menstabilkan birahi kenari lomba

Tips Settingan kenari untuk lomba

Kenari yang mampu tampil maksimal ketika dilombakan, tentu akan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Untuk mendapatkan kenari dengan gaya dan penampilan tersebut, maka perawatan dan setelan yang tepat harus diterapkan. Berikut tips settingan kenari untuk lomba. 

Sebelum melombakan burung kenari kesayangan, maka langkah pertama yang harus diperhatikan adalah melakukan perawatan yang tepat untuk menstabilkan birahinya. Perawatan yang istimewa tersebut dikenal sebagai settingan atau setelan harian.

Selain melatih fisik dan mentalnya, settingan yang tepat dapat membantu menstabilkan birahi burung sehingga akan tampil lebih maksimal pada waktu dilombakan.

Settingan untuk lomba umumnya mulai dilakukan sejak 5-6 hari sebelum hari H. Berikut tips mencari settingan kenari untuk lomba agar bisa tampil maksimal:

  • Lima – enam hari sebelum dilombakan (H-6), burung kenari tersebut mulai dipisahkan dari keberadaan burung sejenis. Penyendirian ini bertujuan agar kondisi birahinya tetap stabil.
  • Selama dirawat sendirian itu, burung rutin dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot sampai basah.
  • Selesai dimandikan, kenari diangin-anginkan sebentar lalu dijemur di bawah sinar matahari pagi selama 2 jam.
  • Empat hari sebelum lomba (H-4), kenari diberikan pakan biji-bijian yang berkualitas, disertai dengan pakan tambahan berupa potongan buah apel dan telur puyuh rebus.
  • Tiga – dua hari sebelum lomba (H-3), penjemuran mulai dikurangi dan pada saat ini, kenari tersebut harus mendapatkan asupan suplemen tambahan seperti Sup Plus Bird untuk menjaga kondisi fisik, stamina, kesehatan, dan birahinya.
  • Pagi hari sebelum dilombakan, pemberian dedaunan hijau mulai diterapkan, misalnya burung diberikan daun mengkudu muda atau bisa juga jenis dedaunan lain yang bermanfaat.
  • Satu jam sebelum burung digantang, berikan potongan telur puyuh rebus untuk meningkatkan birahinya.
  • Menjelang kenari dilombakan, bersihkan dahulu sangkar dari kotoran dan sisa-sisa pakan yang berceceran.
  • Sebelum digantang, semprotkan sedikit air pada tubuh dan kaki kenari tersebut. Penyemprotan bisa juga dilakukan pada tenggeran yang digunakannya.
Baca:   Tips ampuh menjadikan kenari cepat gacor dan bersuara lantang

Pemberian suplemen yang tepat sebelum burung dilombakan menjadi salah satu bentuk cara kicaumana menjaga kondisi burung peliharaan. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatannya, suplemen yang baik akan menjadikan burung lebih rajin berkicau dengan durasi yang panjang.

Suplemen yang terkenal dengan beragam manfaat adalah Sup Plus Bird yang mengandung multivitamin dan multimineral yang dibutuhkan burung. Selain itu, Sup Plus Bird juga memilik kandungan protein dan asam amino yang sangat baik untuk menjadikan burung tambah rajin berbunyi

Untuk informasi cara mendapatkan suplemen Sup Plus Bird, silakan kirim permintaan Anda melalui Whatsapp di nomor:  087738873034.

Sup Plus Bird bisa juga didapatkan melalui toko jual beli onine seperti di Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee.

Baca:   Tips rawatan lovebird di musim kemarau

Semoga bermanfaat

Related Articles

pleci bakalan siap lomba

Cara merawat pleci bakalan agar jadi burung lomba

Read more
merawat kenari anakan

Cara efektif memaster anak kenari

Pemasteran bisa dilakukan sejak burung yang akan dilatih berumur masih sangat muda atau anakan. Tapi untuk mendapatkan hasil masteran yang lebih baik, maka proses pemasterannya harus dilakukan dengan tata cara yang tepat. Berikut beberapa cara efektif memaster anak kenari. Hal-hal yang harus dihindari saat memelihara kenariTips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lombaCara agar kenari bersuara […]
Read more

Merawat burung yang kegemukan

Burung yang mengalami kegemukan tampak tubuhnya bulat membesar, kurang rajin berkicau, tidak birahi dan jika dipegang tubuhnya terasa berat dan pada kulit di bagian perut dan leher tampak kumpulan lemak yang berwarna kekuningan. Problem ini dapat diatasi dengan cara melakukan diet/pengaturan menu makanan setiap hari.  Diet pada kenari dilakukan dengan cara menghentikan pemberian pakan biji-bijian […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?