telur gagal menetas

Inilah beberapa penyebab telur lovebird gagal menetas

Mengembangbiakkan burung lovebird menjadi hobi baru para penggemarnya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang tertarik mengawinsilangkan lovebird rawatannya demi mendapatkan warna bulu yang unik dan cantik. Tapi terkadang, praktik di lapangan banyak peternak yang mengeluh lantaran telur yang dihasilkan indukan gagal menetas.

Telur yang gagal menetas umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, namun yang faktor yang paling sering dijumpai dalam penangkaran lovebird adalah telur yang kosong / infertil. Kondisi ini disebabkan oleh telur yang sebelumnya dihasilkan indukan betina tidak dibuahi oleh burung jantan.

Indukan lovebird yang tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup selama ditangkarkan, akan menghasilkan telur yang rentan alami malnutrisi. Embrio tidak akan sanggup bertahan hidup atau bahkan cacat karena kekurangan cairan nutrisi yang dibutuhkannya untuk berkembang.

Adapun penyebab telur lovebird gagal menetas lainnya adalah:

Indukan merasa terganggu 

Ulah peternak yang terlalu sering membuka-tutup glodok atau kotak sarang bisa memicu indukan akan mengabaikan telur yang sedang dieraminya sehingga telur akan gagal menetas.

Telur yang terinfeksi bakteri 

Telur yang retak sangat rentan terinfeksi bakteri maupun parasit yang masuk melalui celah-celah retakan. Infeksi bakteri juga bisa terjadi jika telur selalu dipegang dengan tangan yang kotor, misalnya ketika peternak akan memeriksa telur.

Baca:   Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Telur rusak karena guncangan 

Telur yang selalu terguncang atau terkena getaran dapat menyebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian pada embrio / anakan di dalamnya.

Malposisi atau posisi piyikan yang berubah

Telur akan gagal menetas jika piyikan berada dalam posisi yang salah, misalnya kepala atau kaki yang tersangkut sayap maupun bagian tubuh lain yang menyebabkannya sulit untuk keluar dari permukaan telur.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab telur lovebird gagal menetas. Untuk mencegah telur rusak dan gagal menetas, maka penanganan yang tepat bisa dilakukan sebelum memulai proses ternak lovebird, yaitu:

Menjaga keamanan dan kenyamanan indukan

Letak kandang ternak sebisa mungkin harus berada di lokasi yang aman dan jauh dari gangguan, baik manusia maupun hewan lainnya. Kondisi yang tenang tersebut akan membuat indukan lebih nyaman sehingga proses ternak bisa berlangsung tanpa hambatan.

Memperhatikan kebutuhan nutrisi indukan

Kebutuhan nutrisi indukan selama ditangkarkan harus menjadi perhatian utama para peternak. Indukan akan membutuhkan cukup nutrisi yang dibutuhkannya untuk bertelur, mengeram, dan merawat anak-anaknya setelah menetas.

Baca:   Tips dan settingan burung kacer mabung

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi indukan, peternak bisa menyediakan pakan yang sesuai seperti milet Cinderella. Pakan milet racikan ini memiliki beragam manfaat jika rutin dikonsumsi burung yang salah satunya adalah menjaga kondisi indukan selama berkembang biak.

Selain pakan, kebutuhan nutrisi juga bisa dipenuhi melalui pemberian multivitamin yang tepat, misalnya vitamin US yang diracik secara khusus untuk burung lovebird. Selain membuat indukan tetap sehat, vitamin ini juga bisa membantu meningkatkan stamina dan daya tahan indukan yang dibutuhkannya untuk proses pengeraman telur-telurnya.

  • Multivitamin US dan milet Cinderella kini bisa didapatkan melalui toko jual beli online seperti Tokopedia, Bukalapak, atau di Shopee. Bisa juga dipesan langsung via whatsapp di nomor: 087738873034.

Semoga bermanfaat

Related Articles

suara pancingan lovebird ngekek panjang

Suara pancingan untuk melatih lovebird ngekek panjang

Supaya lovebird mau bersuara ngekek panjang, bisa dilatih dengan menggunakan suara masteran yang sesuai. Namun tak jarang, tahap pemasteran ini cukup sulit dilakukan pada burung yang masih paud maupun dewasa yang cenderung malu-malu untuk berbunyi. Solusinya, Anda bisa memanfaatkan suara pancingan ngekek berikut ini untuk melatih lovebird ngekek panjang. Variasi suara walang kecek agar lovebird […]
Read more
cara melatih mental kenari lomba

Cara mengatasi kenari tak mau bunyi saat dilombakan

Banyak kenari mania yang mengeluhkan burung rawatannya tak mau bunyi saat dilombakan, tapi justru rajin bunyi saat masih berada di rumah. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang tidak memiliki mental yang baik sehingga mudah alami “demam panggung” saat digantang. Untuk mengatasinya, simak tips melatih mental kenari agar mau bunyi saat dilombakan. Solusi kenari sering […]
Read more

Cara mengatasi burung yang macet mabung

Mabung atau molting adalah sebuah proses penggantian bulu yang terjadi secara alami. Bagi sebagian besar burung peliharaan, masa mabung harus dilalui dengan perawatan yang tepat. Jika tidak, proses mabung akan terganggu dan burung pun bisa alami macet mabung. Untuk panduan, berikut cara mengatasi burung yang macet mabung. Jangan lakukan hal ini saat burung sedang mabung!Tips […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?