Ragam cara akan dilakukan lovebird mania untuk menjadikan burung kesayangannya rajin ngekek dengan durasi yang panjang, mulai dari pemberian pakan racikan, suplemen, hingga rutin melatih burung di kandang umbaran. Salah satu metode terapi yang pernah viral di kalangan pecinta lovebird di Indonesia adalah terapi mandi dan sayuran. Terapi ini pun dipercaya cukup ampuh jadikan lovebird makin ngekek panjang.

Perawatan lovebird agar rajin bunyi dengan suara ngekeknya yang panjang tentu membutuhkan perawatan harian yang rutin, mulai dari pemberian milet dan pakan tambahan (EF) hingga mengatur waktu mandi dan jemurnya.  Seluruh pola rawatan tersebut umum dilakukan agar burung bisa memiliki stamina yang sangat baik, sehingga dapat membuatnya terpancing untuk selalu aktif dan rajin bunyi.

Namun tak jarang, perawatan harian yang rutin tersebut tidak bisa menjamin lovebird akan mampu bersuara ngekek panjang, apalagi jika tidak disertai dengan perawatan tambahan lainnya seperti melatih burung di kandang umbaran, maupun melakukan berbagai terapi yang sesuai karakternya.

Metode terapi yang pernah viral di kalangan lovebird mania adalah terapi mandi dan sayuran. Terapi ini dilakukan dengan memandikan dan menjemur burung secara berulang dengan disertai pemberian pakan sayur-sayuran yang bervariasi.

BACA JUGA  Settingan konslet untuk lovebird untulan

Cara terapi mandi dan sayuran agar lovebird ngekek panjang:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Perawatan harian dimulai setelah burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk dijemur pada sinar matahari pagi. Berikan milet dan air minum yang masih segar.
  • Sekitar pukul 06:30-07:00, cabut pakan dan air minumnya, setelah itu lovebird dimandikan hingga basah dengan menggunakan hand sprayer / disemprot.
  • Selesai dimandikan, lovebird dijemur selama 30 menit s/d 1 jam, atau hingga bulu-bulu kering.
  • Setelah kering, lovebird kembali dimandikan hingga basah kuyup, lalu kembali dijemur selama 30 menit s/d 1 jam sampai bulu-bulunya kembali kering.
  • Mandikan lagi lovebird dengan semprotan, lalu jemur lagi sampai pukl 09:30, setelah itu gantang lovebird di tempat teduh untuk diangin-anginkan.
  • Pada saat diangin-anginkan itu, pakan milet dan air minumnya kembali diberikan.
  • Berikan juga pakan tambahan yang terdiri dari berbagai jenis sayuran yang bermanfaat, seperti irisan wortel, kangkung, jagung, brokoli, bunga kol, bayam, dan krokot. Semua sayuran tersebut diiris-iris kecil lalu ditempatkan dalam satu wadah.
  • Pada sore harinya, pakan sayuran dicabut lalu lovebird hanya diberikan pakan milet saja, lengkap dengan air minumnya.
  • Setelah itu, lovebird dikerodong sampai esok pagi.
BACA JUGA  Cara ampuh menstabilkan birahi lovebird

Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, maka milet yang digunakan sebaiknya berasal dari milet yang berkualitas, seperti milet level 1 untuk burung dengan settingan rendah atau milet level 2 untuk burung dengan settingan tinggi.

Milet racikan alami tersebut sangat bermanfaat untuk mendongkrak stamina burung lovebird, sehingga menjadikannya selalu aktif dan rajin berkicau. Selain itu, manfaat milet level 1 dan 2 juga adalah untuk menstabilkan birahinya, sehingga lovebird akan selalu berada dalam kondisi siap lomba.

Sedangkan untuk menjaga stamina dan daya tahannya selama masa terapi, maka lovebird tersebut bisa diberikan suplemen tambahan seperti Sup Plus Bird.

Baik Milet Level 1, Milet Level 2, dan Sup Plus Bird kini bisa didapatkan dengan mudah melalui Tokopedia, Bukalapak, atau di Shopee. Untuk pemesanan via Whatsapp (WA) bisa menghubungi admin di: 087738873034

Demikian tips mengenai bagaimana memberikan terapi mandi dan sayuran agar lovebird ngekek panjang seperti yang telah dilakukan oleh banyak lovebird mania di dalam negeri.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here