menstabilkan birahi kenari lomba

Tips menstabilkan birahi kenari lomba

Hal terpenting yang harus diperhatikan agar kenari bisa tampil maksmal di lapangan adalah mengontrol birahinya. Jika birahi tidak stabil, maka burung akan cenderung banyak tingkah, mulai dari ngeruji hingga sering naik-turun tangkringannya. Sebagai panduan, simak tips menstabilkan birahi kenari lomba berikut ini.

Mengontrol birahi burung kenari sebelum lomba menjadi salah satu bentuk perawatan yang harus menjadi perhatian bersama. Dengan terjaga kestabilan birahinya, maka kenari akan mampu bermain dengan sangat maksimal.

Ketika birahi burung tidak terkontrol saat akan dilombakan, yang muncul adalah perubahan perilaku. Kenari yang tadinya rajin bunyi akan berubah jadi sering berulah, seperti ngeruji ngejar-ngejar lawan mainnya, tak mau bunyi hingga burung yang tak mau diam di tangkringannya.

Untuk memaksimalkan penampilannya di lapangan, berikut beberapa tips menstabilkan birahi kenari sebelum dilombakan;

Beberapa hari sebelum kenari akan dibawa ke arena lomba, hal yang harus dilakukan kicaumania adalah mengontrol birahi dengan menjaga asupan pakan. Pengaturan pakan tersebut dibutuhkan agar burung tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang bisa menaikkan birahinya dengan cepat.

Pengaturan pakan yang dilakukan bisa mengikuti karakter dari burung kenari tersebut. Jika kenari memiliki sifat mudah naik birahi, maka pemberian pakan bijiannya bisa dilakukan dengan mencampurkan canary seed, biji jewawut, dan milet putih.

Sedangkan untuk kenari yang telat / rendah birahinya bisa diberikan pakan bijian yang lengkap disertai dengan pemberian pakan tambahan yang high protein seperti telur puyuh rebus atau eggfood. Adapun untuk pakan tambahan bisa diberikan buah dan sayuran yang bervariasi.

Selain pengaturan pakan, memelihara burung lebih dari satu ekor di rumah juga bisa membantu menstabilkan birahi burung kenari tersebut. Jika beberapa ekor burung kenari digantungkan dalam jarak yang saling berjauhan, maka mereka akan saling bersahut-sahutan dan hal ini juga bisa memaksimalkan volume suara kicauannya.

Ketika akan memandikan, biasakan untuk memandikan kenari secara bersama-sama misalnya dengan cara meletakkan masing-masing sangkarnya di lantai lalu burung dimandikan bersamaan dengan cara disemprot sprayer maupun memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya masing-masing. Hal ini bisa membantu menstabilkan birahi dan emosi dari kenari tersebut.

Bagian terpenting dalam perawatan kenari agar tidak gampang over birahi adalah memberikan suplemen tambahan yang sesuai dan tepat. Untuk menstabilkan birahi kenari lomba, Anda bisa menggunakan suplemen Sup Plus Bird yang mengandung vitamin, mineral, dan asam amino yang dibutuhkan burung untuk aktif sepanjang hari.

Baca:   Suplemen yang bagus untuk burung kicau

Selain untuk menstabilkan birahi kenari sebelum dilombakan, suplemen SUP PLUS BIRD juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk burung , di antaranya adalah:

  • Meningkatkan daya tahan dan stamina burung peliharaan.
  • Meningkatkan metabolisme.
  • Menjadikan burung lebih rajin bunyi / gacor.
  • Mendongkrak stamina dan mental burung lomba.
  • Menjadikan burung lebih sehat dan aktif.

Suplemen Sup Plus Bird diberikan dengan cara dicampur dengan air minumnya. Untuk pemesanan, silakan hubungi kontak whatsapp di nomor:  087738873034 , atau bisa juga dibeli melalui TOKOPEDIA, BUKALAPAK, dan SHOPEE.

Demikian tips dan cara menstabilkan birahi kenari lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi

Disebut jalak kerbau karena kebiasaannya hinggap di atas tubuh kerbau untuk mencari parasit yang menjadi makanannya. Spesies burung bernama latin Acridothere javanicus ini lebih dikenal sebagai hewan peliharaan karena gaya berkicaunya yang khas sambil mengangguk-anggukkan kepalanya. Nah, untuk panduan pemula simak tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi berikut ini.
Read more
lovebird tak mau bunyi di lapangan

Settingan lovebird yang tak mau bunyi saat dilombakan

Lovebird yang tidak mendapatkan perawatan dengan tepat, tidak akan bisa tampil maksimal saat dilombakan. Performanya akan cenderung menurun, dan burung pun lebih banyak bertingkah nakal mulai dari ngeruji, naik turun tangkringan, hingga tak mau bunyi sama sekali.
Read more
murai batu kurang ngotot saat lomba

Vitamin yang bagus untuk burung lomba

Burung yang biasa dilombakan akan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kualitas suara dan penampilannya di lapangan. Pemberian suplemen vitamin tambahan secara teratur dapat menjadikan burung selalu aktif, rajin bunyi dan memiliki mental yang baik sebelum maupun setelah dilombakan. Berikut tips memilih vitamin yang bagus untuk burung lomba.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by