ciri ciri lovebird sakit

Ini cara mengenali lovebird sakit

Lovebird adalah jenis burung yang pandai menyembunyikan kondisi kesehatannya. Bahkan jika pemiliknya jarang mengamati, maka lovebird yang disangkanya segar bugar itu ternyata memilik penyakit yang sudah cukup parah. Mereka baru menyadarinya setelah burung terkulai lemas di dasar sangkarnya.

Memelihara burung lovebird, baik untuk klangenan, lomba maupun diternak tidak bisa terlepas dari segala permasalahan yang bisa saja muncul sewaktu-waktu. Burung yang dianggap pemiliknya masih sehat bahkan bisa saja sedang mengalami sakit yang cukup parah. Alhasil, karena terlambat ditangani, lovebird jadi rentan mati.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik burung untuk bisa mengetahui bagaimana ciri-ciri lovebird yang sakit. Dengan begitu, bisa segera dilakukan pengobatan sehingga burung bisa terhindar dari sakit yang bertambah parah.

Pada umumnya, mengenali lovebird yang sedang sakit bisa dilakukan dengan mengamati perubahan perilakunya. Lovebird yang tadinya sangat rajin bunyi, akan cenderung jadi malas berbunyi atau bahkan macet bunyi.  Sedangkan untuk burung yang sedang diternak, maka mereka akan cenderung mengabaikan telur maupun anak-anaknya.

Namun tak jarang, lovebird yang sedang sakit justru terlihat biasa-biasa saja. Hal ini tentu bisa mengecoh pemiliknya. Burung yang disangkanya sehat ternyata sedang sakit sehingga tidak segera diberikan perawatan yang dibutuhkannya.

Baca:   Tips sukses ternak lovebird

Sebagai panduan, berikut beberapa tips dan cara mengenali burung lovebird yang sedang sakit:

  • Nafas burung yang tidak normal, seperti keluar suara ketika bernafas, dan terkadang diiringi gerakan ekor yang naik turun ketika bernafas.
  • Sering terlihat cairan atau penumpukan cairan pada pangkal paruh/hidung, serta di bagian sudut matanya.
  • Lovebird sering nyekrukruk atau mengembangkan bulu. Tak jarang, di lantai sangkarnya sering dijumpai beberapa helai bulu yang rontok.
  • Burung cenderung bermalas-malasan atau tidur-tiduran meski didekatnya ada burung lain yang cukup aktif.
  • Lovebird berdiri dengan postur tubuh yang cenderung membungkuk.
  • Penurunan bobot tubuh karena burung yang berkurang nafsu makannya.
  • Burung cenderung lebih suka minum ketimbang makan.
  • Kotoran terlihat beda dari biasanya, seperti berair, berubah warna, dan sangat berbau.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah ini mungkin sangat cocok diterapkan oleh para penggemar burung kicauan di Indonesia. Perawatan yang baik, didukung dengan penanganan yang tepat akan menjadikan burung peliharaan selalu sehat, aktif, dan rajin bunyi.

Demikian pula dengan pemberian multivitamin tambahan yang bermanfaat untuk menjaga kondisi dan kesehatan burung sepanjang hari. Untuk mencegah burung sakit, bisa dilakukan dengan menambahkan multivitamin ke dalam air minumnya.

Baca:   Tips menjodohkan sepasang burung blackthroat

Salah satu multivitamin yang banyak digunakan para pecinta burung adalah Sup Plus Bird. Suplemen multivitamin ini memiliki kandungan dan zat aktif yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan burung untuk terus beraktivitas. Manfaat lainnya adalah:

  1. Burung makin gacor
  2. Menjadikan burung tampil ngotot
  3. Menambah volume suara burung
  4. Membuat lovebird gacor dan rajin bunyi
  5. Mengatasi burung yang macet bunyi
  6. Menjaga stamina burung

Multivitamin Sup Plus Bird bisa digunakan untuk semua jenis burung peliharaan mulai dari lovebird, kenari, murai batu, cucak hijau, dsb. Suplemen ini tersedia juga di market place seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee. Bisa juga dipesan langsung melalui pesan Whatsapp di nomor: 087738873034

Demikian tips dan cara mengenali burung lovebird yang sakit.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips atasi murai batu kurang ngotot

Murai batu adalah burung petarung sejati. Saat bertemu pejantan lain yang masuk wilayah teritorialnya, murai batu jantan akan segera mengusirnya sambil berkicau dengan suara yang lantang. Namun tak jarang, murai batu akan terlihat kurang ngotot saat bertemu lawannya, khususnya saat burung sedang ditandingkan. Untuk mengatasinya, simak tips dan cara perawatannya berikut ini. Tips mencegah dan […]
Read more
mandi lovebird

Cara memandikan lovebird yang benar

Mandi menjadi rutinitas penting yang tidak bisa dipisahkan dari perawatan burung ocehan. Selain bisa membersihkan bulu dari debu dan kotoran, mandi juga bisa membantu mengurangi gatal. Sebagai panduan, simak cara memandikan lovebird yang benar berikut ini.  Cara setting lovebird lomba malamKesalahan dalam merawat lovebird paudSettingan lovebird paruh merahCara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarCara […]
Read more

Cara mengatasi burung stres karena kepanasan

Penjemuran yang dilakukan secara berlebihan dapat memicu stres pada burung peliharaan. Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa fatal akibatnya, burung akan mengalami kondisi yang disebut heat stroke yang dapat berujung pada kematian. Berikut cara mengatasi burung stres karena kepanasan. Cara mengatasi burung yang macet mabungEnam cara merawat jalak suren agar cepat gacorTips mengatasi burung […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?