarnya untuk dijadikan sebagai burung lomba.

Selain dipengaruhi oleh faktor karakter dan bakat, mencetak lovebird konslet bisa juga dilakukan dengan melakukan serangkaian perawatan. Sebagai panduan, berikut ini adalah empat cara mencetak lovebird cepat konslet untuk pemula.

1. Perawatan yang konsisten 

Menjadikan lovebird cepat konslet hanya bisa dilakukan dengan perawatan harian yang rutin dan teratur. Adapun beberapa pola rawatan harian yang sudah umum adalah:

  • Pengembunan rutin yang dilakukan setiap pagi.
  • Perawatan mandi dan jemur setiap hari.
  • Pemberian pakan biji-bijian dan pakan tambahan (EF) yang sesuai.
  • Menambahkan suplemen atau multivitamin dalam perawatan hariannya.
  • Menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya.
  • Rutin melakukan pemasteran atau sekedar untuk memancing ngekek.
  • Selalu menjaga keamanan dan kenyamanan burung tersebut.

2. Memperhatikan asupan pakan 

Asupan pakan yang tepat akan berdampak sangat baik untuk menjaga kondisi dan kestabilan birahinya. Untuk menjadikan lovebird cepat konslet, maka pakan yang digunakan haruslah yang berkualitas dan terjaga kebersihannya.

Baca:   Tips sukses ternak lovebird

Milet US adalah salah satu pakan racikan khusus lovebird yang mempunyai banyak manfaat. Di antara manfaat milet US adalah menjadikan burung makin rajin bunyi dengan suara yang lebih keras. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, pemberian milet US bisa dicampurkan dengan milet putih, dengan perbandingan 1:1.

Milet US adalah pakan racikan yang sudah terbukti kualitas dan keunggulannya. Pakan milet ini bisa didapatkan melalui toko jual beli online seperti di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Selain itu, bisa juga dipesan langsung melalui WA: 087738873034

Selain pakan utama yang berupa biji-bijian tersebut, lovebird harus bisa menerima asupan pakan tambahannya yang berasal dari sayuran. Pakan tambahan yang umum diberikan untuk mencetak lovebird konslet adalah jagung manis dan kangkung. Kedua jenis sayuran ini sangat bermanfaat untuk mendongkrak birahi lovebird sehingga akan terpancin untuk lebih rajin berbunyi.

Penambahan suplemen atau multivitamin bisa diberikan untuk membantu menjaga kondisi, serta meningkatkan stamina dan daya tahan lovebird. Dengan demikian, burung pun akan menjadi lebih aktif, dan selalu terpancing untuk mengeluarkan suara ngekeknya.

3. Menjaga kestabilan birahi 

Bagian terpenting dalam perawatan burung lovebird agar cepat konslet adalah mengontrol birahinya. Dengan menjaga kestabilan birahinya, terutama menjelang dilombakan maka burung akan cenderung memiliki mental yang lebih baik serta lebih mudah terpancing untuk rajin ngekek.

Baca:   Settingan lovebird fighter ke konslet

Menjaga kestabilan birahi lovebird bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisinya setiap hari. Selain itu, perawatan yang tepat juga akan membantu mengontrol birahinya. Beberapa faktor yang bisa memicu lovebird over birahi antara lain adalah:

  • Asupan pakan yang terlalu tinggi,
  • Burung yang sudah memasuki usia matang kelamin atau sudah siap kawin,
  • Over birahi bisa juga dipicu oleh suara dan tingkah laku burung lovebird lain yang ada di dekatnya.

Adapun beberapa cara menjaga kestabilan birahi lovebird agar cepat konslet adalah:

  1. Melakukan pengembunan dengan lebih rutin,
  2. Lovebird dimandikan sesuai jadwal dan settingannya,
  3. Melakukan penjemuran sesuai jadwal dan settingannya,
  4. Melatih burung dengan kandang umbaran,
  5. Menambahkan suplemen pengontrol birahi seperti Sup Plus Bird.

4. Menerapkan metode untulan 

Metode untulan sangat diyakini bisa mempercepat proses konslet pada burung lovebird. Dengan perawatan sistem koloni tersebut, burung akan lebih cepat terpancing untuk rajin ngekek panjang dan tanpa jeda.

Metode untulan ini juga menjadi salah satu bentuk perawatan yang cukup popular karena dapat menjadikan lovebird cepat gacor dan konslet. Untuk mengetahui bagaimana cara memilih untulan yang tepat serta perawatannya, silakan simak kembali ulasannya dalam artikel berikut ini:

Tips dan cara memilih untulan lovebird

Proses perjodohan lovebird untuk untulanx

Itulah empat cara mencetak lovebird cepat konslet yang perlu diketahui kicau mania.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips atasi murai batu kurang ngotot

Murai batu adalah burung petarung sejati. Saat bertemu pejantan lain yang masuk wilayah teritorialnya, murai batu jantan akan segera mengusirnya sambil berkicau dengan suara yang lantang. Namun tak jarang, murai batu akan terlihat kurang ngotot saat bertemu lawannya, khususnya saat burung sedang ditandingkan. Untuk mengatasinya, simak tips dan cara perawatannya berikut ini. Baca:   Settingan […]
Read more
masalah kaki kenari

Cara mencegah dan mengatasi masalah pada kaki kenari

Cara kenari bertengge bisa menjadi indikasi bahwa burung sedang sakit atau sehat. Gejala paling umum adalah kenari yang selalu mengangkat sebelah kakinya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka bisa dipastikan ada masalah dengan kakinya tersebut. Berikut cara mencegah dan mengatasi masalah pada kaki kenari.  Baca:   Mengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelur
Read more
lovebird agresif

Cara mengatasi lovebird galak / agresif

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi perilaku lovebird jadi agresif atau galak. Sebagian besar dipicu oleh kondisi burung yang terlalu birahi maupun akibat perawatan yang kurang tepat. Untuk panduan perawatan, berikut cara mengatasi lovebird galak/agresif. Baca:   Mengenal 10 penyebab lovebird cabut bulu
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by