Kenari yang rajin berkicau dengan suara yang lantang tentu akan membuat pemiliknya sumringah. Selain bisa menghibur tuannya dengan lagu-lagu yang bervariasi, kenari yang demikian juga dianggap sudah memenuhi syarat untuk dilombakan.

Namun seperti juga jenis kicauan lainnya, kenari bisa mengalami kondisi macet bunyi. Kalau sudah demikian, penampilannya akan makin berkurang sehingga bsa membuat galau pemiliknya. Untuk menanganinya, simak beberapa solusi jitu atasi kenari yang macet bunyi berikut ini.

Ada beberapa penyebab kenari rentan berhenti berkicau atau macet bunyi. Sebagian besar, hal ini berkaitan erat dengan ketahanan fisik dan mentalnya. Berikut beberapa penyebab kenari macet bunyi yang perlu diketahui:

  • Kenari sedang kurang kondisi karena sedang / memasuki masa mabung
  • Burung yang mengalami infeksi pada saluran pernafasannya.
  • Kenari yang ngedrop karena kalah mental atau diganggu hewan predator
  • Burung stres karena mengalami kekurangan nutrisi

Sebagai solusi paling jitu untuk memulihkan kondisi kenari yang macet bunyi agar mau mengeluarkan suara kicauannya dengan lantang, berikut ini beberapa terapi perawatan yang bisa diterapkan:

Memisahkannya dari burung piaraan lain dan sejenis 

Untuk mempecepat pemulihan kondisinya, maka burung kenari yang sedang macet bunyi sebaiknya dijauhkan dari keberadaan burung peliharaan lain maupun sejenis yang bersuara keras.

Selama berada di tempat tenang tersebut, kenari sebaiknya menggunakan sangkar baru atau sangkar lama yang sudah dibersihkan dengan desinfektan. Hal ini untuk mencegah jika macet bunyi tersebut disebabkan oleh infeksi tungau atau parasit yang bersembunyi di dalam sangkar lamanya.

Memberikan asupan pakan yang lebih bergizi 

Selama terapi pemulihan, kenari diberikan pakan yang kaya nutrisi. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pakan bijian yang lebih lengkap, serta pemberian pakan tambahan berupa buah dan sayuran seperti apel merah, tomat, jagung muda, tauge atau biji berkecambah.

Selain itu, memberikan beberapa jenis dedaunan herbal sepert daun binahong, daun ginseng jawa, serta daun mengkudu muda. Pemberian beberapa jenis dedaunan dari tanaman yang biasa tumbuh liar itu bisa membantu pemulihan burung yang macet bunyi.

Adapun untuk melengkapi kebutuhan proteinnya, kenari yang macet bunyi tersebut harus pula diberikan pakan berupa telur puyuh rebus yang bisa diberikan dengan cara digantungkan di dalam sangkarnya atau diolah terlebih dulu menjadi pakan egg food.

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Mengatur ulang pola perawatan hariannya 

Perawatan harian yang teratur dapat menjadikan burung lebih terjaga kondisinya. Namun ketika burung alami macet bunyi, maka dibutuhkan pengaturan ulang terhadap pola rawatan hariannya tersebut.

Kenari yang jarang diembunkan misalnya, bisa diberikan terapi pengembunan. Begitu juga dengan pemberian mandi dan jemur yang bisa diatur sesuai kebutuhan, yang semuanya itu dilakukan untuk mencari setelan yang benar-benar tepat.

BACA JUGA  Lima cara melatih mental kenari untuk lomba

Selain itu, lakukan juga perawatan rutin lain seperti menjaga kebersihan sangkar, melatih burung dalam kandang umbaran, serta pemasteran untuk memancing agar burung mau kembali berkicau.

Memberikan suplemen yang tepat 

Pemberian suplemen yang tepat dapat membantu mempercepat pemulihan kenari yang macet bunyi. Suplemen yang tepat adalah yang memiliki kandungan multivitamin, multimineral, dan asam amino yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi dari kenari tersebut.

Salah satu suplemen yang layak dicoba adalah Sup Plus Bird. Suplemen ini diracik khusus untuk burung yang macet bunyi karena kekurangan hormon testosteron dan daya tarungnya. Suplemen Sup Plus Bird diberikan dengan cara dicampur pada air minumnya setiap hari.

Pemberian suplemen yang rutin, dapat menjadikan kenari bisa kembali rajin berkicau dengan suaranya yang lantang dan bervariasi.

Sup Plus Bird bisa diperoleh melalui toko jual-beli Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee, atau bisa juga dipesan dengan cara mengirim permintaan melalui kontak whatsapp di nomor:  087738873034.

Demikian solusi jitu atasi kenari yang macet bunyi.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here