murai batu telat panas saat lomba

Cara mengatasi murai batu telat panas saat lomba

Sesuai karakter alaminya, murai batu adalah burung bertipe fighter. Ketika ada burung sejenis yang masuk wilayah teritorialnya, maka murai batu jantan akan langsung menyerang sambil berkicau dengan lantang untuk mengintimidasi pesaingnya. Hal yang sama bisa ditemukan pada burung yang sedang dilombakan. Tapi tak jarang, beberapa murai batu justru cenderung telat panas setelah bertemu lawan mainnya di arena lomba.

Sering terjadi di awal-awal lomba, beberapa murai batu hanya terlihat diam saja tak bereaksi hingga beberapa menit pertandingan berjalan. Bahkan ketika lawan tandingnya mulai berkicau dengan penuh gaya, burung tersebut hanya menjadi pendengar saja. Setelah ditunggu lama, barulah murai batu tersebut mulai berkicau dengan menunjukkan sifat tarungnya.

Kondisi seperti ini sangat lazim ditemukan di arena-arena lomba, kicaumania menyebutnya sebagai “telat panas”. Jika murai batu sering mengalami masalah terlambat panas ini, maka beberapa solusi berikut ini bisa segera diterapkan untuk mendongkrak penampilannya di lapangan.

Baca:   Tips mengatasi murai batu yang susah mabung

Mengatasi murai batu yang telat panas saat lomba

  1. Tingkatkan pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF) terutama jangkrik dan ulat hongkong. Hal ini terutama untuk mendongkrak birahinya.
  2. Selama beberapa hari sebelum dilombakan, murai batu dijauhkan dari keberadaan burung murai batu lainnya. Sangkarnya pun harus dikondisikan full kerodong.

Jika telat panas tersebut disebabkan oleh faktor kelelahan maupun kurang stamina, maka pemberian suplemen mulvitamin tambahan sangat dianjurkan untuk meningkatkan staminanya.

Salah satu suplemen multivitamin yang sangat cocok diberikan pada burung murai batu yang telat panas adalah Sup Plus Bird. Suplemen ini diracik secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang kaya manfaat.

Sebagai pakan tambahan yang kaya nutrisi, Sup Plus Bird juga sangat bermanfaat untuk:

  • Mendongkrak mental dan stamina burung lomba,
    Menjadikan burung makin gacor,
  • Meningkatkan daya tempur,
  • Memaksimalkan suara kicauan sehingga mampu bersuara lantang,
  • Meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari.
Baca:   Tips merawat murai batu paud yang drop mental

Sup Plus Bird kini bisa didapatkan dengan mudah melalui Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, atau bisa juga dipesan via 📞 WA di nomor: 087738873034

Demikian tips mengatasi murai batu yang telat panas saat lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lovebird ngekek panjang

Tips lovebird kuat main beberapa kelas lomba

Semakin bertambahnya jumlah kelas lovebird dalam satu even lomba, membuat banyak lovebird mania merasa tertantang untuk bisa mengikuti semua kelas tersebut. Tapi apakah burung rawatannya sanggup bermain full di semua kelas lomba? Simak tipsnya berikut ini. More from my siteLovebird macet bunyi karena stres? Ini solusinyaTips memaksimalkan penampilan lovebird di lapanganTips menyiapkan indukan ternak lovebird […]
Read more

Settingan lovebird jantan bahan single fighter

Lovebird jantan biasanya akan mendapatkan perawatan dengan sistem untulan untuk menjadikannya cepatk konslet. Tapi karena ada kebijakan dari pihak EO di berbagai daerah mengenai penilaian lovebird konslet, maka banyak penggemarnya yang mulai beralih menggunakan settingan single fighter. Sebelum memulai tahapan settingan single fighter untuk lovebird bahan, pastikan burung yang Anda rawat itu sudah berjenis kelamin […]
Read more

Tips menjinakan burung kacer

  Banyak di antara para kicau mania merasa kesulitan mencari cara untuk menjinakkan kacer, entah itu kacer poci maupun kacer hitam. Apa sebab? Kacer-kacer tersebut biasanya Muda Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat sasaran, burung tersebut bukanya makin jinak malah makin giras. Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam masalah ini. Setiap orang biasanya memiliki […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?