Perawatan lomba untuk lovebird umur paud tidaklah semudah yang dibayangkan banyak orang. Sebagian kicaumania bahkan mengeluhkan susahnya mencari settingan yang tepat agar burung bisa tampil maksimal di lapangan. Sebagai panduan, simak tips membangkitkan mental tempur lovebird paud berikut ini.

Merawat lovebird paud untuk lomba membutuhkan penanganan lebih dari sekedar memberi pakan dan minumnya. Burung harus diberikan pelatihannya secara rutin, mulai dari latihan stamina, mental dan daya tempurnya. Dengan menyiapkan hal-hal tersebut, maka lovebird tidak akan mudah “demam panggung” ketika dibawa ke lapangan.

Kendati perawatannya dianggap gampang-gampang susah, namun gaung popularitas kelas lovebird paud yang tetap ramai di berbagai daerah menjadikannya banyak diminati penghobi lovebird. Bagi mereka, memoles lovebird paud hingga bisa mencetak prestasi tentu akan memberikan tantangan tersendiri.

Salah satu tantangan terberat adalah bagaimana cara mengkondisikan birahi dan mental tempur burung yang notabene masih berumur sangat muda itu agar bisa tampil maksimal di gantangan. Hal ini tentu tidak cukup dengan pemberian pakan, minum, mandi dan jemurnya saja karena burung harus dilatih untuk bisa menghadapi situasi tersebut.

BACA JUGA  Setingan lovebird tipe basah dan kering

Cara paling umum dalam melatih mental lovebird paud adalah membawanya ke lapangan. Walaupun tidak untuk dilombakan, namun cara ini terbukti cukup ampuh menjadikan burung cepat beradaptasi dengan suasana lomba. Selain itu juga bisa melatih burung agar terbiasa dengan keramaian dan lalu lalang manusia.

Menurut penuturan para penghobi lovebird, ada beberapa indikator yang bisa diperhatikan untuk mengetahui jika mental lovebird paud tersebut masih lemah, yaitu:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Bulu leher yang terlihat tipism atau tidak mengembang ketika melihat lovebird lainnya.
  • Perilaku lovebird yang cenderung gelisah ketika didekati orang atau lovebird lainnya.
  • Cenderung bersikap biasa atau mengabaikan ketika mendengar panggilan maupun suara ngekek burung sejenis.

Jika tanda-tanda di atas ditemukan pada lovebird paud yang Anda pelihara, maka sudah waktunya untuk memberikan terapi mental, dengan cara:

  1. Mengenalkan burung kepada suasana dan keramaian lomba.
  2. Mulai melakukan pengembunan secara rutin.
  3. Melatih burung di kandang umbaran secara berkala.
BACA JUGA  Cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba

Selain itu, pengaturan pakan juga harus mulai diterapkan. Jika lovebird tersebut selama ini hanya mendapatkan asupan pakan milet kiloan saja, maka untuk mendukung pelatihan mentalnya, pakan yang diberikan adalah milet kemasan yang sudah terbukti kualitas dan manfaatnya, salah satunya adalah Milet Volume+.

Milet Volume+ diracik secara profesional sehingga sangat direkomendasikan untuk diberikan pada lovebird muda. Selain dapat membantu pertumbuhkembangannya, juga bisa menjadikan burung bertambah aktif dan rajin bersuara ngekek.

Setelah lovebird paud mulai menunjukkan penampilan yang lebih baik, maka Anda bisa menguji ketangguhannya dalam sebuah latberan atau lomba burung. Untuk membantu membangkitkan mental tempurnya, maka satu hari sebelum lomba (H-1), segera ganti milet Volume+ dengan Milet Level 2 yang sudah diracik dengan settingan TINGGI.

Adapun untuk membantu menjaga stamina dan daya tahannya ketika dilombakan, tambahkan suplemen Sup Plus Bird ke dalam air minumnya setiap hari.

Demikian tips membangkitkan mental tempur lovebird paud.

Semoga manfaat dan salam sukses

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here