Seperti murai batu, kacer adalah juga burung petarung dengan sifatnya yang sangat agresif dan teritorial. Karena itu pula, spesies burung dari keluarga muscicapidae ini banyak digemari oleh semua kalangan kicaumania. Selain dipelihara sebagai klangenan, kacer juga banyak dipelihara sebagai burung lomba. Sebagai panduan, berikut settingan kacer tipe panas untuk harian dan lomba.

Di kalangan kacer mania, ada dua kategori atau tipe kacer yang dipisahkan menurut karakternya masing-masing, yaitu kacer dengan tipe panas dan dingin. Pemisahan karakter tersebut dimaksudkan untuk memudahkan dalam mengenali karakter serta perawatan harian dan lombanya.

Kacer tipe panas menurut para pemain kacer adalah tipikal burung yang mudah terpancing untuk berbunyi. Selain itu, sifatnya pun sangat agresif dan cenderung gampang naik birahi. Nh, tipikl kacer seperti ini tentu perlu mendapatkan perawatan yang tepat, terutama untuk mencegah burung mengalami over birahi (OB).

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali untuk membedakan karakter kacer yang bertipe panas dengan yang bertipe dingin, yaitu:

  • Burung doyan mandi, salah satu cirinya adalah jika dimasukkan ke dalam karamba mandi maka burung akan langsung nyemplung untuk mandi.
  • Kacer tipe panas biasanya tidak suka dijemur berlama-lama di bawah sinar matahari.
  • Sifatnya sangat agresif, dan jika mendengar suara kacer lain maka ia akan langsung buka ekor dan mengeluarkan suara-suara isiannya.
  • Saat naik gantangan, kacer tipe panas biasanya akan langsung ngeruji.
  • Dalam beberapa kasus, kacer tipe panas akan mudah mbagong atau ngebalon karena staminanya yang cepat terkuras.
  • Tak jarang, burung juga akan cepat lemas di lapangan karena terlalu bersemangat di awal-awal lomba.
BACA JUGA  Cara seting lovebird sebelum lomba

Untuk memaksimalkan performa kacer tipe panas di lapangan, maka ada beberapa pola rawatan yang bisa diterapkan, yaitu:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Burung harus lebih rutin diembunkan. Pengembunan sangat baik untuk menjaga kestabilan birahinya.
  • Mandi rutin dengan menggunakan karamba mandinya.
  • Penjemuran yang dilakukan tidak lebih dari 15 menit.
  • Mengerodong burung pada siang hingga sore hari untuk menjaga kualitas suara dan energinya.
  • Berikan pakan tambahan (EF) berupa jangkrik sebanyak 3-5 ekor jangkrik dan 2-3 ekor ulat hongkong pada pagi dan sore hari. Cacing tanah atau ulat bambu diberikan setiap seminggu sekali yang bertujuan untuk menstabilkan birahi.
  • Air minum harus diganti setiap hari, dan jika diperlukan teteskan multivitamin seperti Sup Plus Bird yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan stamina burung setiap hari dan lomba sehingga tidak mudah lemas serta dapat mencegah burung mbagong.
BACA JUGA  Lima cara mengatasi lovebird cabut bulu

Sup Plus Bird adalah suplemen yang memiliki fungsi sebagai pakan tambahan yang sangat tinggi kandungan gizi dan nutrisinya. Pemberian suplemen ini sangat dibutuhkan terutama untuk melengkapi kebutuhan burung yang belum cukup terpenuhi jika hanya mengandalkan voer dan pakan tambahannya saja.

Selain mampu mendongkrak stamina, Sup Plus Bird juga mempunyai beragam manfaat lain untuk burung peliharaan, yaitu:

  1. Menjadikan burung makin gacor
  2. Mampu mendongkrak mental sehingga burung jadi lebih fighter
  3. Menjaga stamina dan daya tahan burung sepanjang hari
  4. Melancarkan metabolisme
  5. Memaksimalkan suara kicauannya sehingga jadi lebih lantang

Sup Plus Bird bisa didapatkan di BukalapakTokopedia, dan di Shopee. atau bisa juga dipesan langsung dengan mengubungi admin di Whatsapp: 087738873034 

Demikian tips dan settingan kacer tipe panas untuk lomba.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here