murai batu telat panas saat lomba

Cara mengatasi murai batu telat panas saat lomba

Sesuai karakter alaminya, murai batu adalah burung bertipe fighter. Ketika ada burung sejenis yang masuk wilayah teritorialnya, maka murai batu jantan akan langsung menyerang sambil berkicau dengan lantang untuk mengintimidasi pesaingnya. Hal yang sama bisa ditemukan pada burung yang sedang dilombakan. Tapi tak jarang, beberapa murai batu justru cenderung telat panas setelah bertemu lawan mainnya di arena lomba.

Sering terjadi di awal-awal lomba, beberapa murai batu hanya terlihat diam saja tak bereaksi hingga beberapa menit pertandingan berjalan. Bahkan ketika lawan tandingnya mulai berkicau dengan penuh gaya, burung tersebut hanya menjadi pendengar saja. Setelah ditunggu lama, barulah murai batu tersebut mulai berkicau dengan menunjukkan sifat tarungnya.

Kondisi seperti ini sangat lazim ditemukan di arena-arena lomba, kicaumania menyebutnya sebagai “telat panas”. Jika murai batu sering mengalami masalah terlambat panas ini, maka beberapa solusi berikut ini bisa segera diterapkan untuk mendongkrak penampilannya di lapangan.

Baca:   Tips rawatan murai batu bakalan agar sehat dan rajin bunyi

Mengatasi murai batu yang telat panas saat lomba

  1. Tingkatkan pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF) terutama jangkrik dan ulat hongkong. Hal ini terutama untuk mendongkrak birahinya.
  2. Selama beberapa hari sebelum dilombakan, murai batu dijauhkan dari keberadaan burung murai batu lainnya. Sangkarnya pun harus dikondisikan full kerodong.

Jika telat panas tersebut disebabkan oleh faktor kelelahan maupun kurang stamina, maka pemberian suplemen mulvitamin tambahan sangat dianjurkan untuk meningkatkan staminanya.

Salah satu suplemen multivitamin yang sangat cocok diberikan pada burung murai batu yang telat panas adalah Sup Plus Bird. Suplemen ini diracik secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang kaya manfaat.

Sebagai pakan tambahan yang kaya nutrisi, Sup Plus Bird juga sangat bermanfaat untuk:

  • Mendongkrak mental dan stamina burung lomba,
    Menjadikan burung makin gacor,
  • Meningkatkan daya tempur,
  • Memaksimalkan suara kicauan sehingga mampu bersuara lantang,
  • Meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari.
Baca:   Tips memilih burung anis kembang

Sup Plus Bird kini bisa didapatkan dengan mudah melalui Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan via 📞 WA di nomor: 087738873034

Demikian tips mengatasi murai batu yang telat panas saat lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Settingan ngunci lovebird paud untulan

Settingan lovebird jantan agar stabil di lapangan

68 / 100 settingan lovebird jantan agar stabil – Ada anggapan di kalangan lovebird mania bahwa burung jantan sulit diajak bertempur di lapangan, apalagi jika lawan tandingnya kebanyakan adalah lovebird betina. Kalau digantang pun, burung jantan akan menunjukkan perilaku gelisah, memuteri jeruji hingga naik turun tenggeran. Untuk mengatasinya, simak settingannya berikut ini. Settingan lovebird paruh […]
Read more
lovebird nyilet

Penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurus

Bobot ideal lovebird adalah sekitar 45 s/d 55 gram. Jika berat tubuhnya kurang dari kisaran angka tersebut maka burung akan dianggap kurus. Dalam banyak kasus, lovebird yang kurus akan cenderung memiliki tulang dada yang tampak menonjol dan sering disebut sebagai “nyilet”. Simak penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurus berikut ini.  Cara memandikan lovebird […]
Read more
setting lovebird betina ngunci konslet koloni

Settingan lovebird betina sistem koloni agar stabil

Settingan untuk lovebird bisa dilakukan dengan berbagai cara yang dianggap tepat. Bagi banyak lovebird mania, settingan untuk burung betina yang sudah ngunci agar stabil adalah dengan menerapkan sistem koloni. Nah, berikut adalah cara setting lovebird betina  sistem koloni agar stabil. Mengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelurCara setting lovebird betina untuk lombaTips jebol birahi lovebird jantan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?