Perawatan murai batu yang sedang mabung tentu membutuhkan lebih banyak perhatian dari kondisi normal. Hal ini diperlukan untuk menjaga kondisinya agar selalu sehat, fit, dan juga rajin bunyi walaupun burung tersebut sedang menurunkan bulu-bulunya. Sebagai panduan perawatan, berikut penanganan murai batu tetap fit dan gacor meski sedang mabung.

Ketika memasuki masa mabung, penampilan burung akan cenderung menurun karena mereka menggunakan energinya untuk meluruhkan bulu rusak untuk diganti baru. Meski sedang mabung, namun tidak berarti burung harus berhenti total dari aktivitas berkicaunya, hal ini terutama untuk menjaga penampilan dan kualitas suaranya.

Pada saat mabung itulah, si pemilik harus bisa memberikan penanganan yang tepat untuk menjaga kondisi dan daya tahannya sepanjang hari. Selain menyediakan pakan tambahan (EF) yang bervariasi, kebutuhan nutrisi burung juga bisa dilengkapi dengan pemberian suplemen tambahan.

Selain itu, pemberian extra fooding alternatf pun kerap dilakukan kicaumania untuk menjaga stamina murai batu tersebut. Berikut beberapa tips perawatan murai batu tetap fit dan gacor meski sedang mabung:

BACA JUGA  Apa Sih Obat Nyilet Untuk Burung Lovebird? Ini Obatnya!

Mengurangi mandi dan jemur. 

Untuk menjaga kondisi burung selama mabung, maka pemberian mandi dan jemur bisa dikurangi. Perawatan tersebut baru bisa kembali diterapkan setelah bulu-bulu baru mulai tumbuh.

Rutin dikerodong 

Jaga kondisi dan kesehatan burung dengan memberinya full kerorong, khususnya pada waktu siang hingga sore dan malam hari.

Memberikan pakan yang tepat 

Selain voer sebagai pakan utama, murai batu juga harus mendapatkan asupan pakan tambahan yang tepat. Dalam hal ini, pemberian jangkrik, kroto, dan ulat hongkong dalam takaran yang disesuaikan kebutuhan.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Memberikan extra fooding alternatif

Salah satu extra fooding alternatif yang diyakini bisa menjaga stamina dan daya tahan burung murai batu selama mabung adalah cacing tanah. Cacing tanah diberikan diberikan sebanyak 1 – 2 ekor setiap dua kali seminggu.

BACA JUGA  Cara mengatasi murai batu lomba yang sering ngebetmen

Menambahkan suplemen multivitamin

Hal penting yang harus dilakukan pada waktu burung murai batu sedang mabung adalah memberikan suplemen multivitamin yang tepat. Suplemen ini sangat dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan pemberian nutrisi selain dari asupan pakan dan pakan tambahan (EF).

Salah satu suplemen mulvitamin yang sangat direkomendasikan adalah Sup Plus Bird, karena sudah terbukti cukup ampuh dalam mendongkrak performa burung setelah mabung selesai.

Suplemen Sup Plus Bird diberikan dengan cara diteteskan sebanyak 3-5 tetes ke dalam air minumnya. Pemberiannya harus rutin dilakukan setiap hari, dan diganti jika air minum terlihat kotor dan berjamur.

Sup Plus Bird bisa Anda didapatkan melalui toko jual beli online seperti di Bukalapak, Tokopedia, dan di Shopee. Selain itu, bisa juga dipesan langsung melalui apikasi Whatsapp di: 087738873034 

Demikian tips perawatan murai batu tetap fit dan gacor meski sedang mabung.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here