Manfaat dan cara pemberian oyong agar kenari makin gacor

Oyong adalah salah satu jenis sayuran yang kerap disajikan sebagai pakan tambahan untuk burung kenari. Walaupun berkulit tebal dan keras, tapi bagian daging buahnya cukup lunak dan sangat disukai burung. Bukan itu saja, banyak kicaumania yang senang menggunakan oyong sebagai extra fooding karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan kondisi burung rawatannya. Berikut manfaat dan cara pemberian oyong agar kenari makin gacor. 

Oyong merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang buahnya banyak dikonsumsi sebagai salah satu bahan sayur-mayur untuk konsumsi. Sayuran yang dikenal juga dengan nama gambas ini mempunyai kulit luar yang keras, dan daging buah berwarna putih yang sangat lunak.

Bagi penggemar burung kenari, oyong adalah salah satu jenis pakan tambahan (extra fooding) yang dianggap sangat bermanfaat jika rutin dikonsumsi oleh burung piaraannya. Selain dapat mendongkrak stamina burung kenari, oyong juga memiliki beragam manfaat lainnya, yaitu:

  • Memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan kenari yang masih anakan / muda.
  • Kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari serangan penyakit akibat radikal bebas.
  • Ampuh mengatasi masalah pada tenggorokan burung, serta dapat membantu mengatasi gangguan pernafasan.
  • Memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.
  • Memiliki senyawa yang ampuh atasi infeksi parasit maupun cacing yang menyerang organ pencernaan burung.
  • Membantu mendongkrak stamina.
  • Membantu menyehatkan kulit dan bulu.
  • Menyehatkan organ pencernaan.
  • Menjadikan kenari lebih aktif dan rajin bunyi.

Pada umumnya, oyong diberikan dengan cara digantungkan di dalam sangkar hariannya. Adapun cara pemberian oyong yang tepat untuk burung kenari adalah sebagai berikut:

  1. Cuci bersih oyong sebelum diberikan pada burung.
  2. Oyong dipotong menjadi dua bagian, lalu ambil salah satunya untuk kemudian dipotong kembali menjadi dua bagian sampai kelihatan daging buahya yang berwarna putih.
  3. Letakkan atau gantung potongan oyong tersebut dengan posisi daging buah menghadap ke arah burung.
  4. Penempatan oyong bisa dilakukan dengan cara diselipkan di antara jeruji menggunakan bantuan lidi atau pengait.
  5. Cara lain adalah  daging buah oyong yang berwarna putih dipotong dalam ukuran kecil lalu disimpan dalam cepuk pakannya.

Untuk lebih memaksimalkan manfaat oyong untuk burung kenari, maka Anda bisa mengkombinasikannya dengan pemberian Sup Plus Bird, yaitu suplemen yang memiliki kandungan multivitamin, multimineral, protein dan asam amino yang dibutuhkan burung.  Suplemen ini diberikan dengan cara dicampurkan bersama dengan air minumnya.

[irp posts=”1550″ name=”Sup Plus Bird”]

Pemberian oyong yang disertai dengan pemberian suplemen Sup Plus Bird secara rutin dan teratur dapat menjadikan burung kenari semakin lebih aktif dan cepat gacor.

Suplemen Sup Plus Bird bisa dibeli di TokopediaShopee, dan Bukalapak. Selain itu, bisa juga dipesan melalui Whatsapp di no: 087738873034

Demikian ulasan mengenai manfaat dan cara pemberian oyong agar kenari makin gacor.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Kenari sakit pernafasan? Ini cara mengatasinya

Gangguan pernafasan adalah masalah paling umum yang menimpa burung kenari. Penyebabnya beragam mulai dari polusi udara, penyakit hingga infeksi tungau. Kenari yang alami sakit pernafasan tentu tidak akan bisa berkicau dengan baik, sehingga pengobatan dan perawatan yang tepat harus segera diterapkan. Untuk mengatasinya, simak beberapa tipsnya berikut ini.
Read more

Tips sukses ternak lovebird

Ternak lovebird yang dilakukan dengan penuh kesungguhan dapat memberi keuntungan bagi peternak yang mengelolanya. Selain untuk menambah koleksi burung piaraan, hasil ternakannya itu pun bisa dijual ke pasaran. Simak tips sukses ternak lovebird berikut ini.
Read more
lovebird ngekek

Penyebab lovebird jarang ngekek dan cara mengatasinya

Burung lovebird yang semula gacor lalu berubah jadi jarang ngekek, umumnya disebabkan oleh beberapa kondisi yang mempengaruhinya. Adapun penyebab yang paling sering ditemukan, adalah: 
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by