lomba lovebird

10 Rahasia lovebird tetap aktif dan gacor

Selain faktor genetik atau indukan, kemampuan lovebird juga sangat dipengaruhi oleh pola perawatan harian yang tepat dan teratur. Jika dilakukan secara rutin, maka lovebird akan menjadi burung yang aktif dan gacor.

Rahasia lovebird tetap aktif dan gacor adalah melakukan perawatan yang teratur. Dengan demikian, performa burung pun akan selalu terjaga, sehingga lovebird akan selalu berada dalam kondisi yang siap, baik untuk dijadikan masteran maupun untuk dilombakan.

Ada beberapa kategori perawatan yang bisa diterapkan, yang semuanya sangat berhubungan erat dengan penampilan lovebird setiap hari maupun saat akan dilombakan. Berikut 10 sepuluh) rahasia rawatan agar lovebird tetap aktif dan gacor.

1. Pengembunan 

Pengembunan yang dilakukan secara rutin, dapat membantu memaksimalkan penampilan burung baik di rumah maupun di lapangan. Pengembunan memiliki beberapa manfaat, yang antara lain adalah untuk meredakan stres, menyegarkan otot dan pernafasan, serta menjadikan burung terpancing untuk bersuara dengan lebih kencang. Metode pengembunan bisa dilakukan sesuai karakter lovebird, misalnya bisa diablak atau diberikan full kerodong dengan kain tebal maupun tipis.

2. Memandikan lovebird 

Ada dua cara memandikan lovebird, yaitu disemprot menggunakan hand sprayer atau memberikan cepuk besar untuk tempat mandinya. Untuk menjaga kesegaran dan agar lovebird tetap aktif, maka pemberian mandi sebaiknya dilakukan setiap pagi hari, yaitu setelah burung diembunkan.

3. Burung diangin-anginkan setelah dimandikan 

Setelah dimandikan, lovebird sebaiknya tidak langsung dijemur di bawah sinar matahari karena bisa merusak bulu-bulunya yang masih basah. Selesai mandi, burung diangin-anginkan selama 3 s/d 5 menit di tempat teduh dan berangin sampai bulu kering. Setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari.

4. Menjemur lovebird sesuai karakter

Durasi penjemuran bisa dilakukan sesuai karakter, karena ada burung yang suka dijemur berlama-lama tapi ada juga yang tahan lama ketika dijemur. Namun begitu, penjemuran yang baik biasanya berlangsung selama 1 s/d 2 jam, dan tidak melebihi pukul 10:00 siang, karena cahaya matahari yang terik bisa membuat burung alami dehidrasi dan stres.

5. Setelah dijemur, burung kembali diangin-anginkan 

Setelah berada di tempat panas, waktunya untuk burung beradaptasi dengan lingkungan yang teduh. Lovebird diangin-anginkan sebentar, sebelum digantang di posisi biasa, misalnya di teras rumah atau di dalam ruangan. Pada kondisi ini, ada burung yang langsung diberikan full kerodong atau hanya diablak saja sampai sore hari.

6. Terapi mandi kering 

Terapi mandi-kering bisa dilakukan jika ingin lovebird bertambah rajin bunyi. Terapi mandi ini dilakukan setelah burung selesai dijemur. Pada tahap ini, lovebird kembali dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup, setelah itu kembali dijemur selama kurang lebih 30 s/d 60 menit. Setelah itu, kembali diangin-anginkan di tempat teduh sebelum dipindahkan ke dalam ruangan atau teras rumah.

7. Pemberian pakan yang tepat 

Rahasia lovebird tetap aktif dan gacor tidak bisa dilepaskan dari pemberian pakannya sehari-hari, khususnya pakan biji-bijiannya.

  • Untuk lovebird yang masih berumur balibu atau paud, disarankan untuk menggunakan milet Volume sebagai pakan utamanya. Milet Volume merupakan pakan biji-bijian yang telah diracik menggunakan bahan-bahan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan kondisinya.  Lovebird paud yang rutin mengkonsumsi milet volume akan menjadi burung yang aktif, rajin ngekek dengan suara kencang, serta memiliki mental fighter yang lebih baik.
  • Sedangkan untuk lovebird dewasa, bisa diberikan pakan berupa milet putih dengan campuran Milet US. Pakan biji-bijian milet US sangat bermanfaat antara lain untuk menjebol birahi dan menjadikan lovebird makin gacor. Selain itu, milet US memiliki manfaat mendongkrak staminanya sepanjang hari.
  • Selain biji-bijian sebagai pakan utamanya, agar lovebird tetap aktif dan gacor maka setiap harinya harus mendapatkan asupan pakan tambahan yang berasal dari sayuran, seperti jagung manis.

8. Pemasteran 

Pemasteran memiliki manfaat antara lain menjadikan lovebird memiliki suara dengan suara isian sesuai yang diinginkan pemiliknya. Untuk menjadikan lovebird bersuara ngekek panjang, maka pemasteran umumnya dilakukan dengan suara-suara yang tepat seperti suara kenari, cililin, tengkek, dsb. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pemasteran sebaiknya dilakukan setiap hari dan dengan waktu yang teratur.

9. Pemberian vitamin 

Untuk menjaga daya tahan lovebird setiap hari, maka pemberian vitamin tambahan sangat dianjurkan sebagai pelengkap pakan utama dan tambahannya. Ada beberapa merk vitamin yang beredar di pasaran, namun untuk lovebird, Anda bisa menggunakan vitamin US yang diracik khusus untuk burung tersebut.

Baca:   Vitamin US Original

Selain untuk mendongkrak stamina dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari, vitamin US juga akan menjadikan burung tetap aktif dan rajin bunyi.

10. Menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya 

Perawatan penting lain yang juga berhubungan dengan kondisi burung sehari-hari adalah kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapan di dalamnya menjadi perawatan penting yang wajib dilakukan setiap harinya, baik sebagai burung rumahan maupun saat akan dilombakan.

Penampilan burung sangat tergantung pada kebersihan sangkar. Jika sangkar kurang terjaga kebersihannya, maka lovebird akan sangat rentan terinfeksi bakteri dan sakit.

Itulah 10 Rahasia lovebird tetap aktif dan gacor.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Video dan audio pancingan lovebird ngekek panjang

Melatih agar lovebird rajin ngekek dapat dilakukan dengan memutarkan audio masteran yang sesuai. Nah, audio dan video berikut ini dapat dimanfaatkan sebagai suara pancingan maupun untuk masteran lovebird kesayangan Anda.
Read more
Burung murai batu muda hutan (MH)

Tips melatih mental murai batu mh

Banyak murai batu mh dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Walaupun perawatannya membutuhkan lebih banyak perhatian, namun banyak kicaumania yang tertarik untuk memeliharanya. Untuk menjadikan murai batu mh rajin berkicau, maka kita perlu melatih mentalnya terlebih dulu. Dengan demikian, burung akan memiliki keberanian untuk mengeluarkan suaranya yang lantang, kapan dan di mana saja.
Read more
milet racikan jadikan lovebird juara

Cara seting lovebird sebelum lomba

Menyeting lovebird sebelum dilombakan menjadi satu hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan penampilannya saat bertanding. Rawatan yang diterapkan umumnya adalah menjaga kondisi birahinya agar tetap stabil, sehingga burung selalu siap berlomba. Sebagai panduan, berikut cara seting lovebird sebelum lomba.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by