merawat lovebird umur 1-3 bulan

Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lomba

Untuk menjadikan lovebird balibu atau berumur di bawah lima bulan mempunyai suara ngekek dengan durasi yang panjang, maka perawatan dan pelatihan rutin harus mulai dilakukan sejak burung tersebut masih berumur 1 – 3 bulan. Dengan demikian, pada bulan-bulan berikutnya, mereka akan berada dalam kondisi yang siap lomba

Memelihara burung yang masih berumur sangat muda, seperti lovebird balibu atau paud tentu membutuhkan perawatan yang penuh perhatian. Apalagi jika ingin burung tersebut berkemampuan mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang.

Ada beberapa pola perawatan yang bisa diterapkan untuk melatih lovebird umur 1-3 bulan rajin ngekek, yaitu:

  1. Lovebird mulai lebih rutin diembunkan yang dimulai 30 menit sebelum matahari terbit.
  2. Setelah matahari mulai bersinar, burung dimandikan dengan cara disemprot hingga basah, setelah itu dijemur dengan posisi sangkar diletakkan di tanah atau digantang dalam posisi lebih rendah dari biasanya. Akan lebih bagus jika penjemuran dilakukan di tempat yang ramai dengan aktvitis manusia, hal ini bertujuan untuk melatih mentalnya agar terbiasa dengan suasana yang ramai.
  3. Penjemuran cukup dilakukan selama 30 s/d 60 menit saja, atau disesuaikan kebutuhan, apalagi karena burung yang masih berumur di bawah 3 bulan masih cukup lemah jika dijemur berlama-lama di bawah sinar matahari.
  4. Setelah dijemur, burung diangin-anginkan di teras rumah maupun di tempat teduh lainnya.
  5. Ketika diangin-anginkan itulah, burung dimaster dengan suara yang diinginkan. Untuk melatih suara ngekeknya, maka pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan suara masteran kenari, ngekek lovebird, tengkek buto, dan walang kecek, yang diputarkan secara bergantian .
  6. Pemasteran rutin dilakukan setiap hari, dengan waktu masteran berlangsung selama 30 s/d 60 menit. Agar hasilnya lebih efektif, pemasteran bisa dilakukan setiap beberapa jam sekali.
  7. Sore menjelang malam, lovebird mulai diberikan pengerodongan sampai pagi hari, yaitu setelah burung dikeluarkan untuk diembunkan.
Baca:   Penyebab lovebird paruh nggajah

Tips lovebird umur 1-3 bulan agar ngekek panjang

Pada perawatan lovebird umur 1-3 bulan harus lebih memperhatikan asupan pakan hariannya. Untuk menjadikan lovebird  lebih aktif dan rajin mengeluarkan suara ngekeknya, maka berikan pakan biji-bijian yang baik kualitasnya seperti Milet Volume+.

Milet Volume+ adalah milet yang diracik khusus untuk lovebird paud atau balibu. Pakan ini memiliki manfaat tidak hanya menjadikan lovebird tetap aktif dan rajin bunyi saja, tetapi juga mampu memaksimalkan volume dan durasi ngekeknya jadi lebih panjang.

Selain itu, milet volume juga sangat bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung setiap hari.
  • Menjaga kondisi sehingga lovebird tidak gampang lemas dan sakit.
  • Menjadikan burung selalu aktif dan rajin berbunyi.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Menambah durasi ngekek.
  • Mengencangkan suara lovebird.
  • Meningkatkan mental lovebird.
  • Menjadikan lovebird lebih fighter.
Baca:   Cara memilih lovebird paud di kandang ombyokan

Untuk memancing lovebird lebih rajin mengeluarkan suara ngekeknya, maka pemberian milet volume dilakukan setiap hari dengan disertai pakan tambahan berupa potongan jagung muda.

Milet Volume+ kini bisa didapatkan melalui  Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga melakukan pemesaanan via whatsapp di nomor:  087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips menjinakan dan melatih burung parkit

Parkit adalah termasuk dalam keluarga burung paruh bengkok dan seperti kita ketahui bahwa burung yang masuk dalam jenis ini adalah burung yang pintar dan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru ataupun manusia, sehingga banyak yang memelihara burung ini untuk dijadikan teman bermain atau sekedar mengkoleksi karena warna dan tingkahnya yang lucu. Karena kepintarannya burung ini […]
Read more
lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. Cara menambah durasi lovebirdIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunPenyebab […]
Read more
Settingan ngunci lovebird paud untulan

Settingan ngunci lovebird paud untulan

74 / 100 Ada banyak cara menyetting lovebird paud agar mampu tampil maksimal di lapangan, salah satunya adalah dengan sistem untulan. Namun sering terjadi lovebird bermain tidak stabil saat digantang, bahkan terkesan mengabaikan untulannya. Untuk itu, dibutuhkan settingan yang tepat untuk mengunci lovebird paud dengan untulannya agar bisa bekerja maksimal saat dilombakan. Cara memilih lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?