Penampilan bunga kecubung yang mirip terompet menjadikan banyak orang tertarik untuk memetiknya. Namun dibalik kecantikannya itu, kecubung tak hanya dianggap bermanfaat saja, tapi juga memiliki efek samping yang bisa sangat membahayakan. Di kalangan lovebird mania pun pernah viral mengenai penggunaan tanaman ini yang konon bisa menjadikan burung makin gacor. Benarkah begitu? Simak manfaat dan efek samping kecubung pada lovebird berikut ini.

Kecubung (Datura metel L) banyak disalahgunakan untuk relaksasi maupun penghilang kesadaran . Tanaman ini memang memiliki kandungan metil kristalin yang mampu memberikan efek relaksasi pada otot-otot lurik. Karena dampak yang ditimbulkannya itu, masyarakat Amerika dan Eropa memberi julukan bunga kecubung sebagai devil trumpet atau terompet setan.

Meski berkonotasi negatif, namun penggunana kecubung masih banyak dilakukan untuk tujuan pengobatan. Di Tionghoa misalnya, tanaman ini kerap dimanfaatkan sebagai obat pilet/flu. Sedangkan di India, biji kecubung yang sudah dihaluskan dan dicampur lemak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada kaum pria. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman kecubung juga kadang digunakan untuk meredakan asma dan sakit gigi.

BACA JUGA  tips mengatasi burung yang mabung tidak tuntas

Beberapa waktu lalu, di kalangan lovebird mania pun pernah viral sebuah informasi terkait penggunaan bunga kecubung ini. Dikatakan bahwa, bunga kecubung yang telah diolah sedemikian rupa bisa menjadikan penampilan lovebird makin konslet dan fighter.

Dalam beberapa penelitian yang pernah dilakukan para ahli, kecubung diketahui mengandung senyawa kimia alkaloid yang terdiri dari atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Selain itu, kecubung juga mengandung hiosin, lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam bunga kecubung tentu akan bisa sangat bermanfaat jika diolah dengan pengetahuan yang baik, tapi bisa juga sangat membahayakan ketika disalahgunakan. Adapun efek samping yang kemungkinan timbul ketika lovebird terus mengkonsumsi bunga kecubung adalah:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Burung menjadi hyper aktif / tidak mau diam sehingga cepat lemas.
  • Burung rentan over birahi, sehingga memicu cabut bulu dan gesek tangkringan.
  • Burung akan alami mabung lebih cepat.
  • Macet bunyi maupun suara serak.
  • Memicu efek ketagihan.
  • Memicu kematian mendadak.

Untuk mencegah masalah yang mungkin muncul setelah lovebird mengkonsumsi racikan bunga kecubung, maka ada baiknya Anda berfikir dua kali sebelum menggunakannya.

BACA JUGA  Tips perawatan murai batu juara agar tetap aktif dan gacor

Ada cara lain yang lebih aman untuk meningkatkan performa lovebird di lapangan, salah satunya adalah memberikan suplemen yang tepat. Sup Plus Bird adalah suplemen yang juga berfungsi sebagai pakan tambahan yang kaya nutrisi dan manfaatnya.

Selain aman diberikan pada burung peliharaan, Sup Plus Bird tidak menimbulkan efek samping maupun ketagihan jika burung rutin mengkonsumsinya. Manfaat Sup Plus Bird yang sudah terbukti adalah:

  • Mendongkrak stamina dan daya tahan burung lovebird.
  • Menjadikan suara lovebird makin kencang.
  • Memaksimalkan durasi ngekek lovebird.
  • Menjadikan lovebird makin aktif.
  • Mengatasi lovebird macet bunyi.
  • Meningkatkan metabolisme.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pemberian suplemen Sup Plus Bird sebaiknya disertai pula dengan pemberian pakan Milet Level 1 (untuk settingan RENDAH), atau Milet Level 2 (untuk settingan TINGGI).

Sup Plus Bird, Milet Level 1 dan Milet Level 2 bisa didapatkan melalui lapak Universitas Burung di Tokopedia, Bukalapak, maupun di Shopee. Untuk pemesanan, bisa juga melalui kontak Whatsapp di nomor: 087738873034

Semoga bermanfaat

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here