Lumpuh mendadak bisa terjadi pada semua mahluk hidup, tak terkecuali burung peliharaan seperti lovebird. Jika tidak segera ditangani, bisa memperparah kondisinya dan mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, sebelum terjadi pada burung kesayangan Anda, simak penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Ketika burung alami kelumpuhan mendadak, maka ia akan sulit beraktivitas seperti biasa, termasuk mengambil makanan maupun minumannya. Dalam banyak kasus, kematian akan terjadi pada burung yang terlambat mendapatkan penanganan.

Ada lima penyebab umum yang diketahui sebagai pemicu kelumpuhan mendadak pada burung lovebird, yaitu:

  1. Lovebird yang keracunan logam berat,
  2. Mengkonsumsi biji-bijian yang terkontaminasi jamur atau bakteri,
  3. Burung terinfeksi virus,
  4. Trauma yang terjadi karena sangkar jatuh, burung menabrak dinding, dsb.
  5. Burung kekurangan mineral dan kalsium.

Kejadian lovebird yang mati setelah alami kelumpuhan umumnya disebabkan oleh karena si pemilik yang kurang sigap dalam memberikan penanganan sejak dini. Sebagai panduan perawatan, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi lovebird yang alami kelumpuhan.

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  1. Langkah pertolongan pertama setelah menyadari bahwa lovebird yang dipelihara mengalami kelumpuhan mendadak adalah dengan memindahkan burung ke tempat yang lebih aman seperti bekas akuarium atau sangkar harian yang bagian dasarnya dilapisi dengan kertas tisu atau handuk.
  2. Untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat selama pemulihannya, maka di bagian atas sangkar atau tempat yang digunakan dipasangkan lampu bohlam berdaya rendah.
  3. Karena kondisi burung tidak bisa bergerak untuk mengambil makan dan minumnya, maka penempatan cepuk pakan dan minum sebaiknya diletakkan di lantai kandang dengan posisi yang terjangkau.
  4. Namun jika kondisinya sudah sangat parah / tidak bisa bergerak sama sekali, maka Anda harus membantunya memberi makanan dengan cara disuapkan langsung melalui paruh menggunakan spet atau sendok lolohan.
  5. Agar makanan bisa langsung dicerna oleh burung, maka berikan pakan yang lunak saja misalnya buah-buahan, nasi, maupun sayuran yang sudah diremas-remas. Bisa juga diberikan pakan berupa egg food yang dicampur dengan biskuit atau bubur bayi. Adapun pemberian pakan biji-bijian tidak dilakukan dahulu untuk sementara sebelum kondisi burung kembali pulih.
  6. Untuk membantu pemulihan burung yang alami lumpuh mendadak akibat keracunan logam berat, bisa diberikan buah apel setiap hari. Apel diketahui memiliki kandungan pectin yang membantu membersihkan racun logam dari dalam tubuh.
  7. Namun jika lumpuh tersebut terjadi karena ketidakseimbangan fungsi sarat, trauma ataupun disebabkan oleh virus maka pemberian antibiotik dan obat-obatan yang tepat sangat dianjurkan untuk mempercepat pemulihannya.
  8. Selama dirawat, lovebird harus selalu berada dalam suhu yang hangat serta menghindari burung dari kondisi lembab atau basah. Pada malam harinya, biasakan menutupi sangkarnya dengan full kerodong.
  9. Berikan tambahan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk membantu mempercepat pemulihannya. Suplemen seperti Sup Plus BIrd bisa menjadi pilihan utama karena memiliki beragam kandungan yang bermanfaat.
BACA JUGA  Kenali penyebab murai batu sering mengangkat sebelah kaki

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan di Shopee. Jika berkenan, Anda juga bisa memesannya secara langsung melalui pesan Whatsapp ke nomor: 087738873034  

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebrid yang lumpuh.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here