Setelah bertelur, penampilan lovebird betina biasanya akan menurun. Durasi ngekek yang sebelumnya panjang pun akan cenderung pendek, dan burung pun kebanyakan hanya ngetik-ngetik saja. Untuk itu, simak tips mengembalikan durasi ngekek lovebird betina setelah bertelur berikut ini.

Menurunnya kualitas suara lovebird betina kerap terjadi setelah burung tersebut bertelur. Umumnya, hal ini dipengaruhi oleh kondisi burung itu sendiri, misalnya karena nyilet atau bahkan ngelemak. Untuk burung yang biasa dilombakan, tentu bisa mempengaruhi penampilannya ketika dilombakan.

Informasi terkait:

Untuk memulihkan penampilannya paska bertelur, maka beberapa pola perawatan berikut ini bisa diterapkan, khususnya untuk mengembalikan durasinya.

Tips perawatan berikut bisa diterapkan pada lovebird yang menggunakan settingan single fighter.

  • Pengembunan mulai lebih rutin dilakukan, yang dimulai sejak satu jam sebelum matahari terbit.
  • Setelah matahari terbit, segera mandikan burung hingga basah kuyup dengan menggunakan semprotan atau hand sprayer.
  • Selesai dimandikan, burung tidak perlu dijemur tetapi cukup diangin-anginkan sampai bulu setengah mengering. Setelah itu, berikan full kerodong lalu gantungkan sangkarnya di tempat teduh dan sedikit berangin.
  • Pakan yang diberikan adalah milet kemasan merek Milet Manyi yang bermanfaat untuk memulihkan kondisi burung yang sedang ngedrop, dan untuk mengembalikan durasi ngekeknya.
  • Berikan air minum yang bersih dan segar. Ada juga yang memberikan minuman racikan untuk memulihkan kondisi burung kesayangannya, misalnya dengan memanfaatkan 5 helai daun kopasanda dan satu potong kecil kunyit. Cara pembuatannya
  • Berikan air minum yang masih bersih dan segar. Bahkan ada juga lovebird mania yang memberikan racikan minuman khusus untuk mempercepat pemulihannya, misalnya dengan merebus segelas air dengan 5 helai daun kopasanda dengan potongan kecil kunyit.  Hasil rebusan kemudian disaring lalu diberikan setelah dingin setelah burung dimandikan pada pagi hari.  Sedangkan pada siang hingga sore hari, air minumnya diganti dengan air bersih. Terapi dengan air rebusan daun kopasanda ini dilakukan selama 1 minggu.
  • Untuk mendukung stamina dan burung lebih terjaga kondisinya, setiap hari lovebird tersebut harus rutin diberikan suplemen multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird yang dicampurkan ke dalam air minumnya.
BACA JUGA  Rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantangan

Penanganan setelah satu minggu

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Setelah 1 minggu masa perawatan, lovebird mulai rutin dilatih dalam kandang umbarannya.
  • Untuk menstabilkan birahinya, jauhkan lovebird tersebut dari burung jantan.
  • Selama dilatih dalam kandang umbaran, lovebird tersebut juga harus mendapatkan asupan pakan milet yang berkualitas seperti Milet Cinderella yang terkenal di kalangan lovebird mania dan sudah mengorbitkan beberapa lovebird jawara, salah satunya Lovebird Cinderella.
  • Setiap hari, burung diberikan air minum yang ditempatkan dalam cepuk besar yang nantinya akan digunakan untuk mandi sendiri.

Dengan menerapkan pola settingan di atas, penampilan lovebird betina yang turun setelah bertelur akan kembali pulih dan bisa kembali mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang.

BACA JUGA  Tips mengajari burung beo bicara

Untuk informasi pakan milet manyi, milet cinderella, dan sup plus bird, silakan hubungi kontak Whatsapp di nomor: 087738873034 , atau bisa juga dibeli langsung melalui TokopediaBukalapak, dan Shopee.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here