Banyak hal bisa menjadi penyebab mengapa kenari bersuara serak. Selain karena faktor cuaca, perawatan yang kurang tepat pun bisa menjadi penyebab menurunnya kualitas suara kenari tersebut. Untuk mengatasinya, berikut penyebab dan cara mengatasi kenari bersuara serak.

Meskipun banyak hal bisa menjadi penyebab burung kenari bersuara serak atau parau, namun pada umumnya kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

Adanya gangguan pada saluran pernafasan

Penyebab gangguan pada saluran pernafasan kenari yang paling umum adalah infeksi tungau yang menyerang kantung udara. Infeksi ini disebabkan oleh air sac mites yaitu sejenis tungau yang bermukim dan berkembangbiak di dalam kantung udara burung.

Pada beberapa kasus, infeksi tungau kantung udara akan menyebabkan kenari kehilangan suara yang ditandai dengan burung yang terlihat sepert berkicau dengan paruh yang dibuka tutup namun tidak keluar suaranya.

Infeksi yang paling ringan antara lain menyebabkan kenari mempunyai suara yang mengecil, serak atau parau. Jika tidak segera ditangani dengan obat-obatan yang tepat, maka kemungkinan besar kenari tersebut akan kehilangan suaranya secara permanen.

Selain karena tungau, infeksi parasit yang menyerang saluran pernafasan burung bisa juga menyebabkan kenari bersuara serak sehingga tidak enak didengar.

Serak setelah menghirup zat beracun

Kenari merupakan salah satu jenis burug yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu, lingkungan dan juga polusi udara. Bahan-bahan kimia seperti obat nyamuk maupun minyak wangi/parfum jika terhirup oleh burung kenari bisa menyebabkan gangguan pernafasan penyebab suara serak.

Begitu pula ketika kenari terlalu sering terpapar asap pembakaran sampah, asap rokok, dan asap dari kendaraan bermotor. Sebagai bentuk pencegahan, jauhkan burung kenari dari sumber-sumber polusi tersebut, termasuk juga memberikan pengamanan dengan cara mengerodong sangkarnya.

Serak akibat infeksi jamur

Jamur aspergillosis bisa menyebabkan kenari alami beragam gangguan penyakit mulai dari masalah pernafasan, berkurangnya sistem kekebalan tubuh, hingga burung yang jadi rentan stres.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Jika ada burung yang mengalami infekis jamur tersebut, maka secepat mungkin dijauhkan dari keberadaan burung peliharaan lain / dikarantina. Hal ini untuk mencegah penularan yang mungkin bisa terjadi melalui kotoran dan udara.

Serak karena kondisi kenari yang kurus 

Suara serak juga bisa disebabkan oleh kondisi burung yang terlalu kurus. Kondisi yang demikian biasanya terjadi karena burung yang kekurangan nutrisi. Untuk itu, pemberian suplemen yang mengandung vitamin, mineral, dan asam amino sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisinya.

Salah satu jenis suplemen khusus burung yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut adalah Sup Plus Bird. Suplemen ini memiliki kandungan lengkap multivitamin, multimineral, protein dan asam amino yang dibutuhkan agar burung selalu sehat, aktif, dan rajin berbunyi.

BACA JUGA  Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Sup Plus Bird adalah suplemen yang aman dikonsumsi burung karena dibuat tanpa bahan-bahan berbahaya yang bisa menyebabkan ketergantungan maupun masalah kesehatan lainnya. 

Selain bisa membantu memulihkan kondisi burung yang bersuara serak dan bertubuh kurus, Sup Plus Bird juga memiliki kandungan aktif yang bermanfaat antara lain untuk meningkatkan stamina dan daya tahannya, menjadikan burung rajin bunyi/gacor, dan memaksimalkan volume suara kicauan jadi lebih lantang.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui toko jual beli online seperti di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, atau bisa juga dipesan langsung melalui whatsapp di no:  087738873034 .

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here