lovebird ngetik di lomba

Cara mengatasi lovebird gagal ngekek di gantangan

Banyak keluhan yang muncul ketika lovebird enggan mengeluarkan suara ngekeknya saat dilombakan. Selama di gantangan, burung jadi jarang ngekek, tetapi hanya ngetik dan mompa-mompa saja. Mengapa bisa begitu? Simak beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik di gantangan.

Sudah menjadi pemandangan yang umum ketika melihat ada lovebird yang ngetik saja pada waktu dilombakan. Hal ini biasanya disebabkan oleh umur burung yang masih muda, atau karena kurangnya perawatan dari pemiliknya.

Tidak mudah mengatasi lovebird ngetik di lomba, apalagi banyak faktor yang bisa menjadi penyebab burung berperilaku demikian. Sebelum memberikan penanganan lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu apa saja penyebab lovebird ngetik di gantangan berikut ini:

Secara umum, berikut beberapa penyebab lovebird ngetik di gantangan:

  1. Akibat kurang stamina karena sakit atau tidak fit.
    Burung yang jarang mendapatkan tambahan multivitamin maupun extra fooding.
    Pengaruh lingkungan yang buruk, seperti terlalu sering terpapar asap dan sebagainya.
  2. Burung yang sedang memasuki masa mabung.
  3. Stres karena gangguan hewan lain.
  4. Burung yang kurang fighter.
  5. Lovebird yang kalah mental saat dilombakan.
  6. Burung yang memang tidak prospek untuk lomba / bawaan karakter.

Setelah mengetahui kondisi apa yang menjadi penyebabnya, berikut ini cara mengatasi lovebird ngetik di gantangan:

Rutin memberikan pakan yang tinggi nutrisi 

Jika selama ini burung hanya menerima asupan pakan berupa milet putih saja, maka untuk mencegah lovebird ngetik dan mompa-mompa saja di lapangan, Anda bisa menambahkan milet US original dengan milet putih yang biasa dikonsumsinya. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi burung akan bisa terpenuhi, dan lovebird pun akan menjadi semakin rajin bunyi dan gacor. Milet US bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Baca:   Cara mengumbar lovebird agar cepat ngekek panjang

Menambahkan vitamin

Kebutuhan nutrisi burung lovebird tidak hanya bisa didapatkan dari asupan pakan utama dan tambahannya saja, tetapi bisa juga diperoleh melalui asupan multivitamin tambahan yang tepat. Dalam hal ini, Vitamin US adalah vitamin yang diolah secara khusus untuk menjaga kondisi dan stamina burung lovebird. Vitamin US bisa Anda dapatkan di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Meningkatkan pemberian extra fooding

Meningkatkan pemberian pakan tambahan atau extra fooding bisa membantu memaksimalkan penampilan lovebird di gantangan. Pakan EF yang bisa diberikan antara lain adalah: kangkung dan jagung manis. Untuk itu, Anda bisa mengamati makanan yang disukainya, lalu mulai rutin memberikannya setiap hari.

Mengatur ulang settingan 

Kondisi birahi juga bisa mempengaruhi perilaku lovebird saat dilombakan. Burung yang kurang birahi tentu akan tampil dengan tidak maksimal, namun jika terlalu birahi maka penampilannya pun akan berubah jadi nakal. Oleh karena itu, pengaturan settingan diperlukan untuk memulihkan kondisnya. Pengaturan birahi bisa juga disesuaikan dengan penggunaan pakan yang tepat, seperti milet level 2 yang sudah diolah dengan settingan tinggi untuk mengatasi burung yang kurang fighter, atau milet level 1 untuk burung yang terlalu birahi.

Mengurangi durasi penjemuran 

Mengurangi durasi penjemuran bisa dilakukan untuk meminimalisir perilaku ngetik di lapangan. Namun begitu, waktu penjemuran harus tetap rutin dilakukan setiap harinya, akan tetapi dengan lama penjemuran yang dikurangi durasinya.

Secara teratur melatih mentalnya 

Baca:   Tips agar burung murai air aktif dan rajin bunyi

Melatih mental lovebird bisa lebih teratur dilakukan, terutama untuk mencegah burung ngetik di gantangan. Melatih mental lovebird bisa dilakukan dengan cara menempelkannya dengan lovebird lain dalam sebuah latihan kecil-kecilan, atau bisa juga dilatih di lapangan setiap beberapa minggu sekali.

Pemasteran 

Lovebird yang cenderung ngetik di lapangan bisa juga disebabkan oleh kondisi burung yang jarang dilatih masteran / dimaster dengan suara isian. Untuk itu, gunakan suara masteran yang cocok dengan karakter lovebird. Pemasteran bisa lebih rutin dilakukan dengan cara memutarkan suara rekaman dari audio mp3 atau didekatkan dengan burung masterannya. Beberapa jenis suara masteran yang sesuai antara lain: Lovebird yang sudah rajin ngekek, kenari gacor, tengkek udang, dll.

Memberikan pasangan / untulan 

Selain kebosanan, birahi yang tidak tersalurkan juga bisa menjadi pemicu lovebird ngetik dan mompa-mompa saja di gantangan. Untuk mencegah perilaku tersebut, Anda bisa memberikannya pasangan atau untulan. Nah, untuk cara memasangkan lovebird dengan untulan bisa disimak lagi di sini.

Demikian  ulasang tentang penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik di gantangan. Untuk mendapatkan milet US dan vitamin US, Anda bisa mengunjungi market place seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Sedangkan untuk pemesanan langsung melalui handphone bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan Whatsapp ke nomor: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Membedakan Lovebird jantan dengan betina

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina  memang tidak terlalu menyolok. Berikut tips ampuh membedakan keduanya untuk  mempermudah para breeder karena Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang serupa kadang peternak pemula keliru dalam membedakan lovebird jantan dan betina, langsung saja akan kita ulas beda  lovebird jantan dan betina dan apa yang membedakan keduanya. Karena banyaknya jenis Lovebird […]
Read more
setting lovebird betina ngunci konslet koloni

Lima cara mengunci durasi lovebird betina

Mengunci durasi lovebird umum dilakukan untuk mencegah birahi burung naik-turun di gantangan, yang tentunya dapat menurunkan penampilannya. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk tujuan tersebut. Berikut lima cara mengunci durasi lovebird betina dewasa. Tips sukses ternak lovebirdCara memaster lovebird agar rajin ngekekCara alternatif tambah durasi ngekek tanpa umbaranLima metode atasi over birahi (OB) pada […]
Read more

Settingan lovebird paruh putih gacor dan fighter

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, lovebird paruh putih kini cukup popular dan banyak diikut-sertakan dalam lomba burung di berbagai daerah. Ketika mendapatkan settingan yang sesuai, lovebird paruh putih akan memiliki performa yang jauh lebih baik sehingga bisa tampil dengan lebih maksimal di gantangannya. Berikut settingan lovebird paruh putih gacor dan fighter. Cara setting lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?