settingan lomba lovebird over birahi

Penanganan lovebird over birahi (OB) sesuai jenis dan warna bulu

Lovebird yang sedang mengalami over birahi atau OB akan memiliki perilaku yang lain dari biasanya. Burung yang tadinya rajin ngekek akan cenderung jadi jarang bunyi dan berubah perilakunya. Jika tidak segera ditangani, tentu akan menurunkan penampilannya khususnya jika lovebird tersebut adalah burung lomba.

Untuk mengatasi lovebird yang over birahi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari mengurangi pakan tambahan hingga memandikannya secara rutin. Namun begitu, penanganan burung yang ob tersebut ternyata bisa juga disesuaikan dengan jenis dan warna bulunya.

Berdasarka pengalaman para lovebird mania di Nusantara, penanganan lovebird over birahi yang disesuaikan dengan jenis dan warna bulunya antara lain adalah:

1. Untuk jenis lovebird paruh merah 

Penanganan lovebird over birahi (OB) untuk jenis yang berparuh merah seperti warna hijau, dll bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Burung setiap malam diberikan full kerodong.
  • Pengembunan dilakukan dengan kondisi sangkar diberikan kerodong tipis.
  • Pengumbaran di kandang umbaran bisa dilakukan setiap 1-2 hari sekali selama 60 s/d 120 menit.
  • Jika kondisi burung tidak ciak bulu, maka burung bisa dimandikan dengan cara semprot sedangkan jika sedang ciak bulu bisa diberikan cepuk air minum yang berukuran besar untuk burung mandi sendiri.
  • Sediakan bahan untuk digigit, misalnya potongan kayu manis, kayu putih, atau tebu.
  • Untuk membantu mengurangi obnya, lovebird bisa diumbar dengan sistem koloni atau diumbar bersama lovebird lain.
  • Untuk mempercepat pemulihannya, terapi mandi malam bisa diberikan setiap 3 hari sekali.
Baca:   Tips untuk burung kacer yang menurun performanya di lapangan

2. Untuk jenis lovebird paruh putih 

  • Burung dipisahkan dari keberadaan lovebird lainnya / disendirikan.
  • Lakukan pengumbaran secara rutin setiap pagi pada saat burung akan dijemur.
  • Berikan mainan terapi berupa gigitan yang terbuat dari bahan kayu manis, kayu putih atau tebu.
  • Mandikan burung setiap pagi dan sore setiap 2-3 hari sekali.
  • Untuk mempercepat pemulihan bisa diberikan terapi mandi malam 3 hari sekali.

3. Untuk lovebird jenis pastel, lutino, dan sebagainya 

  • Setiap malam burung tidak diberikan kerodong.
  • Untuk memulihkan over birahinya bisa dilakukan metode koloni yaitu menyatukan beberapa burung sejenis dalam satu sangkar.
  • Memberikan terapi mainan berupa gigitan kayu manis, kayu putih, atau tebu.
  • Memandikan burung secara rutin setiap hari.
  • Memberikan terapi mandi malam setiap 3 hari sekali.
Baca:   Tips dan cara menjinakkan lovebird

Untuk mendukung proses pemulihan lovebird yang sedang over birahi, maka pengaturan pakan harus mulai diterapkan. Pemberian pakan yang tepat dapat membantu mengurangi kondisi birahinya sampai menjadi lebih stabil.

Pakan yang sesuai untuk mengatasi lovebird over birahi adalah milet level 1 (satu) yang diracik dengan settingan rendah untuk burung yang mudah mengalami over birahi. Pemberian milet level 1 ini sebaiknya rutin dilakukan baik dalam perawatan harian maupun lomba.

Milet level 1 bisa dipesan melalui whatsapp di nomor: 087738873034, atau melakukan pembelain di Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee.

Semoga bermanfaat

Related Articles

ciri lovebird konslet dan fighter

Inilah ciri-ciri lovebird fighter dan konslet

Banyak lovebird mania yang menyebut burung rawatannya sebagai lovebird konslet dan fighter, tapi tidak sedikit juga yang belum mengetahui bagaimana mengenali ciri-ciri lovebird dengan kriteria tersebut. Ragam solusi atasi lovebird bertingkah nakal di gantanganMenyetel lovebird yang kurang birahi untuk lombaPenyebab dan cara mengatasi lovebird ngetikMengatasi lovebird bunyi sambil buka sayapTerapi mandi dan sayuran agar lovebird […]
Read more

Ragam settingan ciblek ngebren ngunci

Suara ngebren tanpa jeda kerap dianggap sebagai salah satu faktor yang mendukung penampilan ciblek di lapangan. Namun untuk menjadikan ciblek ngebren ngunci di gantangan tentu bukan hal yang mudah. Banyak faktor yang mempengaruhinya mulai dari kesiapan mental dan karakter vokalnya. Berikut settingan ciblek ngebren ngunci untuk masteran dan lomba. Cara merawat ciblek gunung yang macet […]
Read more
Burung murai batu muda hutan (MH)

Solusi atasi murai batu yang kehilangan nafsu makan

Burung murai batu yang kehilangan nafsu makan umumnya terjadi karena adanya gangguan atau masalah pada organ pencernaannya. Jika dibiarkan tanpa penanganan, tentu bisa berakibat sangat fatal. Selain tubuhnya akan jadi kurus, kesehatannya pun akan terus menurun dan bisa menyebabkan kematian. Untuk cara perawatannya, simak solusi atasi murai batu yang kehilangan nafsu makan. Perawatan murai batu […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?