Melombakan burung kenari di arena latberan atau kontes tentu membutuhkan perhitungan yang sangat cermat. Hal ini agar penampilan kenari bisa tampil maksimal sewaktu berlomba. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membawanya ke lapangan. Berikut tips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lomba

Mengenali ciri-ciri kenari yang sudah siap lomba diperlukan terutama agar kicaumania bisa membawa burung yang tepat untuk dilombakan. Hal ini sangat perlu, mengingat kesiapan fisik dan mental merupakan faktor utama yang bisa menentukan penampilannya ketika berlomba.

Beberapa ciri-ciri khusus berikut ini, bisa anda amati pada burung kenari yang sudah siap untuk dilombakan;

  • Burung dalam keadaan sehat, aktif dan tidak sedang dalam kondisi mabung atau turun bulu,
  • Memiliki penampilan dan bulu yang rapih, sehat, tidak rusak dan kusam,
  • Rajin bunyi dengan suara yang lantang, beberapa di antaranya memiliki suara kicauan yang ngerol atau tembakan variasi,
  • Mau membalas suara kicauan kenari lainnya,
  • Tidak ketakutan ketika didekatkan dengan kenari lain,
  • Memiliki sifat agresif saat sangkarnya didekatkan dengan  sangkar kenari lain, tapi bukan karena over birahi,
  • Burung yang mau bunyi tidak hannya di satu tempat saja.,
BACA JUGA  Cara memilih bahan kenari berkualitas lomba

Setelah mendapati ciri-ciri tersebut di atas, maka untuk mendukung penampilannya tampil maksimal saat dilombakan, Anda perlu melakukan perawatan lomba yang bisa dilakukan sejak lima – enam hari sebelum burung dibawa ke lapangan.

>> Baca lagi: Tips settingan kenari untuk lomba <<

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Adapun untuk menjaga kondisi fisik dan mentalnya sewaktu dilombakan, maka kenari yang akan dilombakan harus mendapatkan tambahan suplemen yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan asam amino (protein). Salah satu suplemen yang banyak digunakan para pemain burung lapangan adalah Sup Plus Bird.

Sup Plus Bird merupakan suplemen khusus burung kicauan yang memiliki kandungan lengkap multivitamin, multimineral, protein dan asam amino. Pemberian suplemen ini sebelum burung dilombakan akan membantu meningkatkan stamina, mental, dan daya tahannya, sehingga burung akan lebih rajin bunyi dengan suara yang lebih kencang dari biasanya.

BACA JUGA  Manfaat dan cara pemberian oyong agar kenari makin gacor

Suplemen Sup Plus Bird diberikan dengan cara dicampur dengan air minumnya sejak H-5 atau sebelum burung dibawa ke lapangan. Untuk pemesanan, silakan hubungi kontak whatsapp di nomor:  087738873034 , atau bisa juga dibeli melalui TOKOPEDIA, BUKALAPAK, dan SHOPEE.

Demikian tips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lomba.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here