settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Lovebird paruh putih dikenal sebagai salah satu jenis lovebird yang cukup susah dicari settingannya, terutama agar bisa bermain stabil selama dilombakan. Namun demikian, lovebird ini juga sangat popular di kalangan pemain lb, karena kalau sudah ketemu settingannya, mereka bisa tampil dengan penuh maksimal.

Untuk mencari settingan lovebird paruh putih yang tepat, bisa dilakukan sejak burung tersebut masih berumur muda atau paud. Adapun teknik yang lazim dipakai para pemain adalah menggunakan metode untulan. Nah, berikut tips settingan lovebird paud paruh putih dengan metode untulan.

Ada beberapa tahap mencari settingan lovebird paud putih dengan sistem untulan, yaitu:

A. Mencari pasangan  

Pemilihan pasangan / untulan untuk lovebird paud paruh putih bisa dilakukan sesuai kecocokannya. Pada umumnya, lovebird parput sangat menyukai lovebird lain yang memiliki warna palamas, ijo pala merah, pastel kuning (paskun), dan cobal. Anda bisa memilihkan salah satu jenis lovebird tersebut untuk mencari kecocokannya masing-masing.

[irp posts=”1205″ name=”Tips dan cara memilih untulan lovebird”]

Alternatifnya, bisa dilakukan dengan memasukkan beberapa lovebird tersebut dalam satu kandang, dan membiarkan lovebird paruh putih memilih calon pasangan yang sangat disukainya.

Untuk lovebird yang akan dijadikan untulan sebaiknya mempunyai umur yang tidak terlalu tua. Setelah didapatkan pasangan yang tepat, segera pisahkan lalu masukkan kedua burung dalam satu sangkar untuk memulai tahap settingan berikutnya.

B. Settingan harian 

Perawatan harian dilakukan dengan kondisi kedua burung selalu ditempatkan dalam satu sangkar yang sama. Aktivitas harian rutin lainnya pun dilakukan secara bersamaan seperti mandi dan jemur.

Untuk mandi, lovebird paud paruh putih dan untulan dimandikan dengan cara disemprot sprayer atau memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya sehingga kedua burung akan saling bergantian menggunakan bak mandinya tersebut  Sedangkan untuk penjemuran dilakukan dengan durasi yang disesuaikan kebutuhan atau sesuai setelan yang biasa dilakukan pada lovebird paud tersebut.

Kunci utama perawatan harian lovebird paud paruh puth dan untulannya adalah memberikan pakan biji-bijian yang berkualitas tinggi. Berikan pakan kemasan yang sudah terkenal kualitas dan manfaatnya, seperti Milet Volume+, yang sudah diracik secara khusus untuk memenuhi kebutuhan burung lomba.

Lovebird paud paruh putih dan pasangannya yang rutin diberikan pakan milet Volume akan menjadi lebih aktif, lebih ngotot, dan rajin ngekek panjang selama dilombakan. Untuk mendongkrak stamina dan penampilannya, bisa disertai dengan pemberian air minum yang sudah ditetesi dengan mulvitamin Sup Plus Bird.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang lain, lovebird paud paruh putih dan untulan diberikan pakan tambahan (EF) berupa sepotong jagung manis yang diberikan setiap hari.

C. Settingan lomba 

Settingan lomba bisa dilakukan sejak tiga hari sebelum lovebird paud paruh putih tersebut dibawa ke lapangan.

  • Tiga s/d satu hari sebelum lomba, lovebird rutin diembunkan setelah itu langsung dimandikan dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer.
  • Selesai mandi, burung jangan langsung dijemur, tetapi diangin-anginkan dulu di tempat sejuk yang berangin sambil diberikan ef berupa jagung manis.
  • Setelah itu, jemur dengan durasi seperlunya saja atau cukup mengeringkan bulu-bulunya saja.
  • Pagi hari pada hari-H lomba, pengembunan rutin seperti biasa. Setelah itu, burung diangin-anginkan sambil diberikan EF berupa jagung manis.
  • Selesai makan, burung untulan dipisahkan ke dalam sangkar yang lebih kecil, sedangkan lovebird paud paruh putih yang dijadikan gaco mendapatkan full kerodong sebelum dibawa ke arena lomba.
  • Sesampainya di lapangan, kondisikan dahulu agar burung bisa beradaptasi dengan suasana dan lingkungan lomba.
  • Setelah burung tengan, baru kembali disatukan dengan lovebird untulannya sambil diberikan pakan milet Volume+.
  • Sebelum digantang, kedua burung dipanaskan atau dijemur dahulu sebentar untuk menaikkan birahi atau sampai keduanya mau berbunyi. Setelah mau bunyi, segera pindahkan sangkarnya ke lokasi lain yang lebih teduh.
  • Satu sesi sebelum naik gantangan, lovebird paud paruh putih dipisahkan dengan untulannya.
  • Segera cabut cepuk pakan dan minum, dan jangan lupa bersihkan juga sangkar dari kotoran maupun sisa-sisa pakan yang berserakan di dasar sangkarnya.

Demikian tips dan settingan lovebird paud paruh putih dengan sistem untulan. Untuk mendapatkan milet Volume+ dan Suplemen Sup Plus Bird bisa dilihat caranya dalam artikel berikut ini:

Milet Volume+

Sup Plus Bird, Suplemen khusus burung kicauan

Semoga bermanfaat

Related Articles

Apa Penyebab Lovebird Tidak Bisa Bertelur? Ini Solusinya!

Lovebird tidak bisa bertelur – Lovebird tidak bisa bertelur adalah masalah klasik bagi pemula yang baru saja breeding lovebird. Lovebird terlihat kawin namun setelah kita menunggu sekitar 10 hari lamanya sang betina tak kunjung bertelur. Lovebird Nusantara tidak bisa memprediksi semuanya namun kami akan menyimpulkan dari berbagai informasi dan pengalaman yang ada. Hal yang sering ditanyakan […]
Read more
agar pleci bongkar isian

Cara agar pleci cepat bongkar isian

Pleci dengan karakter suara ngerol lebih disukai karena cenderung bersuara isian yang bervariasi. Akan tetapi, bukanlah hal yang mudah menjadikan pleci mau mengeluarkan suara isiannya, terlebih lagi saat dilombakan. Sebagai panduan, simak cara agar pleci cepat bongkar isian berikut ini.
Read more

Membedakan Lovebird jantan dengan betina

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina  memang tidak terlalu menyolok. Berikut tips ampuh membedakan keduanya untuk  mempermudah para breeder karena Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang serupa kadang peternak pemula keliru dalam membedakan lovebird jantan dan betina, langsung saja akan kita ulas beda  lovebird jantan dan betina dan apa yang membedakan keduanya. Karena banyaknya jenis Lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by