manfaat kangkung untuk lovebird

Manfaat kangkung untuk lovebird dan cara memberikannya kepada lovebird

Kangkung merupakan salah satu jenis extra fooding yang biasa diberikan kepada lovebird yang akan dilombakan. Dalam penangkaran pun, kangkung rutin diberikan pada indukan lovebird karena dapat meningkatkan produktivitasnya. Berikut beberapa manfaat kangkung untuk lovebird dan cara memberikannya.

Walaupun dikenal banyak manfaatnya, tapi kicaumania perlu memperhatikan kebersihan dari kangkung tersebut sebelum memberikannya pada burung kesayangan. Ada dua jenis kangkung yang umum dikonsumsi, yaitu kangkung yang tumbuh di darat / kangkung darat, dan kangkung yang tumbuh di air atau kangkung air.

Untuk menjamin kondisi kesehatannya, maka lebih baik kalau lovebird diberikan kangkung darat yang relatif lebih higienis dibandingkan kangkung air (kecuali kangkung air hasil budidaya). Untuk membedakan jenis kangkung darat dan kangkung air, silakan simak dalam gambar berikut ini:

Beda kangkung darat dan kangkung air
Beda kangkung darat dan kangkung air

 

Bagian dari kangkung yang umum dikonsumsi lovebird adalah daunnya saja, tapi tak sedikit juga kicaumania yang juga memanfaatkan bagian batangnya. Namun karena bagian batang kangkung itu memiliki kadar air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 85%, maka sudah barang tentu hal ini bisa mempercepat proses pembusukan kangkung di dalam wadah pakannya.

Cara memberikan kangkung kepada lovebird 

Kangkung yang akan diberikan kepada burung lovebird sebaiknya dicuci dahulu hingga bersih untuk menghilangkan semua kotoran.  Selain itu, membersihkan kangkung bisa juga menggunakan air garam, terutama jika kangkung tersebut pernah disemprot dengan pestisida / bahan kimia pencegah hama.  Selesai dicuci, kangkung kemudian diangin-anginkan sebentar sebelum diberikan pada lovebird.

Baca:   Lovebird bentoel alber KM

Pemberian kangkung sebagai pakan tambahan (EF) kepada burung lovebird sebaiknya tidak lebih dari 4 jam. Jika melebihi waktu yang telah ditentukan tersebut, kangkung akan mudah busuk sehingga bisa mengganggu kesehatannya. Untuk itu, jika dalam waktu tersebut masih ada sisa-sisa kangkung, sebaiknya segera dibuang dan diganti dengan yang masih baru / segar.

Manfaat kangkung untuk lovebird

Bisa dikatakan, kangkung adalah jenis sayuran yang kaya kandungan gizinya. Kandungan nutrisinya pun terbilang lebih lengkap dari beberapa jenis sayuran lainnya. Dengan komposisi gizi yang nyaris sempurna, pemberian kangkung secara rutin dapat meningkatkan birahi lovebird, baik untuk diternak maupun dilombakan.

Selain itu, kangkung juga tidak akan menjadikan burung over birahi (OB), karena sayuran ini diketahui memiliki sifat mendinginkan dan menenangkan. Oleh karena itulah, banyak pelomba yang akan memberikan kangkung pada lovebird gacoannya sekitar satu jam sebelum masuk gantangan.

Bahkan para peternak pun sangat suka memanfaatkan kangkung untuk diberikan pada pasangan indukan karena dapat meningkatkan produktivitas penangkaran. Kangkung yang memiliki sifat menenangkan itu bisa mencegah salah satu indukan berperilaku agresif.

Baca:   Cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba

Walaupun kandungan gizinya dianggap lebih tinggi dari sayuran lainnya, namun pemberian kangkung harus pula disertai dengan pemberian pakan biji-bijian yang bagus kualitasnya, seperti Milet Volume+.

Milet Volume bisa diberikan sebagai pakan utama pendamping kangkung karena milet ini sudah diolah terlebih dulu dengan bahan-bahan alami yang bermanfaat. Adapun beberapa manfaat milet Volume yang sudah terbukti antara lain:

  • Menjadikan lovebird makin rajin ngekek
    Menjadikan suara ngekek lovebird jadi lebih panjang
  • Mendongkrak stamina
  • Meningkarkan daya tempur lovebird

Untuk hasil yang lebih memuaskan, pemberian pakan untuk lovebird tersebut bisa juga dikombinasikan dengan penambahan suplemen Sup Plus Bird yang diteteskan pada air minumnya.

Cara pemesanan Milet Volume dan suplemen Sup Plus Bird untuk lovebird, bisa dilihat kembali di sini:

Milet Volume, milet terbaik untuk lovebird 

Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Demikianlah tips mengenali manfaat kangkung untuk lovebird dan cara memberikannya yang baik dan benar.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lovebird ngetik di lomba

Cara mengatasi lovebird gagal ngekek di gantangan

Banyak keluhan yang muncul ketika lovebird enggan mengeluarkan suara ngekeknya saat dilombakan. Selama di gantangan, burung jadi jarang ngekek, tetapi hanya ngetik dan mompa-mompa saja. Mengapa bisa begitu? Simak beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik di gantangan. Mengenal 10 penyebab lovebird cabut buluTips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaCara mendidik lovebird untuk lombaTips dan […]
Read more
memilih dan merawat walang kecek untuk masteran loveinrd

Tips memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran

Walang kecek (Orthoptera tettigoniidae) atau dikenal juga dengan nama belalang kerek / rusa adalah sejenis serangga kecil yang cukup popular di kalangan kicaumania. Suaranya yang keras dan rapat menjadikannya banyak dimanfaatkan untuk masteran burung peliharaan, terutama lovebird. Berikut cara memilih dan perawatan walang kecek untuk masteran lovebird. Tips memilih masteran yang cocok untuk burung lovebirdVariasi […]
Read more

Perawatan jalak rio agar rajin bunyi

Jalak rio-rio memiliki nama Grosbeak starling (Scissirostrum dubium). Spesies burung ini merupakan endemik di pulau Sulawesi, dan masih berkerabat dekat dengan jalak kerbau serta burung jalak lainnya. Di Indonesia, jalak rio memiliki nama resmi jalak tunggir merah merujuk kepada bulu kemerahan yang terdapat pada pangkal ekornya. Cara merawat burung jalak hongkong untuk pemulaEmpat cara bedakan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?