tips menjemur lovebird

Tips dan cara menjemur lovebird dengan tepat dan sehat

Perawatan lovebird tidak bisa dilepaskan dari proses penjemurannya setiap hari. Selain membuat burung tetap aktif, menjemur lovebird di waktu dan cara yang tepat juga akan menjadikan burung selalu sehat dan rajin ngekek.

Cahaya matahari merupakan kebutuhan utama yang penting bagi kehidupan mahluk hidup, termasuk burung peliharaan seperti lovebird. Manfaat sinat matahari yang paling utama antara lain adalah untuk:

  1. Mengeringkan dan menghangatkan tubuh,
  2. Mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D pada tubuh burung,
  3. Membasmi jamur maupun mikroba yang bermukim di dalam sangkar dan tubuh burung.
  4. Beragam manfaat baik lainnya.

Walaupun dianggap cukup bermanfaat untuk lovebird, namun jika penjemuran dilakukan dengan cara dan waktu yang kurang tepat, tentu akan mengganggu kesehatan dan performanya.

Oleh karena itulah, untuk menjaga kondisinya agar tetap sehat, aktif dan rajin ngekek setiap hari maka penjemuran harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Jemur lovebird sepagi mungkin untuk proses pengembunan atau tidak lama setelah matahari terbit Pengembunan dan penjemuran pagi sangat baik dilakukan agar lovebird mendapatkan udara segar yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mentalnya.
  • Jangan langsung menjemur lovebird di bawah sinar matahari dalam kondisi bulu masih basah karena bisa merusak bulu. Setelah dimandikan, lovebird sebaiknya diangin-anginkan di tempat teduh selama beberapa menit untuk mengeringkan bulu-bulunya, setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari.
  • Hindari menjemur lovebird ketika matahari sedang bersinar sangat terik, khususnya setelah pukul 10:00, karena sinar ultraviolet di siang hari akan menyebabkan kerusakan pada bulu-bulunya. Penjemuran di waktu siang umumnya dilakukan hanya sebagai terapi saja, seperti terapi mandi kering, terapi jemur kerodong, dan sebagainya.
  • Jangan membiasakan menjemur lovebird dengan sangkar dikerodong, terutama pada saat cahaya matahari sedang panas-panasnya / terik. Penjemuran dengan sangkar ditutupi kerodong akan menyebabkan lovebird mendapatkan panas berlebihan sehingga memicu stres dan dehidrasi. Penjemuran dengan sangkar dikerodong biasanya dilakukan sebagai terapi semata, dan harus dilakukan sesuai anjuran ahli.
  • Penjemuran bisa juga dilakukan sambil melatih lovebird dalam kandang umbaran.
  • Ganti air minum dengan yang masih segar setelah burung selesai dijemur untuk jangka waktu yang lama.

Untuk mendukung kesehatannya sepanjang hari, maka selesai dijemur lovebird bisa diberikan multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird atau vitamin US yang dibuat khusus untuk burung lovebird.

Dapatkan Sup Plus Bird dan vitamin US di sini:

[irp posts=”2124″ name=”Vitamin US Original”]

[irp posts=”1550″ name=”Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan”]

Demikian tips dan cara menjemur lovebird dengan tepat dan sehat.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Membedakan Lovebird jantan dengan betina

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina  memang tidak terlalu menyolok. Berikut tips ampuh membedakan keduanya untuk  mempermudah para breeder karena Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang serupa kadang peternak pemula keliru dalam membedakan lovebird jantan dan betina, langsung saja akan kita ulas beda  lovebird jantan dan betina dan apa yang membedakan keduanya. Karena banyaknya jenis Lovebird […]
Read more
rawatan lovebird paud ombyokan

Memoles lovebird paud ombyokan agar siap lomba

Memoles lovebird paud ombyokan agar siap lomba membutuhkan penanganan dengan penuh perhatian. Mulai dari pemberian pakan hingga perawatan harian lainnya, harus rutin dilakukan agar burung bisa terjaga kondisinya sepanjang hari.
Read more
milet racikan jadikan lovebird juara

Cara seting lovebird sebelum lomba

Menyeting lovebird sebelum dilombakan menjadi satu hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan penampilannya saat bertanding. Rawatan yang diterapkan umumnya adalah menjaga kondisi birahinya agar tetap stabil, sehingga burung selalu siap berlomba. Sebagai panduan, berikut cara seting lovebird sebelum lomba.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?