Performa lovebird di lapangan bisa semakin meningkat jika didukung oleh suara ngekek yang panjang. Untuk memaksimalkan ngekeknya, lovebird mania akan menerapkan berbagai pola settingan yang sesuai karakter burung rawatannya. Selain perawatan tersebut, pemasteran yang dilakukan dengan cara yang tepat bisa membantu menambah durasi lovebird.

Pemasteran adalah bentuk perawatan dengan melatih memori burung agar bisa menirukan suara-suara yang rutin didengarnya. Metode pemasteran bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu menggunakan suara rekaman dari mp3, suara burung asli, dan suara yang keluar dari perangkat elektronik khusus masteran.

Adapun metode pemasteran hanya akan berlangsung efektif jika suara masteran sesuai dengan karakter vokal dari burung yang akan dilatih. Contohnya adalah burung lovebird, karena karakter suaranya adalah tembakan ngerol yang nyaring dan rapat, maka untuk memaksimalkan durasi ngekeknya, proses pemasteran harus dilakukan dengan cara-cara yang tepat.

Pemasteran untuk menambah durasi lovebird bisa dilakukan dengan tiga tahap, yaitu:

1. Pemasteran dengan suara masteran lovebird konslet 

BACA JUGA  Mengatasi lovebird bunyi sambil buka sayap

Pemasteran tahap pertama dilakukan dengan memutarkan audio/suara masteran lovebird konslet mp3 yang berspeed lambat. Olah masteran seperti ini bertujuan untuk melatih agar lovebird mampu bersuara ngekek panjang namun tidak gampang kehabisan nafas.

Tahap pemasteran dilakukan secara rutin setiap hari selama 2 s/d 3 minggu, atau sampai burung mampu mengeluarkan suara ngekeknya dengan panjang dan tidak terburu-buru / kalem. Setelah itu, berlanjut pada tahap pemastean berikutnya.

2. Pemasteran dengan serangga. 

Pada tahap kedua, pemasteran dilakukan dengan menggunakan suara serangga atau burung masteran. Serangga yang lazim digunakan untuk memaster agar lovebird berdurasi panjang adalah walang kecek, alternatifnya anda bisa menggunakan suara masteran dari burung tengkek buto yang sudah gacor. Pemasteran tahap kedua dilakukan setiap hari dan berlangsung selama 1 s/d 2 minggu.

3. Pemasteran dengan suara kenari gacor 

Pemasteran tahap akhir adalah menggunakan suara kenari ngerol yang sudah gacor. Tahap ini disebut juga sebagai tahap pemolesan, yang bertujuan untuk menambah durasi lovebird dan menjadikannya makin gacor. Untuk hasi yang lebih efektif, gunakan burung kenari asli yang sudah gacor dan mampu ngerol panjang.

BACA JUGA  Tips singkat latih lovebird cepat latah dan fighter

Tiga tahap pemasteran di atas akan menjadi lebih efektif jika didukung dengan stamina dan daya tahan yang sangat baik dari burung lovebird tersebut. Nah, cara untuk mendongkrak stamina burung yang akan dilatih masteran itu bisa dilakukan dengan cara menambahkan multivitamin yang tepat.

Vitamin US adalah salah satu mulvitamin yang diracik khusus untuk meningkatkan stamina lovebird, sekaligus juga menjadikan burung makin rajin bunyi dan gacor. Berikan vitamin US dengan cara diteteskan sebanyak dua tetes langsung pada paruhnya setiap pagi atau beberapa menit sebelum burung akan dilatih dengan suara masterannya.

Anda bisa mendapatkan vitamin US melalui Whatsapp di nomor: 085643020278, atau bisa juga didapatkan melalui:

 

Produk unggulan lainnya dari Universitas Burung adalah:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
GLODOK BAMBU
Rp 15.000
SUP PLUS BIRD
Rp 35.000
MILET CINDERELLA
Rp 25.000
MILET VOLUME
Rp. 30.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here