Lovebird paud umumnya mempunyai perilaku yang tak ubahnya seperti anak balita yang senang bermain dan penuh rasa keingintahuan yang tinggi. Pada saat dilombakan pun, lovebird paud kadang bersikap sangat nakal sehingga bisa mempengaruhi penampilannya ketika bertanding. Untuk meminimalisir sifat nakal tersebut, berikut ragam solusi atasi lovebird nakal / kepo di gantangan.

Lovebird kepo adalah istilah yang digunakan lovebird mania ketika burung kesayangannya itu mulai bertingkah nakal saat dilombakan. Beberapa perilaku nakal tersebut antara lain ngeruji, sering naik turun tangkringan, atau bahkan diam saja di dasar sangkarnya sambil memperhatikan lawan-lawan mainnya.

Burung yang tampil nagen di satu titik sambil mengeluarkan gaya dan suara ngekeknya yang khas tentu menjadi dambaan semua penghobi lovebird di Nusantara. Namun demikian, realita yang ada kadang tidak sesuai harapan. Lovebird yang diharapkan bisa tampil beda, justru lebih sering menunjukkan perilaku-perilaku nakalnya, alias kepo.

Perilaku nakal atau kepo tersebut sangat umum dijumpai pada lovebird yang masih berumur paud atau balibu. Hal ini biasanya disebabkan oleh rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi dari burung tersebut. Dengan kata lain, lovebird yang belum memasuki usia matang kelamin, biasanya akan mempunyai sifat-sifat kepo tersebut.

BACA JUGA  Milet cinderella bikin lovebird gacor

Agak susah menghilangkan perilaku nakal pada lovebird yang masih berumur paud, apalagi pada dasarnya hal ini sudah merupakan karakter alami dari burung jenis paruh bengkok. Yang bisa dilakukan pemiliknya adalah mengurangi atau mencegah perilaku kepo tersebut muncul pada waktu burung akan dilombakan.

Sebagai panduannya, berikut  ragam solusi atasi lovebird kepo di gantangan:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  1. Mandikan burung setiap hari dengan menggunakan semprotan / sprayer hingga basah kuyup. Hal ini harus dilakukan secara rutin setiap hari. Jika diperlukan, terapi mandi malam bisa dilakukan untuk mengurangi perilaku nakalnya tersebut.
  2. Jika anda memiliki beberapa lovebid umur paud di rumah, maka pada waktu penjemuran bisa dilakukan dengan cara mendempetkan / mendekatkan masing-masing sangkarnya. Sedangkan, durasi penjemuran bisa dilakukan selama 15 – 20 menit. Selesai dijemur, burung dipindahkan ke tempat teduh untuk diangin-anginkan dan dijauhkan dari keberadaan lovebird lainnya. Alternatifnya, bisa diberikan full kerodong pada masing-masing sangkarnya.
  3. 1 / 2 kali seminggu, lovebird dilatih dalam kandang umbaran. Ketika berada di kandang umbaran, lovebird tersebut bisa dikolonikan dengan lovebird lainnya di rumah. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengontrol birahi sekaligus mengurangi sifat keponya ketika dilombakan.
  4. Berikan pakan yang tepat untuk mengatur birahi burung sebelum dilombakan. Salah satu pakan yang bisa menjadi rekomendasi untuk mengurangi sifat kepo lovebird paud di lapangan adalah milet level 1. Milet ini sudah diracik khusus dengan settingan rendah, sehingga birahi burung akan lebih mudah terkontrol sewaktu bertanding.
  5. Pemberian milet level 1 mulai dilakukan pada satu hari sebelum lomba atau H-1. Selain itu, berikan pula tambahan jagung manis dan sedikit kangkung untuk menjadikannya lebih aktif dan rajin berbunyi.
BACA JUGA  Cara mengatasi lovebird snot

Milet level 1 (satu) adalah pakan milet racikan yang dibuat khusus untuk lovebird lomba dengan settingan rendah. Pakan dengan settingan tersebut tentu akan sangat bermanfaat untuk mengurangi birahi yang berlebihan, sehingga burung terhindar dari sifat nakalnya ketika dilombakan.

Selain itu, manfaat lain dari milet level 1 adalah:

1.mendongkrak lovebird semakin fighter
2.menstabilkan birahi waktu waktu lomba
3.membuat lovebird semakin gacor

Untuk mendapatkan milet level 1 (satu) ini, anda bisa menghubungi admin melalui Whatsapp di nomor:   atau bisa juga memesan langsung via Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here