mengatur birahi lovebird

Mengatur birahi lovebird sebelum lomba

Lovebird yang akan dilombakan membutuhkan kondisi yang benar-benar siap agar bisa tampil maksimal saat bertanding. Untuk itulah, pola rawatan yang tepat harus mulai diterapkan sejak beberapa hari sebelum burung dilombakan. Umumnya, perawatan tersebut lebih terfokus pada pengaturan pakan dan menjaga birahinya tetap stabil.

Lovebird yang tidak cukup birahi dan dipaksakan untuk ikut lomba maka kemungkinan besar burung tersebut akan kalah mental atau ngedrop. Begitu juga jika burung terlalu birahi, maka perilakunya akan cenderung nakal, seperti ngeruji, naik turun tenggeran, hingga berdiri diam di dasar sangkarnya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika lovebird dilombakan, maka pengaturan birahinya harus lebih diperhatikan, terutama sejak beberapa hari sebelum burung akan dibawa ke lapangan.

Beberapa pengaturan birahi yang bisa diterapkan untuk menstabilkan birahi lovebird lomba, antara lain:

  • Memberikan milet sebagai pakan utama tanpa campuran biji-bijian lain yang bisa mempengaruhi birahinya. Berikan hanya milet yang berkualitas baik, karena bisa mendukung pengampilannya saat berlomba. Pakan yang banyak direkomendasikan para pemain lovebird adalah MILET CINDERELLA, yang sudah terbukti telah mencetak banyak lovebird jawara di berbagai daerah.
  • Memberikan jagung sebagai pakan tambahan atau extra fooding. Jagung manis diberika nsetiap seminggu sekali dan ketika burung dilombakan. Pemberian jagung ini juga akan lebih berkhasiat jika dikombinasikan dengan pakan milet Cinderella.
  • Memandikan burung hingga basah setiap pagi hari.
  • Penjemuran rutin setiap hari dengan disesuaikan kebutuhan. Jika burung dianggap belum cukup birahi, maka penjemuran bisa dilakukan dengan durasi yang panjang, sedangkan jika burung terlalu birahi maka penjemuran dilakukan seperlunya saja.
  • Melatih lovebird di kandang umbaran setiap seminggu sekali.
  • Namun jika lovebird tersebut teramati terlalu birahi / over birahi, maka bisa dicoba dengan mengawinkan atau memberinya pasangan. Hal ini untuk mencegah munculnya perilaku buruk seperti gesek tangkringan, dsb.
Baca:   Cara mengobati suara serak pada lovebird

Milet Cinderella adalah pakan racikan khusus lovebird lomba. Selain bermanfaat menstabilkan birahi, milet ini juga memiliki beragam manfaat yang bagus untuk lovebird, yaitu: Menjadikan lovebird rajin ngekek dan gacor, Menjaga metabolisme lovebird, Membuat lovebird tetap fit dan aktif, Meningkatkan stamina, serta Menambah durasi ngekek.

Milet Cinderella bisa didapatkan melalui toko-toko online seperti di TokopediaBukalapak, dan di Shopee.. Untuk pemesanan langsung bisa melalui Whatsapp di nomor: 087738873034.

Demikian tips mengatur birahi lovebird sebelum lomba.

Semoga bermanfaat

 

Baca:   Mabung tak tuntas, peyebab dan cara mengatasinya

Related Articles

settingan lovebird merem melek

Settingan lovebird fighter ke merem melek

Gaya ngekek lovebird bisa bervariasi, itu pula yang menjadikan banyak penggemarnya berusaha dengan berbagai cara untuk membuat gaya ngekek lovebird jadi lebih unik. Salah satunya adalah ngekek merem melek. Berikut settingan lovebird fighter ke merem melek. Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacorCara memandikan lovebird yang benarTips settingan lovebird untulan agar jeda rapatSettingan konslet untuk […]
Read more
memilih dan merawat walang kecek untuk masteran loveinrd

Tips memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran

Walang kecek (Orthoptera tettigoniidae) atau dikenal juga dengan nama belalang kerek / rusa adalah sejenis serangga kecil yang cukup popular di kalangan kicaumania. Suaranya yang keras dan rapat menjadikannya banyak dimanfaatkan untuk masteran burung peliharaan, terutama lovebird. Berikut cara memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran lovebird. Tips memilih masteran yang cocok untuk burung lovebirdVariasi […]
Read more
melatih mental lovebird paud

Perawatan lovebird yang tidak mau bunyi di gantangan

Melombakan lovebird tanpa didukung oleh pola rawatan yang tepat, hanya akan membuatnya tidak bisa tampil dengan maksimal. Bahkan tak jarang selama bertanding, burung akan menunjukkan perilaku buruk seperti ngeruji hingga tak mau bersuara ngekek. Untuk mengatasinya, simak perawatan lovebird yang tidak mau bunyi di gantangan berikut ini. Menyetel lovebird yang kurang birahi untuk lombaMilet Level […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?