Kenari yang semula rajin bunyi/gacor kemudian berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya bisa disebabkan oleh burung yang kurang kondisi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beragam terapi untuk mendukung pemulihan kondisinya. Salah satu terapi perawatan yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun binahong. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Secara umum, ada beberapa penyebab mengapa kenari yang tadinya gacor kini cenderung bersuara ngeriwik saja, yaitu:

  • Kenari sedang memasuki masa mabung
  • Kenari yang kalah mental /ngedrop setelah diadukan dengan pejantan lain yang mapan
  • Trauma akibat sangkar terjatuh atau serangan binatang lain
  • Mengalami masalah pada organ tenggorokan atau pernafasannya.
  • Burung yang kurang fit karena kondisi cuaca yang terlalu dingin, misalnya di musim hujan.

Mengatasi kenari yang cenderung ngeriwik saja setiap hari padahal burung ini dikenal sudah gacor tentu harus disesuaikan dengan apa yang menjadi penyebab utamanya. Jika hal ini disebabkan oleh adanya infeksi tungau pada saluran pernafasannya, maka pengobatannya harus dilakukan dengan obat-obatan yang tepat.

Adapun cara alternatif untuk memulihkan kondisi kenari yang cenderung ngeriwik saja adalah memanfaatkan daun binahong sebagai pakan tambahannya sehari-hari. Daun binahong adalah sejenis tanaman obat yang umum dijumpai mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Daun binahong memiiliki nama lain Bassela rubra, dan diketahui sangat bermanfaat untuk penyembuhan berbagai penyakit dari yang ringan sampai berat.

Cara memberikan daun binahong untuk memulihkan kondisi kenari adalah:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Daun binahong dicuci hingga bersih, lalu bagian daunnya digantungkan di dalam sangkar kenari.
  • Beberapa lembar daun binahong ditumbuk lalu hasil tumbukannya diperas sampai mengeluarkan air. Air perasan daun binahong itulah yang kemudian diberikan pada burung kenari.
  • Beberapa lembar daun binahong dicuri sampai bersih, lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Daun yang sudah kering kemudian dihancurkan agar menjadi serbuk, setelah itu diberikan pada burung kenari.

Agar hasil perawatannya bisa lebih efektif, pemberian daun binahon bisa dikombinasikan dengan menambahkan biji kuaci yang telah dikupas ke dalam pakan biji-bijiannya. Selain itu, tambahkan juga suplemen Sup Plus Bird ke dalam air minum yang dikonsumsi burung kenari.

BACA JUGA  Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Suplemen Sup Plus Bird memiliki kandungan multivitamin, multimineral, protein dan asam amino yang dibutuhkan kenari agar selalu rajin berkicau dengan suara yang lantang. Cara pemberiannya bisa dilakukan dengan mencampurkan dua – tiga tetes Sup Plus Bird ke dalam air minumnya.

Selain bisa membantu mempercepat pemulihan kondisi kenari agar bisa kembali rajin berbunyi, Sup Plus Bird juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari. Suplemen ini pun mempunyai berbagai manfaat lain yang penting untuk burung, antara lain:

  • Menjaga kondisi dan kesehatan burung
  • Meningkatkan metabolisme
  • Menjadikan burung tambah gacor
  • Memaksimalkan volume suara burung

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui toko jual beli online seperti di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, atau bisa juga dipesan langsung melalui whatsapp di no:  087738873034 .

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here