lovebird galak

Ini sebab lovebird mendadak galak

Kebiasaan lovebird yang suka mengejar dan mau menggigit sangat sering dijumpai pada burung yang masih muda dan terlalu jinak. Jika terjadi pada burung rumahan tentu tidak akan mengganggu penampilannya, tapi lain halnya kalau perilaku ini muncul pada burung yang kerap dilombakan. Sebelum melakukan solusi mengatasinya, simak dulu apa saja penyebab mengapa lovebird berubah perilaku jadi galak berikut ini.

Banyak kasus dimana burung lovebird yang biasanya berpenampilan tenang, mendadak berubah jadi galak. Bahkan tak jarang, perilaku membuat sebagian pemilik burung resah, karena burung rawatanna itu jadi malas berbunyi.

Jika perilaku ini terjadi pada burung lovebird yang kerap dilombakan, maka penampilannya akan menurun. Lovebird yang biasanya rajin mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang akan cenderung lebih banyak gerak merayap ketimbang ngekek di gantangan.

Memberikan perawatan yang teratur bisa mengurangi perilaku galak pada burung lovebird, sehingga burung bisa kembali beraksi di arena lomba dan mengeluarkan suara ngekek panjangnya.

Namun sebelum melalukan perawatan untuk mengatasi lovebird yang galak tersebut, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenali penyebab mengapa burung bisa berubah perilaku menjadi galak.

Secara umum, ada beberapa penyebab lovebird berubah menjadi galak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lovebird terlalu jinak 

Lovebird yang dirawat sejak lolohan akan cenderung menjadi terlalu jinak, termasuk juga ketika si pemilik selalu berinteraksi dengan burung rawatannya. Pada saat membuka pintu sangkar atau memasukkan tangan ke dalam sangkarnya, maka burung akan langsung mengejar dan bergerak seperti mau menggigit.

Baca:   Cara mengatasi lovebird gagal ngekek di gantangan

2. Burung yang over birahi

Over birahi atau OB sering terjadi jika burung terlalu berlebihan mengkonsumsi pakan tambahannya seperti jagung dan biji bunga matahari (kuaci). Selain itu, penjemuran yang terllu lama pun bisa menjadikan burung gampang naik birahinya.

3. Sering digoda dengan tangan 

Lovebird yang sering digoda dengan tangan pun akan cenderung menunjukkan perilaku galak karena sudah menjadi kebiasaannya. Burung akan berusaha mengejar tangan ketika si pemilik sedang mengganti air minum maupun pakannya.

4. Lovebird yang sedang sakit 

Burung yang sedang sakit pun akan cenderung menunjukkan perilaku galak, khususnya karena sedang tidak mau diganggu atau sedang proses memulihkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, perlu sekali kita mengetahui ciri-ciri lovebird sakit seperti dalam artikel di sini.

5. Burung yang kekurangan makanan 

Lovebird yang alami kekurangan makanan atau air minum juga bisa menunjukkan perilaku galak tersebut. Burung akan cenderung gelisah, dan tidak mau diam serta berusaha mengejar-ngejar pemiliknya untuk meminta makanan.

Cara mengatasi lovebird yang galak 

Selain memberikan perawatan seperti yang pernah dijelaskan di sini: Cara mengatasi lovebird galak / agresif. Pemilik burung harus juga memberikan asupan pakan yang tepat untuk meredam perilaku galak pada burung lovebird tersebut.

Baca:   Beberapa cara menggoda agar lovebird ngekek

Pakan yang baik kualitasnya seperti milet Volume+ bisa diberikan untuk mengatasi lovebird yang galak karena perubahan pola perawatan maupun sebab lainnya. Sedangkan untuk mengatasi lovebird yang galak karena over birahi, bisa diberikan pakan berupa milet Level 1 (satu) yang efektif menjadikan birahinya makin stabil.

Pakan tersebut rutin diberikan setiap hari dengan disertai pemberian pakan tambahannya seperti jagung muda dan kangkung yang diberikan secara bergantian setiap beberapa hari sekali.

Untuk mendukung perawatannya, tambahkan multivitamin Sup Plus Bird agar kondisi lovebird tetap terjaga sehingga terhindar dari perubahan perilaku yang merugikan pemilik maupun burung itu sendiri. a

Suplemen Sup Plus Bird, milet Volume, dan milet Level 1 kini bisa didapatkan dengan cara mengirimkan pesan singkat atau whatsapp ke nomor: 087738873034. Bisa juga diperoleh melalui lapak universitas burung yang ada di  Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Penyebab ekor murai batu sering rusak dan cara mengatasinya

Murai batu dengan ekornya yang panjang menjadikan penampilannya makin eksotis, terlebih ketika bergerak ekornya akan melambai-lambai dengan elegan. Namun sering muncul berbagai permasalahan terkait ekor panjangnya itu, sehingga dibutuhkan penanganan yang sedikit berbeda dari jenis burung piaraan lainnya. Cara mengatasi suara serak pada murai batuTips atasi murai batu kurang ngototCara mengatasi murai batu telat panas […]
Read more
pakan suplemen lovebird

Pakan dan suplemen agar lovebird rajin ngekek panjang

Memelihara burung lovebird supaya rajin bunyi dengan suara ngekeknya yang panjang tentu membutuhkan perawatan yang rutin dan teratur. Perawatan tersebut meliputi mandi, jemur, serta memberikannya pakan yang dibutuhkan. Tapi tahukah Anda? Dari semua rawatan yang umum itu, cara yang dianggap ampuh menjadikan lovebird bersuara ngekek panjang adalah memberikan pakan dan suplemen yang mengandung nutrisi tinggi. […]
Read more

Tips mengatasi lovebird paud yang ngering

Ngering atau ngeruji adalah perilaku tak biasa yang ditunjukkan burung lovebird saat mengalami penurunan kondisi yang dapat dipicu oleh berbagai faktor. Pada lovebird yang masih paud, ngering akan muncul saat burung sedang dilombakan, sehingga dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasinya agar burung bisa ngekek nagen. Cara mengatasi kenari tak mau bunyi saat dilombakanEmpat faktor pemicu lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?