Memilih lovebird di kandang ombyokan bisa menjadi pekerjaan yang cukup menyita waktu. Bahkan tak jarang, kicaumania harus rela nongkrong berlama-lama hanya untuk mengamati tingkah laku burung yang menjadi incarannya. Jika jeli memilih, Anda akan mendapatkan lovebird prospek, bahkan bisa juga calon jawara.

Mendidik lovebird agar menjadi burung juara lomba membutuhkan penanganan yang benar-benar tepat. Kicaumania harus bisa memenuhi semua unsur kebutuhan hariannya, mulai dari pakan hingga nutrisinya. Selain itu, pola rawatan teratur lainnya pun harus pula diterapkan.

Lovebird bakalan yang diperoleh dari hasil ngombyok bisa saja memiliki prospek sebagai burung lomba. Terlebih lagi jika didukung dengan penanganan serta perawatan harian yang rutin dan teratur.

Salah satu trik lovebird mania memaksimalkan penampilan burung rawatannya adalah dengan cara jebol birahi atau memberikan perawatan khusus yang bisa mendongkrak birahi burung agar lebih rajin bunyi. Dengan demikian, lovebird tersebut akan berada dalam kondisi yang siap dilombakan.

Perawatan berikut ini bisa menjadi settingan alternatif untuk jebol birahi lovebird:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Ketika burung masih berumur sangat muda / baby, Anda bisa melatih suara dan mentalnya dengan cara membawanya ke arena lomba, khususnya kelas lovebird baby / lovebird paud. Setelah ganti bulu, lovebird mulai diberikan settingan jebol birahi yang lebih berfokus pada penjemuran dan pakannya.
  • Untuk memancing agar burung bertambah rajin bunyi dan bersuara kencang, Anda bisa memberikannya pasangan atau untulan. Metode untulan bisa diterapkan sampai burung telah berumur dewasa / matang kelamin. Adapun untuk cara menyiapkan untulan lovebird bisa disimak lagi dalam artikel di sini.
  • Setiap hari, lovebird ditempatkan dalam kandang kotak dengan untulannya.
    Pengembunan harus lebih rutin dilakukan setiap hari.
  • Sedangkan untuk settingan mandi dan jemur bisa diterapkan sesuai kebiasaan dari burung tersebut. Jika lovebird tidak mau dimandikan dengan cara disemprot, maka Anda bisa memberikan cepuk besar untuk air minumnya, atau menyediakan bak mandi kecil yang diletakkan di dasar sangkar hariannya.
  • Penjemuran dilakukan seperlunya atau disesuaikan dengan karakter burung.
  • Bagian terpenting dalam settingan jebol birahi lovebird adalah penggunaan pakan yang tepat. Untuk lovebird paud dan bakalan dewasa, bisa diberikan pakan berupa MILET US yang dicampur milet putih dengan perbandingan 1:1.
  • Sedangkan untuk pakan tambahannya cukup diberikan jagung manis saja setiap harinya.
  • Air minum wajib diganti setiap harinya, dan jika air sudah terlihat kotor.
  • Setiap hari, lovebird diablak atau tidak diberikan kerodong baik pada pagi, siang, sore, dan malam harinya.
  • Tiga kali seminggu, lovebird tersebut dipisahkan dari untulannya selama 2-3 jam. Hal ini untuk melatih durasi dan menjadikan suaranya makin kencang dan gacor.
  • Seminggu sekali, lovebird dilatih dalam kandang umbaran selama kurang lebih 30 menit.
  • Untuk membantu mendongkrak stamina dan daya tahan tubuhnya setiap hari, berikan lovebird tersebut dengan vitamin US. Suplemen multivitamin ini pun dapat menjadikan burung rajin bunyi dan cepat gacor.
BACA JUGA  Lovebird cinderella tetap juara padahal bertelur

Demikian tips settingan alternatif jebol birahi lovebird paud dan bakalan. Untuk mendapatkan milet US dan vitamin US, silakan lakukan pemesanan melalui WA admin di nomor: 085643020278, atau mengunjungi market place seperti TokopediaBukalapak, maupun di Shopee.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here