murai batu telat panas saat lomba

Cara mengatasi murai batu telat panas saat lomba

Sesuai karakter alaminya, murai batu adalah burung bertipe fighter. Ketika ada burung sejenis yang masuk wilayah teritorialnya, maka murai batu jantan akan langsung menyerang sambil berkicau dengan lantang untuk mengintimidasi pesaingnya. Hal yang sama bisa ditemukan pada burung yang sedang dilombakan. Tapi tak jarang, beberapa murai batu justru cenderung telat panas setelah bertemu lawan mainnya di arena lomba.

Sering terjadi di awal-awal lomba, beberapa murai batu hanya terlihat diam saja tak bereaksi hingga beberapa menit pertandingan berjalan. Bahkan ketika lawan tandingnya mulai berkicau dengan penuh gaya, burung tersebut hanya menjadi pendengar saja. Setelah ditunggu lama, barulah murai batu tersebut mulai berkicau dengan menunjukkan sifat tarungnya.

Kondisi seperti ini sangat lazim ditemukan di arena-arena lomba, kicaumania menyebutnya sebagai “telat panas”. Jika murai batu sering mengalami masalah terlambat panas ini, maka beberapa solusi berikut ini bisa segera diterapkan untuk mendongkrak penampilannya di lapangan.

Mengatasi murai batu yang telat panas saat lomba

  1. Tingkatkan pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF) terutama jangkrik dan ulat hongkong. Hal ini terutama untuk mendongkrak birahinya.
  2. Selama beberapa hari sebelum dilombakan, murai batu dijauhkan dari keberadaan burung murai batu lainnya. Sangkarnya pun harus dikondisikan full kerodong.

Jika telat panas tersebut disebabkan oleh faktor kelelahan maupun kurang stamina, maka pemberian suplemen mulvitamin tambahan sangat dianjurkan untuk meningkatkan staminanya.

Salah satu suplemen multivitamin yang sangat cocok diberikan pada burung murai batu yang telat panas adalah Sup Plus Bird. Suplemen ini diracik secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang kaya manfaat.

Sebagai pakan tambahan yang kaya nutrisi, Sup Plus Bird juga sangat bermanfaat untuk:

  • Mendongkrak mental dan stamina burung lomba,
    Menjadikan burung makin gacor,
  • Meningkatkan daya tempur,
  • Memaksimalkan suara kicauan sehingga mampu bersuara lantang,
  • Meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari.

Sup Plus Bird kini bisa didapatkan dengan mudah melalui Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan via 📞 WA di nomor: 087738873034

Demikian tips mengatasi murai batu yang telat panas saat lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Masalah utama pada burung kacer

Kacer adalah burung yang paling banyak di pelihara oleh penggemar burung kicauan yang ada diseluruh indonesia selain keberadaannya yang mudah didapatkan juga harganya yang cenderung masih murah, jadi mungkin itulah sebabnya semua permasalahan mengenai burung ini masih selalu menarik perhatian penggemar burung kicauan khususnya di indonesia. Permasalahan Utama Kacer Masalah utama yang kerap terjadi pada […]
Read more

Pengkolonian Pleci kunci utama pleci lebih rajin berbunyi

Memelihara burung pleci agar lebih cepat pada kondisi rajin bunyi dengan suara yang kencang, maka kita perlu memperhatikan apa keinginan burung tersebut. Dalam hal ini. pleci adalah burung koloni, jadi salah satu kunci utama dalam perawatan pleci adalah mengkolonikan mereka. Bisa dengan cara memelihara lebih dari tiga ekor secara bersamaan atau bisa juga dengan sering […]
Read more

Perawatan tepat agar blackthroat rajin bunyi

Blackthroat termasuk burung favorit kicaumania Indonesia yang memiliki suara kicauan ngeroll. Namun untuk mendapatkan burung yang aktif dan rajin berbunyi tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Nah seperti apa perawatan tepat yang bisa membuat blackthroat rajin berbunyi ini, mari kita simak berikut ini.    Jika kita memiliki burung blackthroat di rumah, maka pastikan kita telah memiliki […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by