atasi lovebird bunyi sambil buka sayap

Mengatasi lovebird bunyi sambil buka sayap

Lovebird yang sering bersuara ngekek sambil membuka sayapnya dikenal dengan istilah ngepak atau ngablak. Jika kondisi ini terjadi pada burung yang sedang dilombakan, tentu akan menurunkan penampilannya di lapangan. Untuk itu, simak tips mengatasi lovebird bunyi sambil buka sayap berikut ini.

Ngekek sambil buka sayap bisa terjadi pada semua jenis lovebird peliharaan, baik yang masih muda maupun dewasa. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari birahi yang berlebihan hingga dipicu oleh gangguan fisik dan mentalnya.

Walaupun dianggap sebagai sesuatu hal yang wajar, tapi jika terjadi pada burung yang sedang dilombakan tentu akan menyebabkan penurunan performa. Lovebird tersebut tidak akan bisa tampil dengan baik dari awal hingga akhir.

Ada empat macam cara yang umum dilakukan untuk mengatasi lovebird yang sering bunyi sambil membuka sayapnya, yaitu:

1. Menggunakan sistem koloni 

Pada lovebird yang bermain single fighter, salah satu pemicu burung ngekek sambil mengepakkan kedua sayapnya adalah kalah mental atau down. Untuk memulihkan kondisinya, anda bisa menggunakan sistem koloni selama satu minggu penuh sampai sifat fighternya muncul kembali.

2. Memberikan terapi mandi 

Memandikan burung hingga basah kuyup bisa menjadi bentuk terapi yang cukup efektif mengatasi masalah lovebird yang ngekek sembari membuka sayapnya. Di kalangan lovebird mania sendiri ada beberapa macam terapi mandi yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

  • Mandi renang
    Mandi renang adalah terapi dengan meletakkan burung di dalam wadah / ember yang sudah dipenuhi air. Walaupun sempat menjadi kontroversi karena metode ini dianggap menyiksa burung, namun tak sedikit juga yang mengakui kalau terapi ini cukup efektif mengatasi burung yang sering bunyi sambil membuka sayapnya. Terapi ini bisa dilakukan setelah lovebird dilatih dalam kandang umbaran.
  • Mandi pagi dan sore
    Jika selama ini burung hanya dimandikan pada waktu pagi setiap harinya, maka untuk terapi pemulihan lovebird yang ngekek sambil buka sayap pemberian mandi dilakukan dengan lebih rutin.
    Mandi bisa dilakukan setiap pagi dan juga pada sore harinya. Setiap beberapa hari sekali, burung bisa juga diberikan terapi mandi malam. Jangan lupa, pengembunan harus dilakukan dengan teratur untuk membantu mempercepat pemulihannya.
  • Menyemprot kedua sayap
    Ketika burung dilatih dalam kandang umbaran, anda bisa melakukan penyemprotan langsung kepada kedua sayapnya hingga basah kuyup. Jika dilakukan secara rutin, maka bisa membantu menghilangkan kebiasaan burung yang berbunyi sambil buka sayap tersebut.

3. Memberi milet putih dengan campuran milet US 

Milet putih umum diberikan sebagai pakan utama harian lovebird. Untuk mengatasi lovebird yang kerap berbunyi sambil mengepakkan sayapnya, maka pola pakan tersebut harus dirubah untuk mendapatkan porsi nutrisi yang tepat.

Salah satu tips yang bisa diterapkan adalah mencampurkan milet US dengan milet putih yang biasa dikonsumsi burung tersebut. Dengan terpenuhinya kebutuhan pakan biji-bijiannya itu, maka lovebird akan melupakan kebiasaan buruknya tersebut.

Baca:   Milet US Original - Pakan Lovebird Jawara

Milet US adalah pakan khusus lovebird yang sudah mengalami pengolahan agar bisa memiliki banyak manfaat untuk burung. Beberapa manfaat yang akan didapat jika lovebird rutin mengkonsumsi milet US ini adalah:

  • Mendongkrak stamina dan sifat fighternya.
  • Mencegah dan mengatasi over birahi.
  • Menjadikan burung lebih rajin bunyi dan gacor.
  • Membantu jebol birahi.
  • Menjadikan burung lebih ngotot.

Milet US bisa didapatkan melalui Instagram, Tokopedia, Bukalapak, maupun di Shopee. Bisa juga dipesan melalui whatsapp di nomor: 087738873034

Demikian empat tips mengatasi lovebird yang bunyi sambil buka sayap. Jika dilakukan dengan pola perawatan yang rutin dan teratur, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama, burung akan bisa kembali tampil dengan sempurna.

Semoga bermanfaat

Related Articles

menjaga kualitas induk lovebird

Tips menjaga kualitas indukan lovebird yang diternak

Banyak peternak lovebird memiliki caranya sendiri dalam menjaga kulitas indukan. Selain tidak memaksakan burung indukan untuk terus berproduksi, memperhatian asupan pakan dan vitaminnya pun menjadi upaya peternak demi kelancaran usaha penangkarannya. More from my siteTahap demi tahap ternak lovebird untuk pemulaTips agar lovebird cepat bertelurTiga masalah utama dalam ternak lovebirdCara meloloh anakan lovebird yang baik […]
Read more
lovebird paud beranjak dewasa settngan

Settingan lovebird paud yang beranjak dewasa

Lovebird paud atau balibu kini banyak dirawat sebagai burung lomba. Akan tetapi, setelah burung beranjak dewasa, maka penampilannya pun akan cenderung menurun. Kondisi ini tentu perlu diantisipasi oleh lovebid mania, apalagi banyak keluhan mengenai lovebird paud yang tak lagi bisa mencetak prestasi. More from my siteSettingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap […]
Read more

Tips atasi murai batu kurang ngotot

Murai batu adalah burung petarung sejati. Saat bertemu pejantan lain yang masuk wilayah teritorialnya, murai batu jantan akan segera mengusirnya sambil berkicau dengan suara yang lantang. Namun tak jarang, murai batu akan terlihat kurang ngotot saat bertemu lawannya, khususnya saat burung sedang ditandingkan. Untuk mengatasinya, simak tips dan cara perawatannya berikut ini. More from my […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?