mengatur birahi lovebird

Mengatur birahi lovebird sebelum lomba

Lovebird yang akan dilombakan membutuhkan kondisi yang benar-benar siap agar bisa tampil maksimal saat bertanding. Untuk itulah, pola rawatan yang tepat harus mulai diterapkan sejak beberapa hari sebelum burung dilombakan. Umumnya, perawatan tersebut lebih terfokus pada pengaturan pakan dan menjaga birahinya tetap stabil.

Lovebird yang tidak cukup birahi dan dipaksakan untuk ikut lomba maka kemungkinan besar burung tersebut akan kalah mental atau ngedrop. Begitu juga jika burung terlalu birahi, maka perilakunya akan cenderung nakal, seperti ngeruji, naik turun tenggeran, hingga berdiri diam di dasar sangkarnya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika lovebird dilombakan, maka pengaturan birahinya harus lebih diperhatikan, terutama sejak beberapa hari sebelum burung akan dibawa ke lapangan.

Beberapa pengaturan birahi yang bisa diterapkan untuk menstabilkan birahi lovebird lomba, antara lain:

  • Memberikan milet sebagai pakan utama tanpa campuran biji-bijian lain yang bisa mempengaruhi birahinya. Berikan hanya milet yang berkualitas baik, karena bisa mendukung pengampilannya saat berlomba. Pakan yang banyak direkomendasikan para pemain lovebird adalah MILET CINDERELLA, yang sudah terbukti telah mencetak banyak lovebird jawara di berbagai daerah.
  • Memberikan jagung sebagai pakan tambahan atau extra fooding. Jagung manis diberika nsetiap seminggu sekali dan ketika burung dilombakan. Pemberian jagung ini juga akan lebih berkhasiat jika dikombinasikan dengan pakan milet Cinderella.
  • Memandikan burung hingga basah setiap pagi hari.
  • Penjemuran rutin setiap hari dengan disesuaikan kebutuhan. Jika burung dianggap belum cukup birahi, maka penjemuran bisa dilakukan dengan durasi yang panjang, sedangkan jika burung terlalu birahi maka penjemuran dilakukan seperlunya saja.
  • Melatih lovebird di kandang umbaran setiap seminggu sekali.
  • Namun jika lovebird tersebut teramati terlalu birahi / over birahi, maka bisa dicoba dengan mengawinkan atau memberinya pasangan. Hal ini untuk mencegah munculnya perilaku buruk seperti gesek tangkringan, dsb.
Baca:   Cara ampuh menstabilkan birahi lovebird

Milet Cinderella adalah pakan racikan khusus lovebird lomba. Selain bermanfaat menstabilkan birahi, milet ini juga memiliki beragam manfaat yang bagus untuk lovebird, yaitu: Menjadikan lovebird rajin ngekek dan gacor, Menjaga metabolisme lovebird, Membuat lovebird tetap fit dan aktif, Meningkatkan stamina, serta Menambah durasi ngekek.

Milet Cinderella bisa didapatkan melalui toko-toko online seperti di TokopediaBukalapak, dan di Shopee.. Untuk pemesanan langsung bisa melalui Whatsapp di nomor: 087738873034.

Demikian tips mengatur birahi lovebird sebelum lomba.

Semoga bermanfaat

 

Baca:   Kesalahan dalam merawat lovebird paud

Related Articles

Tips dan settingan burung kacer mabung

64 / 100 Mabung atau moulting adalah proses rontok bulu yang merupakan siklus alami pada keluarga burung (Aves). Perawatan semasa burung mabung merupakan satu hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu-bulunya. Berikut tips dan settingan burung kacer mabung. Cara merawat kacer mabung yang benarTips mengatasi kacer salto paling ampuh!!!Tips cegah kacer gemuk dan […]
Read more

Tips rawatan burung prenjak supaya cepat gacor

Burung prenjak masih satu keluarga dengan jenis ciblek yang kita kenal. Bagi penggemarnya, prenjak dianggap memiliki suara kicauan yang kencang sehingga banyak dipelihara untuk klangenan, masteran, maupun untuk memancing bunyi burung peliharaan lainnya. Dongkrak mental ciblek dada putih agar siap tarungCara memilih burung ciblek gunung yang berkualitasCara melatih ciblek agar bersuara ngebrenEmpat cara merawat burung […]
Read more

Tips mengatasi murai batu yang susah mabung

Sering dijumpai burung murai batu yang bulunya sudah kering dan kondisi bulu ekornya berantakan, nyerit, pecah-pecah, atau sebagian ujungnya sudah tinggal batangnya saja seperti lidi. Hal ini umumnya disebabkan oleh burung yang belum juga turun bulu atau mabung, sehingga bulunya jadi tidak enak dilihat. Untuk mengatasinya, simak tips mengatasi murai batu susah mabung berikut ini. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?