perawatan murai batu lomba

Tips perawatan murai batu juara agar tetap aktif dan gacor

Perawatan burung juara lomba terbilang gampang-gampang susah. Pemilik burung harus bisa mengatur pola rawatan agar gaconya itu selalu siap dengan penampilan terbaiknya. Selain tergantung pada kualitas materi burung rawatannya, karakternya pun harus bisa dipahami dengan baik oleh sang pemilik. Berikut tips perawatan murai batu juara agar tetap aktif dan gacor.

Pada dasarnya, perawatan murai batu juara tidak terlalu jauh berbeda dengan rawatan burung kicauan jenis lainnya. Namun demikian, untuk menjadikan burung tampil dengan stamina tinggi dan performa yang baik, maka kunci keberhasilan perawatannya terletak pada ketelatenan sang pemilik burung.

Selain menyediakan pakan yang tinggi nutrisi, kebersihan sangkar dan perlengkapannya pun harus selalu diperhatikan. Tak jarang, pakan yang bagus kualitasnya tapi jika tidak disertai dengan menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya, maka burung akan gampang sakit sehingga bisa mengurangi penampilannya di lapangan.

Berikut tips perawatan murai batu juara agar tetap aktif dan gacor:

Pengembunan 

Pengembunan rutin dilakukan untuk menjaga kualitas dan mental dari burung murai batu tersebut. Pengembunan dilakukan setiap hari dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca pada saat itu. Ketika murai batu sedang diembunkan, bisa diberikan pakan tambahan berupa kroto sebanyak setengah sendok teh.

Pengumbaran 

Pengumbaran dilakukan untuk melatih stamina burung murai batu, dan dilakukan setiap pagi setelah matahari terbit. Setelah murai batu masuk kandang umbaran, berikan juga pakan tambahan berupa 5 ekor jangkrik dan kroto segar. Tergantung karakter burung, pengumbaran umumnya dilakukan selama 3 s/d 5 jam, atau tergantung kondisi cuaca dan keadaan burung tersebut.

Baca:   Tips memilih kenari bakalan yang prospek

Mandi dan jemur 

Selesai diumbar, burung murai batu dimandikan dengan menggunakan karamba mandinya. Setelah mandi, burung diangin-anginkan, lalu diberikan jangkrik sebanyak 3 -5 ekor.

Penjemuran dilakukan setelah bulu kering atau tak lama setelah burung diangin-anginkan. Penjemuran berlangsung selama 1 s/d 2 jam, atau tergantung kondisi cuaca pada saat itu. Selesai dijemur, burung kembali diangin-anginkan sebentar lalu diberikan kerodong dan diistirahatkan.

Pada sore hari, atau setelah pukul 15:00, burung kembali diangin-anginkan sebentar sambil diberikan jangkrik sebanyak 3-5 ekor. Setelah itu, burung diberikan kerodong dan kembali diistirahatkan.

Pemberian suplemen 

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah pemberian suplemen tambahan. Secara umum, suplemen adalah pakan tambahan yang tinggi kandungan nutrisinya. Pemberian suplemen ini dibutuhkan mengingat kebutuhan burung akan nutrisi tidak selamanya bisa terpenuhi melalui pakan utama dan tambahannya.

Suplemen yang baik adalah suplemen yang kaya akan kandungan vitamin / multivitamin, serta tidak mengandung zat-zat yang berbahaya atau addicted. Untuk perawatan murai batu juara, Anda bisa memberikan suplemen yang sudah diracik secara khusus, seperti Sup Plus Bird.

Baca:   Cara memilih konin ombyokan yang berkualitas dan prospek
suplemen burung sup plus bird
Suplemen burung sup plus bird

 

Sup Plus Bird sangat baik digunakan untuk semua jenis burung peliharaan, baik itu murai batu, kacer, cucak hijau, lovebird, dan kenari. Suplemen ini diolah dengan bahan-bahan alami yang sangat aman dan bermanfaat banyak untuk burung kicauan.

Beberapa manfaat pemberian suplemen Sup Plus Bird, antara lain:

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan burung,
  • Menjaga metabolisme,
  • Mampu mendongkrak mental dan daya tempur burung,
  • Menjadikan burung makin rajin bunyi dan gacor,
  • Memaksimalkan suara kicauan.

Sup Plus Bird kini bisa dengan mudah didapatkan melalui toko jual beli online seperti di Bukalapak, Tokopedia, dan di Shopee. Untuk pemesanan, bisa juga menghubungi admin via Whatsapp: 087738873034 

Dengan menerapkan pola rawatan seperti di atas, maka penampilan dan stamina burung murai batu tersebut akan selalu terjaga. Ketika akan dilombakan pun, murai batu akan selalu siap dengan penampilan terbaiknya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tiga masalah utama dalam ternak lovebird

Ternak lovebird semakin diminati oleh banyak kalangan, tapi tidak semua peternak bisa menikmati hasilnya terutama karena sering munculnya kendala yang berkaitan dengan piyikan burung. Untuk panduan, simak tiga masalah utama dalam ternak lovebird yang perlu diketahui. Tahap demi tahap ternak lovebird untuk pemulaTips gacorkan lovebird betina ngekek jeda rapatCara pemberian plangkringan lovebird yg benarRagam solusi […]
Read more

Rawatan cucak wilis agar cepat gacor

16 / 100 Cucak wilis adalah nama populer dari burung cucak gunung (Pycnonotus bimaculatus). Meski terdengar monoton, namun kicauan cucak wilis bisa terdengar lebih menarik saat burung sudah gacor. Berikut tips rawatan cucak wilis agar cepat gacor. Tips rawatan kutilang jambul saat macet bunyiTips merawat burung rambatan khusus masteranTips rawatan anis kembang cepat ngerolRawatan kacer […]
Read more

Tips & rawatan decu agar makin gacor

15 / 100 Burung decu dikenal juga dengan sebutan kacer mini, karena penampilannya yang mirip kacer namun ukuran tubuhnya yang mungil. Walaupun kecil, namun decu memiliki suara kicauan yang sangat kencang dan pandai menirukan suara burung lainnya. Berikut tips & rawatan decu agar makin gacor. Fakta unik & menarik burung-maduTips rawatan kepodang emas agar cepat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?