lovebird kegemukan

Solusi dan tips jitu atasi lovebird kegemukan

Kegemukan atau obesitas yang terjadi pada lovebird, bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari mengkonsumsi pakan terlalu berlebihan hingga burung yang jarang dilatih bergerak. Kondisi ini tentu akan menurunkan penampilannya, terlebih pada lovebird lomba. Untuk panduan perawatannya, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

Lovebird yang kegemukan tentu akan menjadi tidak enak dipandang, karena terlihat seperti burung sakit. Selain itu, gerakannya akan terbatas, sehingga burung jadi kurang aktif dan malas berbunyi. Jika terjadi pada lovebird yang biasa dilombakan, tentu akan menjadikannya tampil tidak maksimal.

  • Burung yang terlalu banyak makan, terutama jika sering mengkonsumsi pakan yang memiliki kandunga lemak tinggi seperti bji-bijian, kuaci, dan kacang-kacangan.
  • Lovebird yang kurang banyak bergerak, biasanya terjadi pada burung yang jarang dilatih dalam kandang umbaran atau free flight cage.

Untuk mengenali ciri-ciri lovebird yang kegemukan tentu tidak bisa dilihat secara sekilas saja, karena butuh pengamatan terutama pada perilaku dan memeriksa kondisi fisiknya. Secara umum, ciri-ciri lovebird kegemukan adalah sebagai berikut:

  1. Lovebird yang banyak makan, tapi kurang aktif bergerak. Burung lebih banyak menghabiskan waktunya di lantai sangkar maupun di  tenggerannya.
  2. Bobot tubuhnya meningkat dengan drastis, sehingga menjadikan gerakannya jadi terbatas.
  3. Jika diamati pada bagian kulit dada, perut, dan pangkal ekor akan tampak seperti membengkak dan berwarna kekuningan. Jika ditekan dengan jari, maka akan terasa permukaan yang kenyal.
Baca:   Tips dan settingan lovebird konslet jantan betina

Jika obesitas atau kegemukan pada burung lovebird itu tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan munculnya beragam permasalahan yang dapat menyerang lovebird tersebut, seperti:

  • Gangguan pernafasan yang menjadikan burung jadi malas bunyi.
  • Gangguan reproduksi, terutama jika terjadi pada indukan lovebird yang sedang ditangkarkan.
  • Masalah hati, otot-otot yang kaku, dan gangguan kesehatan lainnya.
Cara mengatasi lovebird yang kegemukan bisa dilakukan dengan mengatur ulang pola perawatan hariannya, termasuk memperhatikan asupan pakan biji-bijian yang dikonsumsinya. Berikan pakan biji-bijian yang bagus dan terjaga kualitasnya, salah satunya adalah milet Cinderella yang sudah diracik khusus untuk burung lovebird. Pakan ini bisa diberikan untuk mencegah dan mengatasi kegemukan pada burung lovebird. Lovebird yang rutin mengkonsumsi milet cinderella akan menjadi sangat aktif, sehingga bisa membantu menurunkan berat badannya. Selain itu, milet ini juga akan menjadikan lovebird jadi rajin berbunyi dengan suara yang lebih kencang.
Selama terapi perawatannya, lovebird tidak diberikan pakan biji-bijian lain selain milet Cinderella. Untuk pakan tambahannya pun hanya diberikan sayur-sayuran yang rendah gula dan karbohidrat seperti kangkung, bayam, dan jagung.
Selain mengatur pakan yang dikonsumsinya, perawatan lovebird yang terlalu gemuk juga bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
  • Ganti sangkar yang digunakan dengan sangkar yang mempunyai ukuran lebih luas dan pasangkan beberapa buah tenggeran dengan posisi sejajar. Tempatkan juga cepuk pakan dan minum pada masing-masing tenggeran dalam jarak yang berjauhan.
  • Akan lebih baik jika rutin melatih lovebird di kandang umbaran yang luas.
  • Penjemuran bisa dilakukan dengan durasi yang lebih lama dari biasanya.
  • Berikan suplemen Sup Plus Bird untuk menjaga kondisi dan staminanya selama masa terapi.
Sup Plus Bird adalah suplemen khusus yang berfungsi sebagai pakan tambahan tinggi gizi dan nutrisi yang aman dikonsumsi burung peliharaan. Suplemen mulvitamin ini sangat baik diberikan untuk mencegah dan mengatasi lovebird yang obesitas atau kegemukan.
Sup Plus Bird dan milet Cinderella kini bisa didapatkan melalui market place seperti  TokopediaBukalapak, dan Shopee. Untuk pemesanan langsung bisa juga dilakukan melalui pesan Whatsapp di nomor: 087738873034.
Semoga bermanfaat
Baca:   Solusi untuk kacer yang suka gigit dan cabut bulu

Related Articles

pleci bakalan siap lomba

Ragam cara atasi pleci yang bersuara serak

Pleci yang bersuara serak tentu tidak bisa berkicau dengan lantang. Walaupun memiliki suara isian yang bervariasi, tapi jika dilagukannya dengan suara yang parau tentu tidak akan enak didengar. Ketika dilombakan pun hasilnya tentu tidak sesui harapan. Oleh karena itu, ragam cara atasi pleci yang bersuara serak berikut ini bisa membantu pemulihannya. Cara merawat pleci bakalan […]
Read more
lovebird paud koloni

Tips settingan lovebird paud koloni

Banyak kicaumania yang mengkolonikan lovebird yang masih paud untuk beragam alasan, di antaranya adalah agar burung anteng dan tidak mudah kepo alias nakal. Bagaimana settingan lovebird paud dengan sistem koloni tersebut, mari simak berikut ini. Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaCara terapi mandi untuk menambah durasi lovebirdTips lovebird kuat main beberapa kelas lombaTips dan […]
Read more

Ciri ciri lovebird paud

Cara Mengetahui Umur Burung Lovebird Dari Ciri Ciri Fisiknya – Untuk anda yang tentunya masih awan mungkin akan mendapatkan sebuah kesulitan dalam hal menentukan serta melihat Ciri Ciri Fisiknya untuk mengetahui dari umur burung Love Bird tersebut dan hal tersebut tentunya akan dapat menjadi mangsa yang paling empuk bagi para penjual yang sering kali tidak […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?