lovebird telat ngekek

Ragam solusi jika lovebird telat ngekek di lapangan

Lovebird yang telat ngekek saat dilombakan umumnya disebabkan oleh burung yang belum panas atau belum naik birahinya. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu kondisi tersebut, berikut ragam solusi jika lovebird telat ngekek di lapangan dan cara mengatasinya  Telat ngekek umumnya terjadi hanya pada sesi-sesi awal lomba saja, yaitu ketika burung digantang tidak langsung bersuara ngekek. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari kelelahan, stres, hingga setelan pakan yang terlalu kencang. Solusinya? Anda bisa menerapkan beberapa pola rawatan dan settingan berikut ini untuk mengatasi lovebird telat ngekek saat digantang. Perawatannya bisa dimulai sejak satu hari sebelum lomba atau H-1, dengan rincian sebagai berikut:
  • Pada saat ini, lovebird tidak perlu dijemur lagi tetapi pada pagi hari burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk diembunkan.
  • Sebelum matahari terbit, lovebird diberikan semprotan lembut dan agak basah, lalu diangin-anginkan di tempat yang teduh.
  • Tahap selanjutnya adalah menempatkan lovebird di dalam sebuah ruangan yang tenang, serta dijauhkan dari lovebird lainnya.  Adapun untuk pemberian kerodong bisa disesuaikan dengan kebiasaan burung dan pemiliknya.
Perlakuan sebelum lovebird digantang:
  • Pada hari-H, sebelum dibawa ke lapangan lovebird diembunkan, lalu diberikan semprotan halus dan dikerodong.
  • Tempatkan lovebird di tempat yang sejuk.
  • Sebelum dibawa ke arena lomba, bersihkan dahulu sangkar dari kotoran dan sisa pakan, setelah itu berikan full kerodong.
  • Sesampainya di lapangan, simpan lovebird di lokasi yang tenang.
  • Tunggu sampai burung mau ngekek, setelah itu kerodong baru bisa dibuka.
  • Gantungkan sangkar untuk beradaptasi dengan suasana dan lingkungan lomba.
  • Jika burung terlihat mompa atau ngetik, maka segera semprotkan hand sprayer pada bagan dadanya dengan setelan halus, setelah itu diberikan kerodong.
  • Beberapa menit sebelum burung akan digantang, kain kerodong dilepaskan lalu keluarkan cepuk pakan dan air minumnya. Bersihkan juga alas sangkar dari sisa-sisa pakan, setelah itu burung kembali dikerodong sampai dibawa ka arena untuk digantang.
Peyebab lovebird telat ngekek di lapangan juga bisa terjadi karena burung yang kelelahan selama di perjalanan menuju arena lomba. Untuk itu, dibutuhkan perawatan teratur dengan memberikan mulvitamin tambahan seperti vitamin US untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya.
Baca:   Vitamin US Original
Semoga bermanfaat

Related Articles

Tahap perawatan burung murai batu umur 1 s/d 5 bulan

Salah satu tujuan kicaumania memelihara burung murai batu trotolan atau paud adalah agar bisa dilatih dengan materi masteran yang diinginkan. Burung yang dimaster sejak usia dini akan menyimpan suara isian dalam memori mereka, sehingga setelah dewasa burung akan mampu berkicau dengan sangat baik. Untuk itu, simak tahap perawatan burung murai batu umur 1 s/d 5 […]
Read more
rawatan lovebird musim panas

Tips rawatan lovebird di musim kemarau

Beberapa daerah di Indonesia saat ini masih mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang panjang. Kondisi cuaca dan suhu yang sangat terik itu tentu akan menjadi sesuatu yang kurang menguntungkan bagi para penghobi burung, khususnya lovebird. Berikut tips rawatan lovebird di musim kemarau agar tidak stres dan sakit.
Read more

Penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya

Bulu rontok biasanya terjadi di masa mabung. Namun jika hal ini terjadi di luar masa mabung, tentu itu artinya ada sesuatu yang bermasalah dengan burung tersebut. Pada burung lovebird, kondisi ini bisa dipicu oleh banyak hal mulai dari faktor lingkungan hingga rawatan. Berikut penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by