merawat kenari anakan

Tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyi

Merawat kenari yang masih anakan tentu membutuhkan kesabaran tersendiri, apalagi sebagian besar burung kenari baru akan berbunyi nyaring setelah berumur dewasa. Walaupun begitu, banyak kicaumania yang tertarik memelihara kenari anakan karena harga yang jauh lebih murah, dan juga karena lebih gampang dilatih. Sebagai panduan, berikut tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyi.

Di pasar dan kios burung peliharaan, kenari anakan atau yang masih berumur di bawah lima bulan banyak ditawarkan dalam kandang ombyokan dengan harga yang lebih terjangkau. Kenari tersebut umumnya berasal dari para peternak yang berhasil mengembangbiakkan dan memasarkan hasil ternakya ke pasaran.

Burung yang masih berumur anakan dan muda diketahui lebih mudah dilatih, baik untuk dibuat jinak maupun dilatih dengan berbagai macam suara masteran. Jika dirawat dengan penuh kesungguhan, setelah dewasa kenari tersebut akan menjadi burung yang rajin bunyi dan mempunyai mental yang sangat baik.

Berikut beberapa tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyi:

Dalam perawatannya, kenari anakan akan lebih membutuhkan asupan pakan yang tinggi kandungan proteinnya. Hal ini khususnya untuk memacu pertumbuh-kembangan dan fungsi organ-organ tubuhnya yang belum sempurna.

Kebutuhan protein tersebut bisa didapatkan dari pakan yang dikonsumsinya, terutama canary seed maupun pakan biji-bijian yang berkualitas. Selain itu, pemberian telur rebus juga dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi burung.

Kenari anakan juga sangat membutuhkan vitamin dan mineral yang terdapat dalam pakan tambahannya, terutama dari jenis buah dan sayuran. Beberapa jenis sayuran yang berwarna hijau sangat dianjurkan karena kaya akan vitamin A dan C, serta memiliki kandungan mineral yang dibutuhkannya.

Baca:   Tips dan perawatan lovebird untuk pekerja yang sibuk

Mineral penting seperti kalsium (Ca) dan fosfor (P) dibutuhkan burug untuk pertumbuhan dan penguatan tulang, paruh, kuku, dan bulu-bulunya. Sumber mineral bisa berasal dari tulang sotong yang diletakkan di dalam sangkar hariannya.

Untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral burung, bisa ditambahkan dengan suplemen yang memiliki kandungan multivitamin dan multimineral yang diberikan dengan cara dicampur ke dalam air minumnya.

Suplemen khusus burung seperti Sup Plus Bird dapat membantu perkembangan kenari anakan hingga menjadi burung dewasa, serta sangat baik untuk menjaga kondisi dan kesehatannya setiap hari.

Suplemen ini pun memiliki manfaat yang lebih dari sekedar menjaga kondisinya, karena Sup Plus Bird memiliki kandungan zat aktif yang mampu meningkatkan stamina dengan cepat, serta menjadikan burung tambah rajin berbunyi.

Selain perawatan dari segi pemberian pakan dan suplemen, kenari yang masih anakan juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk menguatkan tulang dan bulu-bulunya. Penjemuran yang dilakukan setiap pagi sangat baik karena pada saat itu sinar matahari mengandung banyak provitamin D yang dibutuhkannya.

Hal penting lain yang harus dilakukan dalam perawatan kenari anakan adalah memberikan pemasteran. Pemasteran untuk kenari anakan bisa dilakukan dengan menggantungkan burung masteran di dekat sangkarnya atau bisa juga dengan cara disetelkan suara kicauan dari perangkat mp3 player.

Baca:   Ragam settingan ciblek ngebren ngunci

Pemasteran untuk kenari anakan sebaiknya dipilih suara yang sesuai dengan karakter vokal dari burung tersebut. Jika Anda ingin kenari tersebut setelah dewasa mempunyai suara kicauan yang ngerol, maka pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan suara yang berkarakter ngerol, misalnya suara blakcthroat, mozambik, dsb.

Begitu pun jika Anda ingin kenari mempunyai suara-suara yang penuh tembakan lantang, maka pemasterannya bisa dilakukan dengan memanfaatkan suara yang berkarakter tembakan seperti suara ciblek, cucak jenggot, cililin, dsb.

Demikian beberapa tips bagaimana merawat kenari anakan agar kelak rajin bunyi dan siap untuk dilombakan. Untuk mendapatkan informasi mengenai suplemen Sup Plus Bird, silakan simak dalam artikel khusus berikut ini:

Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan 

Suplemen Sup Plus Bird bisa Anda dapatkan melalui toko jual-beli Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee, atau bisa juga dipesan dengan cara mengirim permintaan melalui kontak whatsapp di nomor:  087738873034. 

Semoga manfaat

 

Related Articles

Tips jika kenari bertelur di cepuk pakan

9 / 100 Walaupun terlihat mudah, tapi ternak kenari bisa saja membingungkan orang yang menernaknya. Bayangkan saja, bagaimana kagetnya peternak begit mendapati kenari betina bertelur di dalam cepuk pakan, bukan di tempat sarang yang sudah disediakan. Mengapa begitu? Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. Tips dan cara merawat indukan kenari yang mengerami […]
Read more

Mengatasi jalak suren jinak yang berubah jadi liar

Sering terjadi burung jalak suren yang sudah jinak mendadak berubah perilaku menjadi liar dan sangat ketakutan saat didekati pemiliknya. Apa yang menyebabkan hal ini, mengapa burung bisa mudah berubah perilakunya? Yuk simak ulasannya berikut ini. Mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasiCara mengatasi jalak suren yang macet bunyiCara memilih jalak suren di kandang ombyokanCara merawat […]
Read more
Lovebird gesek pangkringan

Empat cara cegah lovebird gesek tangkringan

Gesek tangkringan atau gestang adalah perilaku lovebird yang diluar kebiasaan burung pada umumnya. Kondisi ini biasanya dipicu oleh birahi yang sedang memuncak, sehingga gesek tangkringan menjadi cara mereka untuk melampiaskannya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut empat cara mencegah lovebird gesek tangkringan. Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunSettingan lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?