cara memaster lovebird

Settingan jebol birahi lovebird jantan dewasa untuk lomba

Tidak mudah mengkondisikan lovebird agar selalu siap lomba, apalagi si pemilik harus faham betul bagaimana cara mengatur birahi momongannya agar tetap stabil. Penampilan lovebird memang akan lebih maksimal jika didukung dengan birahi yang stabil, begitu pun sebaliknya.

Keberhasilan kicaumania membawa lovebird rawatannya menjadi burung jawara tidak terlepas dari pengaturan pola rawatan harian yang didukung dengan kesabaran serta kejelian dalam mengkondisikan gaconya agar bisa tampil maksimal.

Salah satu faktor yang paling menentukan performa lovebird di lapangan adalah kestabilan birahinya. Faktor birahi inilah yang harus diperhatikan oleh kicaumania, khususnya jika ingin gaconya bermain cantik di gantangan.

Umumnya lovebird yang paling banyak dilombakan adalah yang berjenis kelamin betina, namun demikian tidak berarti bahwa burung jantan tidak bisa ikut bertanding. Faktanya, banyak lovebird jantan yang sukses menjadi burung jawara.

Berbeda dengan burung betina, lovebird jantan dikenal lambat panas / naik birahinya sehingga pengaturan settingannya pun kadang berbeda dengan burung betina yang gampang naik birahinya.

Pengaturan settingan yang tepat dapat mendongkrak birahi lovebird jantan agar bisa tampil lebih maksimal saat di gantangan. Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah teknik jebol birahi, yaitu teknik mendongkrak birahi lovebird jantan terutama yang sudah berumur dewasa agar siap lomba.

Berikut beberapa tips dan settingan jebol birahi lovebird jantan dewasa agar siap lomba:

  1. Untuk menyiapkannya agar siap lomba, maka pastikan burung tersebut memang berjenis kelamin jantan, dewasa, dan sudah dalam kondisi rajin bunyi / aktif.
  2. Perawatan harian dilakukan dengan metode untulan, yaitu memberikan lovebird jantan tersebut burung betina sebagai pasangannya. Untuk memudahkan proses penjodohan untuk burung untulan, silakan simak lagi cara-caranya di sini.
  3. Tempatkan lovebird jantan dan betina dalam satu kandang bersama tanpa menggunakan glodok / tempat sarang. Hal ini bisa menjadikan burung jantan lebih terjaga kondisi birahinya.
  4. Lakukan pemasteran rutin dengan karakter vokal yang disesuaikan. Pemasteran bertujuan menambah variasi suara lovebird sekaligus untuk memancingnya lebih rajin ngekek dengan durasi panjang.

Perawatan harian dengan menggunakan metode untulan dapat membantu mendongkrak birahi burung jantan dewasa, namun tidak membuatnya over birahi.

Adapun settingan untuk menyiapkan lovebird jantan dewasa ke lomba adalah sebagai berikut:

  1. Pengaturan rawatan dimulai sejak 3 hari sebelum lomba atau H-3, pada saat itu lovebird jantan dipisahkan dari untulannya, dan ditempatkan dalam sangkar khusus lomba.
  2. Sekitar pukul 05:00 pagi, lovebird jantan dikeluarkan dari dalam ruangan / rumah untuk diembunkan. Setelah matahari terbit, burung dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup, kemudian diangin-anginkan sebentar sebelum dijemur. Proses penjemuran berlangsung selama 15 s/d 30 menit saja.
  3. Selesai penjemuran, burung diberikan full kerodong lalu diletakkan di tempat sejuk dan tersendiri tanpa ada suara lovebird lainnya di dalam ruangan / rumah.
  4. Pukul 16:00 sore, lovebird dikeluarkan untuk diangin-anginkan, kemudian diberikan semprotan halus pada bagian dada, sayap, dan perutnya.
  5. Setelah diangin-anginkan selama 5 s/d 10 menit, lovebird kembali diberikan full kerodong dan disimpan kembail di dalam ruangan / rumah.

Selama perawatan tersebut, pakan yang diberikan adalah milet putih dengan campuran milet US, yaitu pakan racikan khusus lovebird yang memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk membantu jebol birahi lovebird jantan. Sedangkan pakan tambahan yang disajikan adalah potongan jagung manis.

Milet US bisa didapatkan di TokopediaBukalapak, dan Shopee. Dapat juga dipesan langsung melalui pesan Whatsapp di nomor: 087738873034

Settingan pada hari H lomba

  • Lovebird diembunkan mulai pukl 04:30 pagi.
    Setelah matahari terbit, segera mandikan lovebird dengan cara disemprot kemudian diangin-anginkan sampai bulu mengering.
  • Berikan lovebird jantan dengan vitamin US yaitu multivitamin yang diracik khusus untuk mendongkrak stamina dan daya tahan burung lovebird. Pemberian vitamin US secara rutin dapat membantu menjadikan burung lebih aktif, sehat, dan rajin ngekek.
  • Setelah itu, lovebird dikerodong sebelum dibawa ke arena lomba.

Demikian tips dan settingan jebol birahi lovebird jantan dewasa agar siap lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lomba lovebird

Setelan harian & lomba lovebird betina single fighter

Lovebird betina dewasa yang dirawat dengan metode single fighter membutuhkan lebih banyak perhatian daripada burung betina sistem untulan. Untuk itu, setelan harian dan lomba berikut ini dapat menjadi panduan bagi pemula.
Read more
lovebird ngekek

Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik

Permasalahan lovebird yang cenderung ngetik dan jarang bersuara ngekek tak hanya terjadi di rumah saja tapi juga lebih sering muncul ketika burung sedang dilombakan. Berikut penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik.
Read more

Penampakan punai pengantin di Kampus IPB Dramaga

Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) Fakultas Kehutanan IPB kembali menemukan spesies baru dari burung (aves) yang menghuni Kampus IPB Dramaga. Usai menemukan katak dan ular jenis baru pada monitoring sebelumnya, kali ini tim kembali menemukan burung berjenis Punai Pengantin alias Treron griseicauda.   Punai pengantin – Grey-cheeked pigeon  Sejak 2005, Himakova yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?